ホーム Nasional Pesilat Jepang Unjuk Kebolehan Di Hadapan Dubes RI Untuk Jepang Heri Akhmadi

Pesilat Jepang Unjuk Kebolehan Di Hadapan Dubes RI Untuk Jepang Heri Akhmadi

215
0
atlet-pencak-silat-dari-jepang-unjuk-kebolehan-di-wisma-duta
Latihan gabungan pesilat Indonesia dan Jepang di Wisma Duta KBRI Tokyo. Foto Pensosbud KBRI Tokyo.

NIINDO.COM –  15 Pesilat Nasional Jepang yang tergabung dalam Japan Pencak Silat Association (JAPSA) tampil di hadapan Duta Besar RI untuk Jepang Heri Akhmadi Wisma Duta Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Tokyo.

Diantara yang tampil adalah pesilat nasional Jepang Daisuko Aso, salah satu anggota JAPSA yang pernah tampil di ajang Asian Games 2018.

Dalam kesempatan itu Heri Akhmadi mengatakan, KBRI Tokyo kedepannya akan total dalam upaya pelestarian dan pengembangan pencak silat di Jepang.

“Saya senang seni budaya kita dicintai orang Jepang. KBRI Tokyo akan total dalam upaya pelestarian dan pengembangan pencak silat. Berbagai upaya promosi akan kami lakukan agar warisan budaya ini semakin dikenal dan banyak dipelajari masyarakat Jepang, Ini medium diplomasi publik dan people-to-people contact yang sangat baik”, tegas Dubes Heri Akhmadi.

Baca juga :  5 Negara Janjikan Vaksin Corona Gratis Untuk Warganya

 

atlet-pencak-silat-dari-jepang-unjuk-kebolehan-di-wisma-duta
Latihan gabungan pesilat Indonesia dan Jepang di Wisma Duta KBRI Tokyo. Foto Pensosbud KBRI Tokyo.

 

Pencak Silat Juga Tetap Menaati Protokol Kesehatan

Latihan gabungan antar perguruan silat dalam JAPSA ini tetap dilakukan dengan menjaga protokol kesehatan mengingat pandemi Virus Corona. Di Jepang terdapat berbagai perguruan silat beranggotakan WNI dan juga masyarakat Jepang, di antaranya Perisai Diri, Merpati Putih, Panglipur, dan Panca Sakti.

Berdirinya JAPSA Perguruan Pencak Silat

JAPSA didirikan pada 28 November 1996, dan.resmi terdaftar ada 2015. Di tahun itu lanjut Kyoko Soda, JAPSA memiliki 4 perguruan pencak silat yaitu Perisai Diri, Merpati Putih, Panglipur dan Panca Sakti. Sementara itu 1 perguruan tambahan SinLamBa. Setiap perguruan memiliki anggota 10-15 pesilat. Sehingga total keseluruhan ada sekitar 70 pesilat.

Atase Pendidikan dan Kebudayaan Tokyo Yusli Wardiatno yang juga turut hadir mengatakan, KBRI Tokyo siap memfasilitasi sarasehan dan silaturahmi akbar antar semua perguruan silat di Jepang.

“Latihan gabungan JAPSA ini bisa menjadi awal yang baik untuk bisa kumpul keluarga seluruh perguruan silat yang ada di Jepang”, ujar Yusli Wardiatno.

Dubes Heri Akhmadi Memberikan Bantuan Dana

Sebagai bentuk konkrit dukungan olah raga pencak silat ini, Dubes Heri Akhmadi memberikan bantuan dana pembinaan pencak silat kepada Presiden JAPSA, Kyoko Soda. Heri Akhmadi berharap, di masa mendatang semakin banyak lagi orang Jepang yang tertarik dengan pencak silat.

Presiden Japan Pencak Silat Association (JAPSA) Kyoko Soda mengapresiasi dukungan Duta Besar RI untuk Jepang Heri Akhmadi dalam latihan bersama pencak silat di halaman Wisma Duta KBRI Tokyo.

“Sangat berterima kasih. Kami dapat memamerkan dan mendapatkan perhatian lebih dari orang Jepang untuk Pencak Silat bekerja sama dengan KBRI. Pencak Silat merupakan warisan budaya Melayu yang unik. Saya juga mengharapkan kesempatan untuk berkolaborasi dengan setiap negara Melayu untuk mempromosikannya”, ujar Kyoko Soda.

Lebih lanjut Kyoko Soda berharap, Pencak Silat tidak hanya dikenal sebagai salah satu cabang olah raga bela diri tetapi juga dikenal sebagai warisan budaya Indonesia di Jepang dan dunia.

Saat ini lanjut Kyoko Soda, Federasi Pencak Silat Internasional tengah mengupayakan Pencak Silat dapat masuk menjadi salah satu cabang olah raga yang dipertandingkan di ajang Olimpiade. (Andylala)

Baca juga :  MotoGP 2020 Jadi Lompatan Bagi Pembalap Jepang Takaaki Nakagami

Tonton juga :

返事を書く

あなたのコメントを入力してください。
ここにあなたの名前を入力してください