Beranda Entertainment Keren, Ada Tokoh Siswi Berhijab Asal Indonesia dalam Serial Komik Jepang

Keren, Ada Tokoh Siswi Berhijab Asal Indonesia dalam Serial Komik Jepang

2619
0

Komik merupakan salah satu sarana hiburan yang memiliki banyak peminat, mulai dari kalangan muda hingga dewasa. Di Indonesia sendiri, komik Jepang masih sangat digemari oleh banyak pembaca.

Meski begitu, mayoritas dari komik – komik Jepang umumnya hanya menampilkan budaya dan kehidupan sehari – hari mereka saja. Namun, ada satu komik yang terbilang berbeda dari kebanyakan komik keluaran Jepang lainnya, dalam komik tersebut si pembuat menambahkan gambaran seorang karakter gadis berhijab asal Indonesia.

Tentunya tema seperti itu terbilang langka untuk diangkat dalam sebuah komik Jepang.

Komik karakter siswi berhijab ini dibagikan oleh akun bernama Taka atau @Iwanpalsu melalui twitter pribadinya pada Rabu (31/1/2018).

komik jepang dengan pemeran utama siswi muslimah indonesia

Komik dengan bergenre oneshot ini“Hari Itu Dunia Berakhir” merupakan judul bahasa Indonesia yang diartikan dari bahasa Jepang.

Komik itu ditampilkan pada majalah komik mingguan Kiss dan menampilkan salah satu karakter protagonis yakni seorang siswi berhijab dari indonesia.

Gambaran kisah komik ini menceritakan tentang kabar mengenai sebuah meteor raksasa yang akan jatuh ke bumi. Sebelum meteor itu membuat dunia berakhir, siswi berhijab itu sangat ingin menunaikan rukun islam yang kelima yakni naik haji.

“Manga ini berkisah tentang siswi indonesia yang memiliki mimpi naik haji, dibuat langsung oleh dua komikus handal Jepang yaitu Tsunami Umino (pembuat cerita) dan Shinji Ohara (pembuat gambar),” tulis Taka dalam akunnya.

 

Ketertarikan Mengenai Islam

Tokoh protagonis pada komik mengucapkan -Assalamu alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh- dalam balon dialog cerita.

Umino merupakan salah satu dari banyaknya pengarang komik yang terkenal Jepang, salah satu hasil karyanya yang sangat tersohor berjudul ”The Full Time Wife Escapist”. Karyanya ini sempat diadaptasi menjadi drama dan sempat populer di tahun 2016.

Tema – tema Islam dalam komiknya merupakan suatu tantangan tersendiri bagi Umino. Menurut keterangan Taka yang menerjemahkan langsung dari blog pribadi milik Umino, si pengarang tersebut sampai harus meminta bantuan kepada ahli Islam di Jepang.

Bukti keseriusannya ini dia lakukan, agar ia tidak keliru dalam menggambarkan tentang agama Islam. Oleh karena itu, ia sampai berulang kali menulis naskah komiknya bersama dengan para ahli agama Islam.

Meski tidak mudah, tapi Umino tetap telaten dalam melakukan hal itu karena menghargai agama Islam. Tema langka ini tentunya sangat menarik karena latar belakang Islam dan Indonesia jarang sekali diangkat di komik Jepang.

Apalagi beberapa tahun ini, Jepang semakin lebih terbuka dan dekat dengan masyarakat Indonesia. Sebagai negara dengan penduduk Islam terbesar di dunia, Indonesia sempat memberikan perhatian dan rasa ingin tahu tentang Islam oleh masyarakat Jepang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here