Beranda Pendidikan Jepang Menawarkan Program Beasiswa Ke Jepang Untuk Pelajar Indonesia

Jepang Menawarkan Program Beasiswa Ke Jepang Untuk Pelajar Indonesia

3403
1

Sebagai negara berkembang, Indonesia telah banyak melakukan kerjasama dengan negara – negara maju di dunia dan di berbagai bidang untuk menyokong kepentingan rakyat dan kebutuhan negara. Salah satu kerjasama internasional yang dilakukan Indonesia adalah di bidang pendidikan. Kerjasama pendidikan yang dilakukan Indonesia  adalah kerjasama dengan negara – negara Asia seperti Jepang. Negara Jepang menjadi salah satu negara yang memiliki  peran penting dalam meningkatkan kualitas SDM Indonesia. Hal ini terbukti dengan banyaknya mahasiswa yang menuntut ilmu di Jepang secara cuma – Cuma dari hasil kerjasama internasional antara Jepang-Indonesia. Hasil kerjasama internasional yang dilakukan Indonesia dengan Jepang adalah Pemerintah Jepang seringkali menyelenggarakan program beasiswa bagi pelajar dan mahasiswa Indonesia.

Kedutaan Besar Jepang di Indonesia baru – baru ini menawarkan program beasiswa pemerintah yang ditujukan pada siswa – siswi Indonesia lulusan SMA dan sederajat. Program beasiswa ini menawarkan para pelajar Indonesia untuk melanjutkan jenjang pendidikan ke Universitas/GAKUBU (S-1), College of Technology/KOSEN (D-3) atau Professional Training College/SENSHU (D-2) di Jepang untuk tahun tahun depan yaitu 2018 mendatang.

Menurut informasi dari pihak Kedutaan Jepang, para pelajar yang ingin mengikuti program beasiswa pemerintah tersebut hanya dapat mendaftar salah satu program saja. Sebelum masuk ke universitas, para pelajar dan mahasiswa penerima beasiswa akan belajar terlebih dahulu di preparatory school yang merupakan sekolah persiapan sebelum masuk universitas pada tahun pertama di Jepang. Terlebih dahulu mereka akan belajar mengenai negara dan bahasa Jepang, Matematika, Bahasa Inggris, Ilmu Pengetahuan Sosial untuk IPS, dan fisikia, biologi untuk IPA.

Untuk mereka yang lolos beasiswa ke Jepang, akan memperoleh fasilitas biaya kualiah yang ditanggung secara penuh, tunjangan hidup sekitra 117.000 yuan per bulan, bebas biaya pengurusan visa pelajar,  dan tiket pesawat pulang pergi Indonesia-Jepang.

Beberapa syarat yang harus  dipenuhi oleh pelamar diantaranya:

  • WNI
  • Lulusan SMA, SMK, sederajat
  • Lahir antara 2 April 1996-1 April 2001.
  • Nilai minimal rata – rata Ujian Nasional: 8,4 untuk program (S1), 8,0 untuk program (D3), dan 8,0 untuk program (D2).

 

Untuk informasi prosedur pendaftaran yang lebih jelas, bisa berkunjung ke website Kedutaan Besar Jepang:

LIHAT INFORMASI BEASISWA JEPANG di sini

http://www.id.emb-japan.go.jp/sch.html

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here