Beranda Kemitraan Indonesia-Jepang perkuat kerjasama TIK

Indonesia-Jepang perkuat kerjasama TIK

763
0
Indonesia - Jepang Kerjasama di Bidang TIK

Pemerintah Indonesia dan Jepang kembali memperkuat kerjasama.Kali ini Pemerintah Indonesia dan Jepang telah menyetujui Minutes of Meeting (MoM) sebagai langkah teknis implementasi kerjasama di bidang Penyiaran dan TIK.

Dalam pertemuan tersebut dibahas apa saja kerjasama yang sudah dilakukan dan apa yang akan dilakukan ke depan. Seperti yang dikutip pada Kominfo  Direktur Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika Ahmad M. Ramli  memaparkan bahawa Yang kita lakukan ke depan melakukan feasibility studies project. Feasibility studies akan diterapkan untuk kota-kota yang paling memerlukan terkait dengan penyiaran, one-seg TV, dan TIK secara lebih luas seperti monitoring untuk kebencanaan,” jelasnya dalam Acara The 5th Indonesia-Japan ICT Joint Working Group di Jakarta, Selasa (2/5).

Nantinya Indonesia-Jepang akan bekerja sama dalam penyiaran terkait dengan penyebaran-penyebaran penyiaran sampai ke daerah yang tidak terjangkau siaran. Menurut Dirjen PPI kerjasama Indonesia dan Jepang lebih berkaitan dengan infrastruktur karena banyak daerah yang tidak terjangkau siaran. “Yang dibangun adalah infrastrukturnya, itu yang mereka katakan sebagai one-seg TV,” katanya. Kalau infrastruktur sudah beres maka daerah-daerah remote area di Indonesia dapat terjangkau dengan siaran televisi.

Teknologi yang ditawarkan Jepang adalah bagaimana dengan one-seg TV itu bisa masuk ke daerah-daerah yang remote, jauh, dan tidak ada listrik.  Selama ini sudah dilakukan ujicoba dibangun di kawasan perbatasan Indonesia yang tidak terjangkau dengan sinyal penyiaran. “Sebetulnya mereka sudah uji coba seperti one seg tv di daerah-daerah remote, daerah-daerah pinggiran tidak terjangkau dengan signal. Selama ini mereka sudah lakukan kerjasamanya dan uji cobanya cukup baik. Berikutnya kita akan evaluasi uji coba itu apa bisa diterapkan di kita dengan skema-skema bantuan Jepang ke Indonesia. Kita sudah lakukan di Biak. Total yang sudah dibangun adalah sebanyak di delapan daerah,” paparnyaAhmad Ramli

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here