Beranda Uncategorized Pameran Foto Yokohama International Youth Photo Project Tampilkan Karya Foto Anak Indonesia

Pameran Foto Yokohama International Youth Photo Project Tampilkan Karya Foto Anak Indonesia

99
0
Dari kiri ke kanan, Atase Pendidikan dan Kebudayaan Tokyo Yusli Wardiatno, Arkananta Damareswara dan Direktur Picture This Japan Nobuko Oyabu. Foto Andylala.

Sebuah lembaga non profit di Yokohama Jepang, Picture This Japan, menyelenggarakan pameran foto, Yokohama International Youth Photo Project Exhibition. Pameran foto ini diikuti bukan hanya kalangan remaja Jepang tetapi juga dari beberapa warga asing yang bermukim di Jepang, termasuk remaja asal Indonesia.

Nobuko Oyabu, Direktur Picture This Japan, disela-sela pameran yang bertempat di Zounahana Cafe Yokohama, Kanagawa, Sabtu (16/1) menjelaskan kegiatan ini sudah ia rintis sejak 2016 melalui workshop fotografi secara gratis dengan peserta remaja khususnya dari warga negara asing yang tinggal di Jepang.

BACA JUGA : Dubes Indonesia di Jepang Dukung Kuat Forum BBB Dengan Jaringan 47 Perfektur

“Saya mengadakan proyek ini untuk remaja, terutama warga asing. Karena saat 2015, ada peristiwa pembunuhan seorang anak berumur 12 tahun. Saya merasa untuk anak-anak itu bisa menjadi diri mereka sendiri. Agar mereka, bisa menjadi bagian dari komunitas. Maasih banyak anak merasa dikucilkan terutama di sekolah negeri. Saya mau mereka mempunyai tempat untuk mengekspresikan diri mereka sendiri, dan orang dewasa yang bisa menerima mereka,” ujar Nobuko Oyabu.

Arkananta Damareswara, salah seorang peserta ajang pameran foto Yokohama Youth International. Foto Andylala.

Pemerintah Yokohama, lanjut Nobuko Oyabu, memberi dukungan finansial dari kegiatan workshop fotografi ini. Fokus dari kegiatan ini adalah untuk menumbuhkan rasa percaya diri di kalangan remaja untuk berekspresi.

“Jadi saya dan beberapa fotografer lokal di Yokohama, mengatur proyek ini dan berdiri di 2016. Jadi (Pemerintah) Kota Yokohama lagi mencari sesuatu untuk anak-anak itu juga. Mereka memberi kita uang untuk proyek ini. Saya mengajar fotografi sebagai mengespresikan diri sendiri dan juga sebagai alat komunikasi. Banyak anak yang tidak begitu percaya diri di masyarakat Jepang karena mereka tidak bisa berbahasa Jepang dengan baik. Ada juga anak yang lahir dan tinggal disini tetapi dengan kebangsaanq yang berbeda, jadi mereka merasa dikucilkan. Fokus proyek ini adalah menumbuhkan rasa percaya diri mereka melalui mengekspresikan diri,” terang Nobuko Oyabu yang pernah tinggal di Amerika Serikat dan bekerja sebagai jurnalis di sebuah surat kabar.

BACA JUGA : Pembukaan Super Nintendo World Ditunda, Karna kasus Corona Meningkat

Lebih lanjut Nobuko Oyabu menjelaskan, kegiatan workshop fotografi dan pameran foto ini diselenggarakan rutin setahun sekali. Namun di 2020 lalu terjadi penurunan peserta akibat pandemi Virus Corona. Kegiatan workshop dan pameran foto ini lanjut Nobuko, rencananya akan dituangkan dalam penerbitan buku.

Nobuko dalam setiap sesi workshop kepada peserta memberikan pemahaman bahwa hasil foto bisa bercerita banyak hal kepada orang yang melihat.

“Jadi fokus aku di proyek ini bukan seberapa bagus foto mereka. Tidak mesti kayak langit yang indah. Aku sampaikan kepada peserta. hanya kamu yang bisa foto. Mereka berbicara soal foto itu. Dan dari berbicara seperti itu, mereka kayak mengumpulkan pikiran dan menyadarkan diri sendiri. Itu hal yang indah untuk aku,” tutur Nobuko Oyabu.

Foto karya Arkananta Damareswara berjudul ‘Mother and Son’ dalam ajang pameran foto Yokohama Youth International. Foto Andylala.

Arkananta Damareswara yang biasa dipanggil Adam, salah seorang peserta dari Indonesia, mengaku bangga bisa menampilkan 2 foto pilihan yang ia hasilkan dalam pameran ini.

“Senang sekali foto saya bisa terpilih untuk dipamerkan. Ini kegiatan pertama saya. Dan saya baru kali ini belajar fotografi,” ujar Adam yang tinggal di Tokyo sejak 2018 ikut orang tuanya yang bekerja di Jepang.

Sementara itu, Atase Pendidikan dan Kebudayaan Tokyo Yusli Wardiatno, mengapresiasi penyelenggaraan pameran foto Yokohama ini. Yusli juga mengaku bangga dengan tampilnya 2 foto Adam sebagai perwakilan dari Indonesia dalam acara pameran foto Yokohama International Youth Photo Project Exhibition ini.

Foto karya Arkananta Damareswara berjudul ‘Lady Bug’ dalam ajang pameran foto Yokohama Youth International. Foto Andylala.

“Alhamdulillah, selamat buat Adam ya yang tidak hanya mewakili Indonesia, tetapi sekaligus bisa mengharumkan nama bangsa Indonesia dengan bisa tampil di pameran foto ini. Tentunya ini dapat menjadi inspirasi buat anak-anak Indonesia yang lain untuk bisa berkompetisi di mancanegara,” tegas Yusli Wardiatno.

Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Tokyo lanjut Yusli Wardiatno, untuk kedepannya siap mendukung kegiatan positif seperti pameran foto ini dari anak-anak Indonesia yang tinggal di Jepang. Khususnya terkait dengan pengenalan budaya Indonesia di mata orang Jepang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here