Beranda » Promosikan SWF Indonesia, Menko Luhut & Menteri Erick Thohir Lobi Jepang

Promosikan SWF Indonesia, Menko Luhut & Menteri Erick Thohir Lobi Jepang

  • oleh andylala
luhut-dan-erick-thohir-temui-investor-raksasa-jepang-promosikan-swf

NIINDO.COM –  Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marinves) Luhut Binsar Pandjaitan dan Menteri BUMN Erick Thohir melakukan sejumlah pertemuan dengan pejabat Pemerintah dan Pengusaha Jepang di Tokyo untuk mempromosikan lembaga Sovereign Wealth Fund (SWF) Indonesia atau lebih dikenal dengan Nusantara Investment Authority (NIA).

Juru bicara Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi Jodi Mahardi di Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Tokyo Kamis (3/12) menjelaskan, CEO Mitsui Yatsunaga, menyambut baik lembaga SWF Indonesia untuk memudahkan kerjasama investasi di Indonesia.

“Mitsui ingin ekspansi pelabuhan di Indonesia. Sekarang kan mereka sedang melakukan di Tanjung Priuk. Mereka juga niat untuk di kesehatan”, ujar Jodi Mahardi.

Dalam pertemuan itu, Luhut Binsar Pandjaitan dan Erick Tohir juga bertemu dengan Anggota parlemen Liberal Democratic Party yang juga Mantan Menteri Ekonomi Perdagangan dan Industri Jepang Hiroshige Seko. Seko dalam pertemuan itu menyambut baik lembaga SWF Indonesia, serta mengapresiasi disahkan nya produk perundangan Omnibus Law untuk memudahkan iklim investasi di Indonesia. Hal senada terkait Omnibus Law juga disampaikan CEO Matsui, Yatsunaga yang meyakini bahwa Omnibus Law menjadi sebuah hal yang selama ini ditunggu para investor.

Baca juga :  Wisata Jepang Yang Terkenal Paling Menyeramkan

“Kita jelaskan soal aturan perburuhan, perijinan usaha dan kemudahan regulasi. Dari Mitsui bilang wah ini yg sudah ditunggu oleh investor. Mitsui juga bilang ini akan menarik banyak investasi di Indonesia. Pak Seko juga menyambut positif. Pak Seko datang selaku anggota LDP. Pak Seko janji akan beri dukungan di parlemen”, terang Jodi Mahardi.

Lebih lanjut Jodi Mahardi menambahkan, kunjungan ke Jepang ini adalah rangkaian kunjungan Menko Marinves Luhut Binsar Panjaitan mulai dari Amerika Serikat beberapa pekan lalu. Setelah dari Jepang, akan dilanjutkan ke Abu Dhabi (Uni Emirat Arab) dan Riyadh (Saudi Arabia).

Dalam pers rilis KBRI Tokyo kepada kompas.tv, Duta Besar Luar Biasa Berkuasa Penuh (LBBP) di Jepang Heri Akhmadi mengatakan, Indonesia bertekad untuk terus mempromosikan lembaga SWF Indonesia.

Heri Ahmadi menambahkan, Presiden Joko Widodo menugaskan Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi dan Menteri BUMN untuk melobi pemerintah dan kalangan pengusaha terkait di Tokyo pada 3-4 Desember 2020 untuk mendapatkan dukungan.

Menko Marinves dan Menteri BUMN dijadwalkan bertemu sejumlah pejabat Kementerian Ekonomi (METI) dan beberapa lembaga keuangan di Jepang, antara lain Japan Bank for International Cooperation (JBIC).

Sovereign Wealth Fund (SWF) Indonesia, adalah lembaga yang berfungsi mengelola investasi dan menunjang pembangunan ekonomi Indonesia. Pemerintah RI mengharapkan lembaga ini dapat mendorong perbaikan iklim investasi, pengembangan nilai aset negara dan menunjang pembangunan ekonomi, khususnya dalam mendukung realisasi proyek-proyek prioritas nasional. (Andylala)

Baca juga :  Resmi Bertugas, Dubes RI Untuk Jepang Heri Akhmadi Serahkan Salinan Surat Kepercayaan Kepada Wamenlu Jepang

Tonton juga :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.