ホーム Budaya Menjaga Persatuan dalam Keanekaragaman Budaya dan Bangsa Indonesia

Menjaga Persatuan dalam Keanekaragaman Budaya dan Bangsa Indonesia

548
0
Menjaga Persatuan dalam Keanekaragaman Budaya dan Bangsa Indonesia. sumber © baliexpress.jawapos.com

NIINDO.COM – Menjaga persatuan dalam keanekaragaman budaya dan bangsa Indonesia. Selain memiliki wilayah yang luas, Indonesia juga kaya akan keragaman. Baik keragaman suku, ras, etnis, budaya, dan agama. Keragaman ini tersebar di seluruh wilayah Nusantara, mulai dari Sabang sampai Merauke.

Keragaman yang ada di Nusantara dapat menjadi kekuatan tersendiri untuk bangsa Indonesia. Kendati demikian, keanekaragaman tersebut juga bisa memicu permasalahan bila tidak ada persatuan dalam masyarakat.

Baca juga :  WNI di Jepang Bentuk Bisnis Baru Bersama, Berharap Lebih Produktif dan Hidup Mandiri

Oleh karena itu, masyarakat harus bersatu agar dapat hidup dengan damai dan tenteram. Selain itu, masyarakat juga harus menjaga keanekaragaman budaya agar kebudayaan di Indonesia tidak terkikis oleh perkembangan zaman.

Berikut cara menjaga persatuan dan keanekaragaman budaya dan bangsa.

Menerapkan Semboyan Bhinneka tunggal Ika

Untuk menjaga persatuan dalam keanekaragaman, masyarakat harus menerapkan semboyan Indonesia, yakni Bhinneka Tunggal Ika yang artinya “berbeda-beda tetap satu juga”. Semboyan tersebut mengajarkan bangsa Indonesia untuk menjunjung tinggi persatuan tanpa membeda-bedakan suku, budaya, agama, bahasa, dan lainnya.

cara-menjaga-persatuan-dalam-keanekaragaman-budaya-dan-bangsa
Menjaga Persatuan dalam Keanekaragaman Budaya dan Bangsa Indonesia. sumber © kumparan.com

Mempelajari Budaya Indonesia

Era digital mempermudah budaya asing untuk masuk ke Indonesia. Budaya asing yang masuk dapat menggeser budaya lokal yang sudah diwariskan turun-temurun.

Agar hal tersebut tidak terjadi, kita sebagai masyarakat harus tetap menghargai dan menjaga budaya Indonesia. Salah satu caranya dengan mempelajari budaya di Tanah Air.

Dengan mempelajarinya, kita akan semakin memahami dan mencintai budaya sendiri. Selain itu, budaya tersebut juga dapat diwariskan kepada generasi mendatang.

Mencintai Produk dalam Negeri

Menjaga persatuan dalam keberagaman bisa dilakukan dengan cara sederhana, misalnya mencintai dan membeli produk dalam negeri. Melalui cara tersebut, kita dapat mengurangi impor barang dari luar dan mendukung produk karya anak bangsa.

Saling Menghargai Satu Sama Lain

Setiap masyarakat harus saling menghargai satu sama lain untuk memelihara persatuan bangsa. Dengan begitu, masyarakat dapat hidup berdampingan tanpa adanya pertengkaran.

Baca juga :  Selamat Hari Ibu Setiap 22 Desember, Dan Berikut Sejarahnya

Tonton juga :

 

返事を書く

あなたのコメントを入力してください。
ここにあなたの名前を入力してください