ホーム Healty 4 Pejabat Kementerian Jepang Jalani Pemeriksaan Setelah Jamuan Makan Putra PM Suga

4 Pejabat Kementerian Jepang Jalani Pemeriksaan Setelah Jamuan Makan Putra PM Suga

134
0
Tokyo. Foto Andylala

NIINDO.COM – Para pejabat senior di Kementerian Dalam Negeri dan Komunikasi Jepang tengah menjalani pemeriksaan atas dugaan pelanggaran kode etik. Pemeriksaan itu dilakukan menyusul adanya laporan bahwa mereka disuguhi makan malam mahal oleh putra Perdana Menteri Jepang Yoshihide Suga.

Dikutip dari Kyodo News, Majalah mingguan Jepang Shukan Bunshun melaporkan bahwa, putra tertua Suga, yang bekerja di perusahaan pengoperasikan layanan siaran satelit antara Oktober dan Desember tahun lalu, membawa keempat pejabat senior itu ke sebuah restoran mewah Tokyo. Selain disuguhi makanan, keempat pejabat itu diberi hadiah oleh putra PM Jepang Yoshihide Suga.

BACA JUGA : Mahasiswa China Jepang & Korea Selatan Kerja Bareng Film Animasi Melalui Online

Dalam Undang-Undang Etika Pelayanan Publik Nasional terdapat larangan seorang pejabat Pemerintah menerima fasilitas atau pelayanan dari pemangku kepentingan. Kementerian Dalam Negeri dan Komunikasi diketahui telah mengeluarkan lisensi penyiaran ke unit Tohokushinsha Film Corp., tempat putra Suga bekerja.

“Saya memahami rinciannya sedang diselidiki di Kementerian Dalam Negeri dan Komunikasi karena bekerja erat dengan Otoritas Personalia Nasional. Jika memang ada tindakan yang melanggar UU Etika Pelayanan Publik Nasional, itu bisa merusak kepercayaan masyarakat terhadap pegawai negeri. Kementerian Kehakiman tentunya akan mengambil tindakan yang sesuai,” kata Kepala Sekretaris Kabinet Katsunobu Kato Kamis dalam sebuah konferensi pers.

Sementara itu PM Jepang Yoshihide Suga mengaku tidak mengetahui putranya menjamu para pejabat Kementerian Dalam Negeri Dan Komunikasi.

“Saya ingin kementerian mengkonfirmasi apa yang terjadi dan menanggapi sesuai dengan aturan,” kata Yoshihide Suga dalam sesi komite Parlemen (Diet).

BACA JUGA : wow , Yoshiro Mori : Apapun yang Terjadi, Olimpiade Jepang Tetap Berjalan

Di antara empat pejabat yang dilaporkan makan dengan putra Suga, Yoshinori Akimoto, Direktur Jenderal Biro Komunikasi dan Informasi, mengaku disuguhi makan dan menerima biaya transportasi dari putra Suga.

Ia juga mengatakan bahwa dia telah membayar kembali jumlah uang yang setara setelah mengetahui bahwa makan malam itu terkait dengan urusan bisnis di bawah yurisdiksi kementerian.

Pihak unit Tohokushinsha Film Corp., telah meminta maaf dalam sebuah pernyataan. Mereka mengatakan, hal itu telah menyebabkan banyak masalah dan kekhawatiran di antara orang-orang yang terlibat.

“Kami akan mengambil tindakan yang tepat setelah menyelidiki apa yang terjadi,” kata pihak unit Tohokushinsha Film Corp., dalam pernyataannya.

返事を書く

あなたのコメントを入力してください。
ここにあなたの名前を入力してください