Beranda Pendidikan Arti Sebenarnya “Itadakimasu”

Arti Sebenarnya “Itadakimasu”

14710
0

Bagi para pencinta anime ataupun manga Jepang, kita sudah tidak asing dengan kata “itadakimasu. Kata ini sendiri biasanya diucapkan sebelum tokoh anime atau manga menyantap makanannya. Tapi, tahukah minna arti sebenarnya dari kata tersebut?

Dalam anime ataupun manga, kata itadakimasu seringkali diucapkan saat tokoh hendak menyantap makanan dan biasanya dilakukan dengan menyatukan kedua tangan seperti saat kita bertepuk tangan. Nah karena kebiasaan tersebut, banyak orang awam mengartikan itadakimasu sebagai ucapan “selamat makan”. Hal ini tentu saja hal yang cukup keliru karena “itadakimasu” tidak dimaksudkan sebagai ucapan selamat makan tetapi memiliki makna yang sangat dalam.

Kata “itadakimasu” sebenarnya lebih bermakna sebagai ucapan terimakasih. Arti sebenernya yaitu “saya terima (dengan senang hati)”. Maksudnya yaitu sebagai ungkapan terimakasih atas pengorbanan tumbuhan maupun hewan yang telah merelakan dirinya untuk kita konsumsi. Ungkapan terimakasih tersebut juga dimaksudkan kepada orang-orang yang telah membantu dalam menyiapkan makanan tersebut. Atas banyaknya usaha dan pengorbanan yang telah dilakukan untuk makanan tersebut, maka masyarakat Jepang mengucapkan ungkapan terimakasih dengan kata “itadakimasu”. Hal ini juga yang mendasari masyarakat Jepang terbiasa menghabiskan makanannya, karena mereka menyadari bahwa ada begitu banyak usaha dan pengorbanan yang dilakukan untuk makanan tersebut sehingga mereka tidak boleh menyia-nyiakan usaha  dan pengorbanan tersebut.

Meskipun demikian, makanan Jepang sejatinya bukanlah makanan-makanan besar sehingga sangat jarang sekali orang yang tidak menghabiskan makanannya. Jika minna memang enggan menghabiskan makanan minna saat berada di Jepang, ada baiknya minna memberikan makanan tersebut kepada teman minna dan mintalah bantuannya untuk menghabiskan makanan tersebut. Hal ini lebih baik daripada membuang makanannya.

Perlu diperhatikan bahwa kata “itadakimasu” tak hanya digunakan saat makan. Kata dasar dari “itadakimasu” adalah “itadaku” yang berarti menerima. Jadi, saat kita menerima sesuatu kita pasti mengucapkan kata itadaku, seperti saat mengucapkan  “sensei ni hon o itadate” yang artinya saya menerima buku dari sensei. Karena tata bahasa jepang, kata itadaku tersebut harus diubah menjadi itadakimasu jika hendak makan, dan menjadi itadate saat menerima sesuatu dari orang lain.

Menarik bukan? Akan sangat baik sekali jika dari artikel ini minna dapat mengambil pelajaran untuk bersyukur atas makanan yang minna terima. Semoga artikel ini membantu ya minna. Ganbatte ne.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here