Beranda Sports M Maahir Abdullah , Sendirian Menjelajah Nusantara

M Maahir Abdullah , Sendirian Menjelajah Nusantara

87
0
sumber : google.com

NIINDO.COM – Seorang Muhammad Maahir Abdullah menjelajahi Indonesia dengan sepeda selama 2,5 tahun. Sambil menjelajahi ia menebarkan virus membaca.

Sekitar 15 tahun yang lalu, Saat duduk di bangku kelas IV SD ,Muhammad Maahir Abdullah pernah bermimpi untuk menjelajahi Indonesia. Kini , mimpi itu sudah terwujud. Sebanyak 34 provinsi dan tujuh gunung tertinggi di Indonesia yang berhasil ia jelajahi .

Maahir segera melompat dari sepedanya dan langsung bersujud sesampainya ia di depan pintu gerbang kantor PMI Jakarta Selatan ,  Pada  selasa tanggal 10 November 2020 siang hari. Banyak ucapan yang di berikan ke Ia  dari mulut mereka.

Baca juga :  Penjelasan Dari BMKG Soal Fenomena Hujan Es Di Buleleng Bali

Tangis Maahir tidak dapat dibendung saat sang ibunya yang bernama Sumaryati menghampirinnya. Tangisan tersebut kemudian langsung dipeluk hangat oleh sang ibu. Dan suasana haru terjadi saat pertemuan keduanya untuk pertama kali sejak 2,5 tahun lalu.

Maahir memulai ekspedisi penjelajahan nusantara seorang diri pada 11 Maret 2018. Dan tidak tangung tangung lagi , Ia menggunakan sepeda untuk mewujudkan mimpinya tersebut. Dari sepeda yang ia tunggangi bukan lah sepeda keluaran terbaru. Melainkan sepeda MTB Federal Babcat keluaran lama pada tahun 1993.

sumber : google.com

“Sepeda ini saya pilih karena bahan rangkanya  dari besi. Rangkanya itu kuat, tidak mudah patah. Jadi sangat cocok untuk perjalanan jarak jauh,” Katanya saat ditemui.

Maahir merakit kembali sepedanya itu pada tahun 2016. Dan awalnya , Ia hanya membeli rangka sepeda federal tersebut. Dari rangka ini kemudian dipadukan dengan bagian bagian lain yang lebih modern . Proses perakitan memakan waktu yang cukup lumayan lama sekitar 1 tahun dan menghabiskan biaya Rp. 8 juta .

Selama uji, Saya selalu catat apa saja kekurangan dan kelebihan dalam bersepeda .ini  sebagai bekal ekspedisi

Maahir  ini sempat melakukan beberapa uji coba sebelum memulai ekspedisinya. Salah satunya dengan bersepeda . Dengan mengelilingi Jawa Barat  selama satu minggu. Dan ia juga bersepeda  Dari Jakarta-Yogyakarta dan juga mendaki 7 gunung selama 1,5 bulan.

“Selama uji coba, saya selalu catat apa saja kekurangan  dan kelebihan dalam bersepeda. Ini sebagian bekal ekspedisi ,” ujarnya.

Dan setelah memantapkan diri, Maahir memulai ekspedisinya itu. Dalam ekspedisinya itu , Ia telah menempuh jarak sepanjang 21.926 kilometer pada 34 provinsi. Sekedar catatan, Jarak dari Sabang-Merauke ini jika ditarik garis lurus diatas peta sekitar 5.240 kilometer. Dengan demikian , Dari jarak jelajah Maahir itu sekitar 4 kali dari jarak Subang-Merauke diatas.

Ia menjelajah dalam waktu 975 hari atau kurang lebih sekitar 2,5 tahun. Maahir mengaku hanya membawa uang  sekitar Rp.5 juta untuk bekal di perjalannya . Uang itu dari  tabungan hasil berjualan kaos. Beberapa bulan sebelumnya.

Sulitnya jika membayangkan Maahir bisa bertahan bertahun tahun dengan bekal seadanya itu. Dan kenyataanya memang seperti itu. Selama ini ,Maahir cukup terbantu dengan kebaikan warga di daerah yang ia singgahi.

Baca juga :  Pernikahan WNI Di Negeri Matahari Terbit

Tonton juga :

 

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here