Beranda Trend Bisnis Pentingnya Investor Industri Manufaktur Mobil Jepang di Indonesia

Pentingnya Investor Industri Manufaktur Mobil Jepang di Indonesia

803
0

Indonesia memiliki industri manufaktor mobil terbesar kedua di Asia Tenggara dan di wilayah ASEAN. Pertumbuhan industri mobil yang meningkat pada beberapa tahun terakhir. Untuk saat ini industri manufaktur dalam negeri sangatlah bergantung pada inevastasi asing, terutama dari Jepang.

Untuk nilai pasar, Indonesia merupakan pasar mobil terbesar di Asia Tenggara dan wilayah ASEAN. Hal ini dikarenakan biaya tenaga kerja Indonesia yang murah dan semakin meningkatnya kelas menengah membuat para investor mobil global seperti Toyota dan Nissan memilih berinvestasi secara besar – besaran mengekspansi kapasitas produknya di Indonesia.

Banyaknya investor Jepang yang berinvestasi di Indonesia membuat Indonesia bisa dibilang sebagai halaman belakang produsen mobil dari Jepang. Perusahaan manufaktur mobil yang dominan di Indonesia, ini menjadi tantangan terbesar untuk brand dari Barat bersaing dengan Jepang di Indonesia. Pemimpin pasar industri mobil di Indonesia masih di pimpin oleh Toyota (Avanza) yang didistribusikan oleh Astra Internasional yang diikuti oleh Daihatsu dan Honda.

Pemerintah Indonesia sendiri memiliki Visi mengenai industri otomotif yaitu untuk bertekad mengubah Indonesia menjadi pusat produksi global manufaktur mobil dan membuat banyak produsen mobil besar untuk mendirikan pabrik – pabriknya di Indonesia. Untuk jangka panjangya, pemerintah juga ingin mengubah Indonesia menjadi negara pemanufaktur mobil yang independen yang mampu memproduksi unit mobil seluruh komponennya dimanufaktur di Indonesia.

Untuk dapat mewujudkan visi pemerintah tersebut, peran para investor Jepang sangatlah penting. Mengingat Jepang menjadi pemimpin investor industri manufaktur mobil terbesar di Indonesia. Pentingnya untuk bisa menjalin kerjasama baik dengan investor Jepang dalam jangka panjang dan mempermudah para investor Jepang untuk melakukan investasi di Indonesia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here