ホーム Uncategorized Kaleidoskop KBRI Tokyo 2020

Kaleidoskop KBRI Tokyo 2020

327
0
KBRI Tokyo bersama tim gabungan Kemenlu RI, Kemenkes RI dan TNI bekerja sama dengan otoritas Jepang memulangkan 69 dari 78 WNI yang merupakan awak kapal pesiar Diamond Princess (1/3). Foto KBRI Tokyo

NIINDO.COM – Sepanjang tahun 2020 dunia disibukkan dengan penanganan Pandemi Covid-19. Merebaknya Covid-19 berdampak tidak hanya pada masalah kesehatan masyarakat tetapi juga aktivitas perekonomian. Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Tokyo selama rentang 2020 memainkan 2 peran secara bersamaan di tengah Pandemi Covid-19.

Pertama, Perlindungan Warga Negara Indonesia (WNI) yang ada di Jepang menjadi perhatian utama khususnya terkait dengan ancaman penularan Covid-19. Sementara itu di sisi lain, KBRI Tokyo terus memperkuat kerja sama bilateral Indonesia Jepang sebagai langkah mendukung pemulihan ekonomi nasional.

Di antaranya dalam penanganan dan pemulangan 78 WNI yang menjadi awak kapal pesiar Diamond Princess yang berlabuh di Yokohama di Februari 2020. Dari 78 WNI, 9 orang positif Covid-19. Kerja sama serupa juga dilakukan dengan otoritas Jepang dalam penanganan 84 WNI awak kapal pesiar Italia Costa Atlantika di Nagasaki pada April 2020.

Satu bulan setelah dilantik menjadi Perdana Menteri (PM) Jepang yang baru menggantikan Shinzo Abe, pada 20 Oktober 2020, PM Yoshihide Suga bersama Ibu Negara Mariko Suga, mengadakan rangkaian kunjungan ke luar negeri yang pertama, salah satunya ke Indonesia. Di Istana Bogor, kedua kepala negara berkomitmen memperkuat kerja sama bilateral di berbagai bidang.

Baca juga : Jajanan Khas Jepang yang Halal dan Mudah Dibuat di Rumah

Sementara itu kerja sama bilateral kedua negara di tengah pandemi tetap berjalan. Di antaranya dalam mendukung pembentukan Sovereign Wealth Fund (SWF) Indonesia atau dikenal dengan Nusantara Investment Authority (NIA) di awal Desember 2020. Dari hasil lobi Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri BUMN Erick Thohir dan Duta Besar RI untuk Jepang Heri Akhmadi serta tim KBRI Tokyo diperoleh komitmen investasi dari Japan Bank for International Cooperation (JBIC) sebesar 57 Triliun rupiah.

Catatan KBRI Tokyo: Peristiwa Penting Tahun 2020

Perlindungan WNI di Tengah Pandemi Covid-19

Sejak awal merebaknya penularan Covid-19 pada bulan Februari 2020, KBRI Tokyo terus menjalin kerja sama dengan otoritas Jepang. Khususnya dalam pemantauan kondisi 78 WNI awak kapal pesiar Diamond Princess yang bersandar di Pelabuhan Yokohama.

Dalam perkembangan selanjutnya di awal Maret 2020 KBRI Tokyo bersama tim gabungan Kemenlu RI, Kemenkes RI dan TNI bekerja sama dengan otoritas Jepang, memulangkan 69 orang dari 78 WNI awak kapal Diamond Princess. Jumlah total penumpang dan awak yang di karantina di atas kapal pesiar itu ada 3.700 orang. Dari 3.700 orang itu sebanyak 542 orang terinfeksi Covid-19.

Sementara itu, KBRI Tokyo pada 17 Agustus 2020, menyalurkan bantuan keuangan dari berbagai pihak seperti MUFG dan AEON 1% Club. Bantuan itu diperuntukkan bagi mahasiswa Indonesia di Jepang yang terdampak Pandemi, termasuk di antaranya kehilangan kesempatan kerja paruh waktu. MUFG memberikan bantuan keuangan sebesar JPY.100 juta atau sekitar Rp.13,9 milyar

Untuk memaksimalkan fungsi pelayanan, KBRI Tokyo melakukan pelayanan langsung kepada 50 WNI di Okinawa pada 7 November 2020. Okinawa diketahui merupakan kantong pemukiman WNI yang mencapai 1.000 orang yang sebagian besar adalah pemagang perikanan, ABK, mahasiswa ilmu kelautan dan ibu rumah tangga.

Pemulihan Ekonomi Di Tengah Pandemi Covid 19

KBRI Tokyo bekerja sama dengan berbagai pihak Jepang dalam pengembangan kerja sama Vaksin Covid-19. Pada 9 September 2020, KBRI Tokyo lakukan penjajakan kerja sama vaksin dengan Shionogi & Co., sebuah perusahaan yang bergerak di bidang riset, pengembangan dan produksi vaksin serta alat kesehatan. Selain dengan Shionogi & Co, penjajakan kerja sama terkait juga dilakukan dengan Research Institute for Microbial Diseases (RIMD) Universitas Osaka. Kerja sama serupa juga dilakukan KBRI Tokyo dengan Zoonosis Research Center Universitas Hokkaido.

Kegiatan ekspor komoditas dari Indonesia ke Jepang di tengah Pandemi dilakukan pada 24 September 2020 melalui penerbangan kargo perdana Garuda Indonesia dari Manado yang untuk kali pertama mendarat di Bandara Narita. Penerbangan yang mengangkut ekspor ikan tuna dan rempah Indonesia ini diinisiasi oleh Pemda Sulawesi Utara, BUMN Garuda, dan didukung sepenuhnya oleh KBRI Tokyo.

Upaya promosi perdagangan dan investasi juga dilakukan melalui kegiatan Webinar Investasi pada 25 Agustus 2020 bertemakan “Indonesia in the New World Economic Paradigm: Your Best Investment Destination”. Dalam acara ini, KBRI Tokyo bekerja sama dengan Japan Indonesia Association (JAPINDA) yang dihadiri Menko Kemaritiman dan Investasi serta Kepala BKPM. Dalam kesempatan itu disampaikan berbagai upaya Pemerintah Indonesia dalam memastikan ekonomi tetap tumbuh di tengah Pandemi Covid-19.

Presiden Joko Widodo menggelar konferensi pers bersama Perdana Menteri Jepang Yoshihide Suga di Istana Bogor (20/10). Foto Setkab RI.

Kegiatan serupa dilakukan KBRI Tokyo dalam Peluncuran platform data kerja sama ekonomi bilateral terintegrasi atau “Japan Indonesia Partnership Lounge” (JAIPONG), pada 14 Oktober 2020, JAIPONG ini merupakan inovasi diplomasi ekonomi yang dikembangkan oleh KBRI Tokyo bekerja sama dengan Kantor Perwakilan Bank Indonesia di Tokyo serta didukung oleh Kementerian Luar Negeri, Kementerian Perdagangan dan BKPM.

Sementara itu, pada 25 September 2020 KBRI Tokyo mewakili Pemerintah Indonesia menerima penghargaan Deal Watch Award dari kalangan bisnis di Jepang. Penghargaan untuk pertama kalinya kepada Indonesia ini diserahkan langsung oleh Hideo Tomita, Presiden dan CEO Refinitiv Jepang, dan Hiroko Yoneda, selaku Chief Editor Deal Watch. Penghargaan Deal Watch Award ini diberikan atas capaian penjualan obligasi Pemerintah RI pada Samurai Bond 2019.

Pada 10 November 2020, KBRI Tokyo di sela-sela Trade Expo Indonesia melakukan penandatanganan kontrak dagang dan investasi senilai lebih dari USD.321 juta (Rp 4,5 Triliun) untuk produk kertas, makanan, drip kopi, serta investasi di bidang pengolahan limbah sawit. Di hari yang sama KBRI Tokyo memberikan Ambassador Award 2020 kepada 3 pelaku usaha di Jepang yaitu APP Japan Limited, Sariraya Co. Ltd. dan Mobiol Corporation.

Indonesia pada 20 Oktober 2020 menjadi negara pertama yang dikunjungi Perdana Menteri (PM) Jepang Yoshihide Suga dalam lawatan luar negeri pertama kali sejak dilantik pada 16 September 2020 menggantikan Shinzo Abe. PM Suga yang didampingi Ibu Negara Mariko Suga bertemu Presiden dan Ibu Iriana Joko Widodo di Istana Bogor, Jawa Barat. Dalam keterangan pers bersama Presiden Jokowi, PM Suga berikan komitmen loan agreement sebesar Rp 6,9 Triliun. Suga mengatakan, bantuan ini diberikan untuk mendukung peningkatan kapasitas Indonesia dalam tanggap bencana.

Baca juga : Kento Momota Tandai Comeback dengan Juara Kejurnas di Jepang

Sementara itu dalam upaya pembentukan lembaga Sovereign Wealth Fund (SWF) Indonesia, Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan dan Menteri BUMN Erick Thohir dengan didampingi Dubes RI untuk Jepang Heri Akhmadi melakukan sejumlah pertemuan dengan Pemerintah dan 20 pebisnis Jepang dalam mempromosikan SWF Indonesia. Dari hasil lobi pada 3-4 Desember 2020, diperoleh komitmen investasi dari Gubernur Japan Bank for International Cooperation (JBIC) Maeda Tadashi sebesar Rp.57 triliun rupiah untuk pendanaan lembaga Sovereign Wealth Fund (SWF) Indonesia.

Dalam pertemuan antara Dubes RI untuk Jepang Heri Akhmadi dengan CEO Toyota Motor Corporation wilayah Asia Yoichi Miyazaki pada 14 Desember 2020 diperoleh komitmen investasi sebesar Rp.28 Triliun. CEO Miyazaki dalam perbincangan dengan Dubes Heri Akhmadi mengatakan, Indonesia merupakan mitra Toyota yang sangat penting.

Kegiatan Sosial Budaya 2020 KBRI Tokyo

Di tengah merebaknya Pandemi Covid-19 berbagai kegiatan promosi sosial budaya terus dilakukan KBRI Tokyo. Di antaranya adalah lomba karya tulis bertemakan “Persahabatan Indonesia Jepang” dalam menyambut HUT RI ke-75. KUAI Tri Purnajaya usai upacara peringatan HUT RI ke 75 di Wisma Duta, menyerahkan hadiah lomba karya tulis itu kepada 2 pemenang warga Jepang yaitu Hyuga Tanaka dan Akihiko Ishikawa, dan 2 pemenang warga Indonesia Ivan Prakasa dan Aliyah Shafarin Nur Fitri.

Pada 10 Oktober 2020, KBRI Tokyo ikut berpartisipasi dalam acara Indonesia – Japan Online Festival 2020 (OnFest 2020) yang diselenggarakan oleh Kedutaan Besar Jepang di Indonesia. Konten KBRI Tokyo berjudul “Discovering Indonesia in Japan” telah disaksikan secara live sebanyak 100.000 penonton daring di Youtube dan 19.400 views di Instagram KBRI Tokyo. KBRI Tokyo dalam acara itu, menampilkan footage kompilasi tarian, pencak silat, angklung, kolintang, gamelan, serta batik, dengan dipandu host berbahasa Jepang dari Sekolah Republik Indonesia Jepang (SRIT).

Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut B. Pandjaitan bertemu dengan Penasehat Perdana Menteri Jepang, IZUMI Hiroto di Kantor Perdana Menteri Jepang (3/12) guna meraih dukungan atas pembentukan Sovereign Wealth Fund (SWF) Indonesia. Turut hadir dalam pertemuan tersebut, Menteri BUMN Erick Thohir dan Duta Besar RI Heri Akhmadi. Foto KBRI Tokyo

Sementara itu, sejalan dengan kampanye “Dream Now, Travel Tomorrow” dan “Thoughtful Indonesia” dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, KBRI Tokyo menyelenggarakan promosi pariwisata Indonesia melalui Virtual Tour Museum Konferensi Asia Afrika (MKAA) dengan medium Instagram Live yang disaksikan sebanyak 4.300 penonton. Selain itu juga digelar Virtual Tour Candi Borobudur untuk mengenalkan kampanye #ReadyforSafeTourism Candi Borobudur, dengan disaksikan sebanyak 3.300 orang penonton. Kegiatan serupa dilakukan KBRI Tokyo memperingati hari Sumpah Pemuda dalam acara virtual ‘Inspirational Talk’. Event itu menghadirkan anak-anak muda Indonesia di Jepang yang berkecimpung di bidang ekonomi kreatif untuk menyambut tahun 2021 sebagai International Year of Creative Economy for Sustainable Development.

Dalam promosi Japan – Indonesia Friendship Day 2020, KBRI Tokyo menyelenggarakan Batik x Bike pada 14 November 2020 yang diikuti lebih dari 500 warga Jepang dan WNI yang berada di 17 wilayah di seluruh Jepang melalui kegiatan bersepeda dengan menggunakan busana batik. Kegiatan ini memecahkan rekor MURI “Bersepeda mengenakan busana batik dengan peserta terbanyak di luar negeri”

Masih di hari yang sama KBRI Tokyo melalui Atase Pertahanan, Atase Pendidikan dan Kebudayaan, menyelenggarakan Akademi Kebangsaan untuk tingkat SD, SMP dan SMA di Sekolah Republik Indonesia Tokyo (SRIT). Kegiatan itu dikemas dalam lomba Cerdas Cermat Kebangsaan untuk tingkat SD, SMP dan SMA di lingkungan SRIT

Pada 6 Desember 2020, Dubes RI untuk Jepang Heri Akhmadi mengundang 15 pesilat Indonesia dan Jepang yang tergabung dalam Japan Pencak Silat Association (JAPSA) untuk berlatih bersama di Wisma Duta KBRI Tokyo. JAPSA, terdiri dari berbagai perguruan tinggi seperti Perisai Diri, Merpati Putih, Panglipur, dan Panca Sakti.

Dharma Wanita Persatuan (DWP) KBRI Tokyo pada 7 Desember 2020 menggelar lomba fotografi dalam rangka peringatan hari ulang tahun DWP ke-21. Lomba bertemakan “Dampak Covid-19 terhadap Keseharian” diharapkan bisa meningkatkan kepekaan dan empati terhadap perubahan yang terjadi di lingkungan sekitar karena Covid-19.

Menutup rangkaian kegiatan KBRI Tokyo di 2020, pada 17 Desember Dubes RI untuk Jepang Heri Akhmadi menyerahkan Surat Kepercayaan (Letter of Credentials) kepada Kaisar Jepang Naruhito di Istana Kekaisaran di Tokyo. Kaisar Naruhito dalam acara itu didampingi oleh Menteri Ekonomi Perdagangan dan Industri Kajiyama Hiroshi. Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik Heri Akhmadi, sebagai Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh (LBBP) Republik Indonesia untuk Jepang merangkap Negara Federasi Mikronesia pada 26 Oktober 2020.

“Di 2021, tantangan di tengah pandemi memerlukan penyesuaian langkah-langkah perlindungan dan promosi Indonesia di luar negeri. Sementara itu, kerja sama perdagangan dan investasi dengan Jepang untuk pemulihan ekonomi nasional secara keseluruhan, menjadi perhatian khusus,” pungkas Dubes Heri Akhmadi.

Baca juga : 5 Bumbu Jepang Ini Bikin Masakan Semakin Autentik Dijamin Halal

Tonton juga :

返事を書く

あなたのコメントを入力してください。
ここにあなたの名前を入力してください