Beranda Trend Bisnis Mendorong Business Matching UKM Jepang Dengan Menyatukan Sistem Data Indonesia – Jepang

Mendorong Business Matching UKM Jepang Dengan Menyatukan Sistem Data Indonesia – Jepang

952
0
Business people shaking hands, finishing up a meeting

Indonesia merupakan negara berkembang yang menjadi negara tujuan investasi bagi negara – negara maju seperti Jepang. Banyak perusahaan Jepang yang berinvestasi di Indonesia untuk melakukan kerjasama bisnis terutama di bidang otomotif. Walaupun Jepang dan Indonesia sudah melakukan kerjasama bisnis yang cukup lama, namun ternyata masih ada beberapa masalah yang terjadi, sehingga membuat kegiatan bisnis antara UKM Jepang dan perusahaan di Indonesia belum mencapai target yang diharapkan.

Beberapa permasalahan yang masih terjadi diantaranya informasi yang belum memadai, pertemuan pihak Indonesia dan Jepang yang jarang, kesempatan berkomunikasi antara Jepang  dan Indonesia yang tidak banyak serta sistem supporting tenaga ahli yang masih kurang.

Untuk dapat menyelesaikan permasalahan yang terjadi dan untuk meningkatkan bisnis matching, Kadin dengan dukungan JETRO (Japan External Trade Organization), JICA (Japan Internasional Coorperation Agency), JJC (Jakarta Japan Club), SMRJ (Organization for Small & Medium Enterprises and Regional Innovation, JAPAN) yang pada tahun 2016 lalu sudah mendirikan Indonesia – Japan Bussiness Matching Support Desk (IJ-BMSD) untuk perusahan UKM Jepang dan Indonesia.

Hasil Support Desk ini memiliki tujuan yang positif untuk mensentralisasikan informasi mengenai UKM dari kedua negara yang bersangkutan dengan bantuan dari KADIN, BBKPM, Kementrian Perindustrian, Kementrian Perdagangan yang diharapkan adanya peningkatan keakuratan pertemuan bisnis yang aktif.

Untuk dapat mempermudah registrasi perusahaan Jepang dan Indonesia di kedua site yaitu TTPP yaitu site Temu Bisnis dari JETRO, dan J-GoodTech yang merupakan site Temu Bisnis dari SMRJ untuk merealisasikan pencarian mitra yang lebih mudah dan cepat dibandingkan sebelumnya. Pada 11 April 2017 berlangsung kegiatan sharing dari KADIN, JETRO, dan SMRJ di Metro Suites, PEC Kota Jababeka Cikarang.

Terselenggaranya acara tersebut tentunya bukan tanpa alasan. Kegiatan tersebut bertujuan untuk mendorong terlaksananya kegiatan Business Matching UKM Jepang dengan lebih baik.  Dengan adanya acara tersebut tentunya dapat membantu pengembangan bisnis kerjasama Jepang dengan Indonesia yang semakin mudah dan baik. Hal ini juga membuat para pengusaha Indonesia yang bekerjasama dengan Jepang dapat memaksimalkan penggunaan layanan dari  Indonesia-Japan Business Matching Support Desk yang dapat membantu terlaksananya kerjasama bisnis yang mudah dan cepat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here