Beranda Uncategorized PM Suga Berharap Adanya Penguatan Aliansi Jepang – AS

PM Suga Berharap Adanya Penguatan Aliansi Jepang – AS

36
0

NIINDO.COM – Perdana Menteri Jepang Yoshihide Suga Kamis (21/1) mengucapkan selamat kepada Joe Biden atas pelantikannya sebagai Presiden Amerika Serikat (AS).

Seperti dikutip dari Kyodo News, Yoshihide Suga mengungkapkan harapan adanya penguatan aliansi Jepang-AS.

BACA JUGA : Darurat Corona, Gubernur Tokyo Berjuang Keras Membendung Aktifitas Orang Keluar Rumah

“Jepang dan Amerika Serikat adalah sekutu yang terikat kuat oleh obligasi dan nilai universal bersama. Saya berharap dapat bekerja dengan Anda dan tim Anda untuk memperkuat aliansi kita dan untuk mewujudkan Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka.” kata Suga dalam tweet berbahasa Inggris.

Dalam kesempatan itu, Suga juga mengucapkan selamat kepada Kamala Harris atas menjabat sebagai wakil presiden AS.

Berbicara kepada wartawan di kantornya, Suga mengatakan dia juga berharap dapat bekerja sama secara erat dengan Biden mengenai masalah global termasuk pandemi COVID-19 dan perubahan iklim.

Pemerintah Jepang menyambut baik pembalikan keputusan pendahulunya Donald Trump untuk menarik Amerika Serikat keluar dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan perjanjian iklim Paris yang menargetkan pengurangan emisi karbon. Menteri Lingkungan Jepang, Shinjiro Koizumi menyebut partisipasi AS terkait hal itu adalah sangat penting.

Suga mengatakan panggilan telepon dengan Biden sedang diatur untuk waktu yang tepat.

BACA JUGA : Jepang Desak Korsel Batalkan Putusan Ganti Rugi 12 Jugun Ianfu

PM Suga sebelumnya mengatakan, ia berharap untuk mengunjungi Amerika Serikat sesegera mungkin pada Februari mendatang untuk bertemu dengan Presiden AS yang baru.

Suga tampak bersemangat untuk membangun hubungan dekat dengan Biden karena kedua negara ingin menghidupkan kembali ekonomi mereka yang terkena dampak Virus Corona. Termasuk diantaranya menangani adanya peningkatan militer China dan menghadapi program pengembangan nuklir dan rudal Korea Utara.

Tak lama setelah mantan wakil presiden itu menang dalam pemilihan November, Suga dan Biden melalui pembicaraan telepon, bicarakan kerja sama menjaga perdamaian dan stabilitas di kawasan Indo-Pasifik.

Suga mengatakan setelah percakapan itu, Biden menjamin, bahwa Amerika Serikat berkomitmen untuk mempertahankan Kepulauan Senkaku, sekelompok pulau kecil Laut China Timur yang dikelola oleh Tokyo tetapi diklaim oleh China.

Komentar itu menuai kemarahan China yang kerap mengirimkan kapal penjaga pantai ke perairan sekitar Senkaku, yang dikenal sebagai Diaoyu di China.

Anggota parlemen oposisi di Jepang juga mengucapkan selamat kepada Biden. Yukio Edano, pemimpin Partai Demokratik Konstitusional Jepang, mengatakan hubungan multilayer Jepang-AS akan berkembang lebih lanjut di bawah presiden baru untuk membantu memulihkan komunitas internasional secara maksimal.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here