Beranda Kemitraan Harapan Presiden Jokowi Pada Budaya Kerja Jepang Untuk SDM Dalam Negeri

Harapan Presiden Jokowi Pada Budaya Kerja Jepang Untuk SDM Dalam Negeri

596
0

Pada acara peresmian pendirian pabrik  PT Mitsubishi Motor Krama Yudha Indonesia tepatnya di Kawasan Greenland Internasional Center Blok CH Nomor 01, kota Deltamas Pasaranji, Cikarang pusat, Bekasi pada 25 April 2017 lalu. Dalam Pidato Presiden Jokowi, menyampaikan harapannya agar investasi Jepang di indonesia hanya sekedar alih teknologi saja, namun juga pada etos kerja yang positif. Selain itu, harapan akan kebutuhan tenaga kerja di Indonesia juga semakin meningkat yang berimbas baik untuk menekan angka pengangguran.

Dalam pidatonya, Presiden Jokowi juga menambahkan untuk tidak mempersulit para investor. Mengingat kebutuhan investasi dalam negeri sangat penting bagi kemajuan industri dalam negeri yang dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi Indonesia. Seperti yang sudah kita ketahui bahwa tingkat pertumbuhan industri otomotif di Indonesia meningkat. Dari kebanyakan investor industri otomotif di Indonesia adalah Jepang.

Sebagai negara maju yang terkenal dengan etos kerjanya yang tinggi, membuat Jepang menjadi negara yang patut di contoh pada budaya kerja sumber daya di Jepang yang  terkenal dengan disiplinnya yang tinggi. Hal ini juga disampaikan oleh Presiden Jokowi,  agar tidak hanya alih teknologi saja yang dilakukan Jepang-Indonesia. Namun diharapkan budaya kerja disiplin dari Jepang di Indonesia juga semakin meningkat. Harapannya, sumber daya manusia di Indonesia juga dapat memiliki etos kerja masyarakat Jepang yang sangat berkomitmen dalam bekerja.

Semakin banyaknya kebutuhan akan tenaga kerja di Indonesia, tentunya hal ini berdampak baik pada tingkat perekonomian dalam negeri yang semakin meningkat. Mengingat banyaknya jumlah tenaga kerja yang dibutuhkan oleh industri otomotif dari Jepang yang cukup banyak, dapat menurunkan tingkat pengangguran di Indonesia. Hal baik yang perlu dicontoh dari budaya kerja Jepang oleh Indonesia adalah Jepang memiliki etos kerja yang tinggi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here