ホーム Budaya Makanan Jepang Yang Dapat Menghangatkan Saat Cuaca Dingin

Makanan Jepang Yang Dapat Menghangatkan Saat Cuaca Dingin

163
0
Makanan Jepang Yang Dapat Menghangatkan Saat Cuaca Dingin . sumber © pergikuliner.com

NIINDO.COM –  Makanan Jepang yang dapat menghangatkan saat cuaca dingin. Menjadi andalan saat cuaca dingin melanda. Mengonsumsinya dijamin bisa bikin tubuh tetap hangat saat berusaha menangkis udara dingin.

Jepang adalah salah satu negara yang mengalami 4 musim setiap tahunnya. Musim dingin di Jepang berlangsung dari Desember hingga Februari mendatang. Di saat-saat inilah, banyak turis justru berdat ke Jepang untuk menikmaanganti suasana berbeda.

Musim dingin di Jepang memiliki banyak pesona, apalagi ada tempat yang menawarkan pengalaman main ski. Selain itu, ketika musim dingin juga hadir makanan Jepang yang bisa menghangatkan tubuh. Berikut 5 makanan Jepang yang disajikan dengan kuah panas, mulai dari sup hingga mi!

Baca juga : Selamat Hari Ibu Setiap 22 Desember, Dan Berikut Sejarahnya

  1. Oden
cuaca-dingin-bisa-ditumpas-dengan-5-makanan-jepang-hangat-ini
Makanan Jepang Yang Dapat Menghangatkan Saat Cuaca Dingin . sumber ©gayahidup.dreamers.id

Mirip dengan Korea, Jepang juga punya oden. Berupa rebusan beragam bahan makanan yang disajikan dengan kuah atau biasa dikenal dengan dashi.

Beragam makanan yang biasanya terdapat pada oden diantaranya ada daikon (lobak), baso ikan, telur rebus, chikuwa, daging sapi, ikan, tahu goreng, cumi, gurita, sosis, kentang, dan masih banyak lainnya. Kaldu yang terdapat pada hidangan oden ini memiliki cita rasa gurih yang berasal dari paduan katsuoboshi, kombu, dan kecap asin.

Oden sebenarnya makanan sederhana namun bisa menghangatkan tubuh karena disajikan bersama kuah hangat. Selain disajikan bersama kuah oden juga disantap bersama mustard atau saus manis dari miso. Jika berada di Jepang saat musim dingin, Anda tak akan susah mencarinya karena banyak penjual oden di pinggir jalan.

.2. Ramen

cuaca-dingin-bisa-ditumpas-dengan-5-makanan-jepang-hangat-ini
Makanan Jepang Yang Dapat Menghangatkan Saat Cuaca Dingin . sumber ©cnnindonesia.com

Ramen merupakan salah satu makanan Jepang yang mendunia. Paduan mi dan kuah kaldu paling enak dinikmati selagi panas. Ramen juga disajikan bersama tamago, daging, sayuran, nori, dan bahan lainnya.

Ramen yang memiliki kuah gurih dan hangat ini juga menjadi salah satu makanan khas Jepang yang dapat dijadikan makanan untuk menghangatkan tubuh selama musim dingin. Namun tak hanya populer saat musim dingin, ramen juga bisa dinikmati kapanpun.

Mi yang disajikan pada ramen ini memiliki tekstur kenyal dan tidak terlalu tebal. Ramen memiliki beragam jenis yang berbeda, bergantung di setiap daerah dengan ciri khas masing-masing. Karena memiliki ragam yang berbeda, Anda bisa menjadikan ramen sebagai destinasi kuliner di berbagai daerah di Jepang.

.3.  Mizutaki

cuaca-dingin-bisa-ditumpas-dengan-5-makanan-jepang-hangat-ini
Makanan Jepang Yang Dapat Menghangatkan Saat Cuaca Dingin . sumber ©ohayojepang.kompas.com

Mizutaki merupakan makanan Jepang yang hampir mirip sup ayam di Indonesia. Dikatakan mirip karena makanan ini dimasak dengan bahan dasar ayam dan dilengkapi sejumlah sayuran seperti wortel dan jamur, lalu dimasak bersama kaldu.

Mizutaki juga jadi salah satu makanan Jepang yang dapat menghangatkan tubuh selama musim dingin. Tak kalah dengan kepopuleran ramen, mizutaki ini juga jadi hidangan yang banyak dicari saat musim dingin. Karena hidangan satu ini juga memiliki kuah yang hangat dan tentunya memiliki rasa yang lezat.

Mizutaki bisa Anda cicipi di beberapa restoran di Jepang. Walaupun terlihat sebagai hidangan yang sederhana, namun rasanya sangat lezat. Mizutaki juga bisa dipadukan dengan hati ayam, ampela ayam, kembang kol, dan kubis yang membuatnya makin bernutrisi.

  1. Tori Zosui
cuaca-dingin-bisa-ditumpas-dengan-5-makanan-jepang-hangat-ini
Makanan Jepang Yang Dapat Menghangatkan Saat Cuaca Dingin . sumber ©zonajepangkorea.blogspot.com

Tori Zosui masuk dalam daftar makanan khas musim dingin di Jepang. Tori zosui sebenarnya bubur yang dimasak dengan sejumlah bahan makanan lain seperti ayam, sayuran dan juga telur.

Makanan ini dibuat dengan cara merebus nasi bersama daging ayam, lalu dihidangkan selagi panas. Jika hidangan mizutaki mirip dengan sup ayam yang ada di Indoensia, haidangan tori zosui satu ini mirip dengan bubur ayam yang dinikmati banyak orang di Indonesia.

Selain menggunakan bahan dasar ayam, tori zosui juga enak dipadukan jamur, seafood, dan daging lainnya. Banyak orang Jepang juga mengandalkan tori zosui saat sedang tak enak badan. Membuatnya juga mudah karena cukup memanfaatkan kaldu dan bahan makanan lain yang tersisa.

  1. Yudofu
cuaca-dingin-bisa-ditumpas-dengan-5-makanan-jepang-hangat-ini
Makanan Jepang Yang Dapat Menghangatkan Saat Cuaca Dingin . sumber ©his-travel.co.id

Satu lagi makanan yang dapat menghangatkan tubuh saat musim dingin di Jepang, yudofu. Berupa sup bening dengan paduan tahu dan campuran sayuran di dalamnya. Walaupun sederhana, namun nyatanya makanan Jepang ini juga banyak dicari.

Yudofu yang berarti tofu hot pot ini memiliki kuah kaldu bening dan bahan dasar kaldunya ini memiliki bumbu yang berbeda tergantung pada daerah di Jepang. Tak ada salahnya jika Anda sedang kedinginan di Jepang dan ingin mencicipi makanan lain selain ramen dan oden yang sangat populer, yudofu ini bisa jadi pilihan yang tepat.

Yudofu yang merupakan hidangan hot pot ini dimasak di dalam panci kecil. Lalu disajikan selagi masih panas dan bisa dinikmati beberapa orang sekaligus. Yudofu disantap bersama saus ponzu yang terbuat dari jeruk atau pun bersama yuzu kosho yang terbuat dari bubuk cabai, kulit yuzu dan garam.

Baca juga :   Menjaga Persatuan dalam Keanekaragaman Budaya dan Bangsa Indonesia

Tonton juga :

返事を書く

あなたのコメントを入力してください。
ここにあなたの名前を入力してください