ホーム Nasional Selamat Hari Ibu Setiap 22 Desember, Dan Berikut Sejarahnya

Selamat Hari Ibu Setiap 22 Desember, Dan Berikut Sejarahnya

459
0

NIINDO.COM – Selamat hari ibu selalu diperingati setiap tanggal 22 Desember. Namun perlu diketahui bahwa sejarah hari ibu berawal dari para pejuang wanita Indonesia.

Sejarah Hari Ibu Di Indonesia

Sejarah hari ibu di Indonesia ini tak luput dari perjuangan seorang perempuan. Bertepatan pada tanggal 22 hingga 25 Desember 1982, sejarah hari ibu dimulai.

Dan para pejuang wanita Indonesia dari Jawa dan Sumatera pada saat itu berkumpul untuk mengadakan Kongres Perempuan Indonesia I.

Berkumpulnya 30 Organisasi Perempuan

Dari gedung Mandalabhakti Wanitatama di Jalan Adisucipto, Yogyakarta menjadi saksi sejarah berkumpulnya 30 organisasi perempuan dari 12 kota di Jawa dan Sumatera yang kemudian melahirkan terbentuknya Kongres Perempuan yang kini dikenal sebagai Kongres Wanita Indonesia (Kowani), dilansir dari laman LPMP Kemdikbud Riau.

Baca juga :  Honda Bakal Jor-joran Di Dunia Balap Agar Motornya Kian Ngetop

Pada Kongres Perempuan Indonesia I yang menjadi agenda utama adalah mengenai persatuan perempuan Nusantara.

Peran Perempuan Dalam Perjuangan Kemerdekaan 

Peranan perempuan dalam perjuangan kemerdekaan, peranan perempuan dalam berbagai aspek pembangunan bangsa, perbaikan gizi dan kesehatan bagi ibu dan balita, pernikahan usia dini bagi perempuan, dan lain sebagainya menjadi agenda dalam kongres pertama.

Beberapa hal besar banyak diagendakan namun tanpa mengangkat masalah kesetaraan gender, para pejuang perempuan itu menuangkan pemikiran kritis, dan upaya-upaya yang amat penting bagi kemajuan bangsa Indonesia khususnya kaum perempuan.

Kongres Perempuan Indonesia II Di Laksanakan 

Pada Juli 1935 dilaksanakan Kongres Perempuan Indonesia II, dalam kongres ini dibentuk BPBH (Badan Pemberantasan Buta Huruf) dan menentang perlakuan tidak wajar atas buruh wanita perusahaan batik di Lasem, Rembang.

Penetapan Hari Ibu pada tanggal 22 Desember sendiri baru diputuskan dalam Kongres Perempuan Indonesia III pada tahun 1938.

Tanggal 22 Desember Ditetapkan Sebagai Hari Ibu

Secara resmi tanggal 22 Desember ditetapkan sebagai Hari Ibu adalah setelah Presiden Soekarno melalui melalui Dekrit Presiden No. 316 tahun 1959 menetapkan bahwa tanggal 22 Desember adalah Hari Ibu dan dirayakan secara nasional hingga saat ini.

Pada awalnya peringatan Hari Ibu adalah untuk mengenang semangat dan perjuangan para perempuan dalam upaya perbaikan kualitas bangsa ini.

Misi itulah yang tercermin menjadi semangat kaum perempuan dari berbagai latar belakang untuk bersatu dan bekerja bersama.

Baca juga :  WNI di Jepang Bentuk Bisnis Baru Bersama, Berharap Lebih Produktif dan Hidup Mandiri

Tonton juga :

返事を書く

あなたのコメントを入力してください。
ここにあなたの名前を入力してください