ホーム Budaya Keberagaman Budaya Indonesia dan Contohnya

Keberagaman Budaya Indonesia dan Contohnya

678
0
Keberagaman Budaya Indonesia dan Contohnya . sumber © olympics30.com

NIINDO.COM – Keberagaman budaya Indonesia dan contohnya. Keberagaman budaya adalah kekayaan bangsa Indonesia. Indonesia kaya akan keragaman budaya. Terdapat sekitar 13.667 pulau besar dan kecil, 400 suku bangsa, dan ratusan bahasa lokal.

Pada keragaman budaya bisa diamati dari bentuk-bentuk kebudayaan khasnya seperti adat istiadat, rumat adat, upacara adat, tarian daerah, dan alat musik daerah.

Baca juga : 3 Destinasi Wisata Indonesia yang Dikenal Horor Padahal Luar Biasa Indah

Berikut contoh keragaman budaya Indonesia:


1. Adat Istiadat

Adat istiadat adalah tata kelakuan yang kekal dan diwariskan turun-menurun dari generasi ke generasi secara kuat dan menyatu dengan pola perilaku masyarakat. Di beberapa wilayah yang masih tradisional, adat istiadat dipegang kuat oleh masyarakatnya.

Contoh adat istiadat yakni upacara ngaben di Bali.

2. Rumah Adat

Rumah adat adalah rumah tempat diselenggarakannya upacara adat istiadat. Bentuk rumah adat menunjukkan ciri khas kehidupan penduduk di daerah tersebut.

Contohnya rumah adat panggung di Kalimantan.

3. Tarian Daerah

Tarian daerat atau adat bermacam-macam. Satu daerah mempunyai macam-macam tarian adat misalnya tarian untuk menyambut tamu agung, menyambut panen, upacara kematian, upara keagamaan dan sebagainya.

Keberagaman Budaya Indonesia dan Contohnya. sumber ©  detik.com

4. Alat Musik Daerah

Alat musik setiap daerah memiliki ciri khas. Contohnya angklung dari Jawa Barat dan Gerdek dari Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, dan Kalimantan Timur.

Keragaman budaya Indonesia merupakan potensi bagi pengembangan budaya nasional yang memiliki keunikan sekaligus menyiratkan kekhasan masing-masing budaya di setiap daerah.

Akan tetapi di sini lain orang dihadapkan pada berbagai ancaman seperti pergolakan, pertentangan etnik, pluralisme budaya, atau dominasi budaya.

Keragaman budaya perlu disikapi oleh seluruh rakyat Indonesia agar tidak terjadi ketimpangan. Saling menghormati budaya yang berbeda di dalam masyarakat turut mempererat persatuan yang sudah terjalin sejak lama.

Generasi muda sebagai penerus bangsa harus mengetahui dan memahami keragaman budaya Indonesia sejak usia dini. Beragam cara dilakukan pemerintah untuk mendidik generasi muda supaya mencintai budaya bangsa seperti memasukkan kurikulum kebudayaan di dalam pelajaran di sekolah.

Baca juga : Mengenal Budaya Jepang Dari Bahasa Sampai Karakter Orang Jepang

Tonton juga :

返事を書く

あなたのコメントを入力してください。
ここにあなたの名前を入力してください