Beranda Pendidikan Rahasia Kepintaran Anak di Jepang

Rahasia Kepintaran Anak di Jepang

809
0

Negara Jepang terkenal dengan ciri khas orangnya yang cerdas dan pintar yang mampu menciptakan banyak teknologi canggih.

Fakta ini juga dibuktikan dengan fasilitas penunjang pendidikan di Jepang yang ditunjang penuh dan memiliki guru yang berkompeten. Tidak hanya fasilitas yang menunjang saja, orang – orang Jepang juga gemar melatih otak untuk meningkatkan IQ.

Jika melihat lebih dalam, orang Jepang memiliki prinsip yang sudah sejak dulu mereka terapkan yaitu hidup harmonis. Maksud dari prinsip ini adalah mereka lebih mementingkan kelompok dibandingkan kepentingan individunya. Meski orang Jepang pandai, namun mereka tidak egois.

Kepintaran anak–anak di Jepang juga tidak terlepas dari peran orang tua dalam mendidik. Ibu memiliki peran dan tanggung jawab penuh untuk mendidik dan mengasuh anak – anaknya. Nilai ini sudah ditanamkan sejak dini. Ini yang kemudian membuat wanita Jepang bukan tipe wanita karir ketika mereka sudah berkeluarga.

Di Jepang sudah sejak dulu memiliki budaya dan prinsip menjaga keharmonisan kelompok juga diterapkan oleh para ibu di Jepang untuk mendidik anak – anaknya.

Mereka akan menerapkan hal tersebut untuk mendidik anaknya agar memiliki sikap empati yang tinggi yang akan membentuk kepribadian yang mandiri, memiliki tanggung jawab diri sendiri dan menyelesaikan tugasnya sendiri. Hal tersebut diajarkan karena prinsip  tidak merepotkan orang lain.

Kebanyakan orang tua di Jepang juga memiliki standar disiplin yang cukup tinggi mengenai tindakan ekspresif anak–anaknya di depan umum. Para orangtua akan mendidik anak- anaknya untuk tidak mengganggu kenyamanan orang lain.

Karena itu, meski orang Jepang terkenal dengan kepintarannya, namun mereka tetap memiliki sifat empati yang tinggi terhadap orang lain dan bisa dibilang mereka tidak ingin mengecewakan orang lain.

Hal inilah yang membuat kebanyakan orang – orang Jepang yang patuh, tertib, disiplin dan sopan.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here