Beranda Trend Bisnis Saatnya RI Membuka Lembaran Baru di Sektor Agribisnis dan Kelautan

Saatnya RI Membuka Lembaran Baru di Sektor Agribisnis dan Kelautan

694
0

Walaupun Indonesia menjadi salah satu  negara jajahan Jepang. Seiring berjalannya waktu dan perkembangan zaman, Indonesia dan Jepang justru menjalin kerjasama bilateral untuk menjaga hubungan diplomatik yang lebih baik. Sebagai negara berkembang, Indonesia membutuhkan konstribusi negara maju seperti Jepang dan sebaliknya. Hubungan kerjasama Indonesia – Jepang sudah berjalan sejak tahun 1958 sampai sekarang. Berbagai sektor kerjasama Jepang sudah dijalankan di bidang ekonomi, pendidikan, perdagangan dan bahkan budaya.

Kerjasama Indonesia dan Jepang di dunia bisnis juga sudah cukup lama.  Konstribusi Jepang di dunia bisnis Indonesia yang paling besar yaitu pada sektor elektronik dan otomotif. Seperti yang kita ketahui bahwa, ada banyak sekali berbagai macam produk – produk elektronik dan otomotif Jepang yang sudah ada di Indonesia. Beberapa perusahaan hasil kerja sama Indonesia – Jepang juga sampai sekarang masih terus menghasilan produk – produknya sampai saat ini. Beberapa perusahaan tersebut diantaranya Kyosa Indonesia PT, Sonton Food Indonesia PT, PT Foejita Hoei Indonesia dan masih banyak lagi lainnya yang tersebar di Indonesia.

Namun menurut mantan Menteri Perdagangan yang saat ini menjabat sebagai Utusan Khusus RI untuk Jepang, yaitu Rachmat Gobel berpendapat bahwa sebenarnya tidak hanya kerjasama bisnis di sektor otomotif dan elektronik saja. Namun sudah saatnya Indonesia membuka kesempatan baru  di sektor lain yang akan didorong untuk bisa melakukan kerja sama dengan Jepang. Menurutnya,  Indonesia diharapkan untuk bisa bekerja sama di sektor agribisnis dan kelautan untuk meningkatkan perekonomian RI.

Setelah sukses menjalin kerjasama dengan Jepang di sektor Otomotif dan Elektronik. Tidak ada salahnya untuk Indonesia membuka lembaran baru untuk memulai kerjasama Jepang disektor lainnya seperti agribisnis dan kelautan yang menyangkut banyak masyarakat dan diharapkan juga mampu meningkatkan penghasilan masyarakat kelas menengah kebawah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here