ホーム Nasional Melalui Telepon, Suga & Biden Sepakati Penguatan Aliansi Jepang – AS

Melalui Telepon, Suga & Biden Sepakati Penguatan Aliansi Jepang – AS

258
0
image scure : google.com

NIINDO.COM – Perdana Menteri Yoshihide Suga pada Kamis (27/1) sepakat dengan Presiden Amerika Serikat (AS) yang baru Joe Biden, untuk memperkuat aliansi Jepang-AS dan bekerja sama untuk mewujudkan kawasan Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka,

Dikutip dari Kyodo News, dalam pembicaraan telepon pertama mereka sejak pemimpin Amerika itu dilantik pekan lalu, Biden juga menegaskan kembali komitmen Amerika Serikat untuk melindungi Kepulauan Senkaku, yang merupakan sekelompok pulau tak berpenghuni yang dikelola oleh Jepang tetapi diklaim oleh China, menurut Kementerian Luar Negeri Jepang dan Gedung Putih.

BACA JUGA : Jepang Apresiasi Pejabat AS Baru Dibawah Biden

Kepada Biden, Suga memastikan ingin membangun hubungan dekat
dengan Biden di tengah meningkatnya tantangan keamanan termasuk peningkatan militer China dan program pengembangan nuklir dan rudal Korea Utara.

“Saya ingin memperdalam hubungan pribadi saya dengan Presiden Biden dan bekerja untuk memperkuat aliansi Jepang-AS,” kata Suga kepada wartawan setelah percakapan telepon dengan Joe Biden sekitar 30 menit.

Suga berharap untuk mengunjungi Amerika Serikat sesegera mungkin, termasuk membicarakan tantangan mengatasi pandemi virus corona di kedua negara.

Kesepakatan Jepang dan AS, bahwa kepulauan Senkakus di Laut China Timur tercakup dalam Pasal 5 perjanjian keamanan Jepang-AS tahun 1960 muncul setelah kepala pertahanan dan menteri luar negeri kedua negara mengonfirmasi hal tersebut dalam pembicaraan telepon baru-baru ini.

China pada pekan lalu mengesahkan undang-undang yang mengizinkan kapal penjaga pantai, dikirim ke dekat Senkakus di Laut China Selatan yang disengketakan. China menggunakan kapal bersenjata lengkap untuk menghadapi kapal asing yang dianggap terlibat dalam kegiatan ilegal di wilayah itu.

Kepala Sekretaris Kabinet Jepang Katsunobu Kato kepadamedia menyambut baik dukungan Amerika Serikat kepada Jepang untuk melindungi kepulauan Senkakus.

BACA JUGA : PM Suga Berharap Adanya Penguatan Aliansi Jepang – AS

“Sangat berarti bahwa (Amerika Serikat) menegaskan kembali niat untuk lebih memperkuat aliansi Jepang-AS di bawah pemerintahan Biden.” ujar Katsunobu Kato.

Kementerian Luar Negeri Jepang mengatakan, Suga dan Biden juga sepakat untuk bekerja dengan Australia dan India, sesama anggota dari apa yang disebut Quad dari demokrasi regional, untuk meningkatkan kerja sama pertahanan di tengah kekhawatiran atas meningkatnya ketegasan China di seluruh kawasan Indo-Pasifik.

Kedua Pemimpin juga menegaskan kerja sama dalam menangani masalah global termasuk pandemi virus corona, yang telah menewaskan lebih dari 2 juta orang di seluruh dunia. Termasuk meningkatkan perekonomian kedua negara, serta perubahan iklim.

Suga dalam pembicaraan telepon dengan Biden juga menyambut baik keputusan Biden untuk kembali ke Perjanjian Paris 2015 tentang pembatasan emisi karbon dan tidak menarik diri dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Biden mengundang Suga untuk berpartisipasi dalam pertemuan puncak tentang perubahan iklim yang dijadwalkan pada 22 April mendatang.

Kedua negara memiliki tujuan yang sama untuk mencapai emisi nol bersih pada tahun 2050, dan pemerintah Jepang mengatakan mereka yakin KTT perubahan iklim di Amerika Serikat akan memfasilitasi upaya internasional untuk memerangi pemanasan global menjelang Konferensi Perubahan Iklim PBB yang diadakan pada bulan November di Inggris.

Mengenai Korea Utara, keduanya sepakat tentang perlunya denuklirisasi lengkap sesuai dengan resolusi Dewan Keamanan PBB. Suga juga memastikan dukungan Washington dalam menyelesaikan masalah penculikan warga Jepang oleh Korea Utara pada tahun 1970-an dan 1980-an.

BACA JUGA : Persiapan Vaksin Corona, Jepang Siapkan 20.000 Lemari Pembeku

Diskusi mereka juga mencakup Korea Selatan, yang telah berselisih dengan Jepang mengenai masalah-masalah termasuk buruh masa perang dan jugun ianfu yang dipaksa bekerja di rumah bordil militer Jepang. Namun demikian pejabat pemerintah tidak mengungkapkan rincian percakapan mereka tentang topik tersebut.

Kepala Sekretaris Kabinet Jepang Katsunobu Kato mengatakan, keduanya tidak membahas Olimpiade Tokyo dan Paralimpiade, yang semula dijadwalkan pada musim panas 2020 tetapi ditunda selama satu tahun karena wabah virus corona.

“Tentu kita membutuhkan kerja sama Amerika Serikat dan negara lain agar bisa sukses menyelenggarakan Olimpiade,” kata Katsunobu Kato.

Joe Biden dilantik pada 20 Januari setelah mengalahkan Donald Trump dalam pemilihan presiden November 2020.

返事を書く

あなたのコメントを入力してください。
ここにあなたの名前を入力してください