Beranda Pendidikan Gunakan yang mana: Ganbatte, Ganbare, Ganbaro, Ganbarimashou

Gunakan yang mana: Ganbatte, Ganbare, Ganbaro, Ganbarimashou

33405
0

Saat mempelajari suatu bahasa, kita harus sangat berhati-hati terhadap suatu kalimat yang terdengar mirip atau mungkin memang maknanya sama tetapi terkadang memiliki penempatan yang salah jika diucapkan pada suatu kondisi.  Nah, kali ini kita akan membahas bagaimana cara memberikan semangat atau memberikan motivasi dalam beberapa kondisi yang berbeda.

Dalam bahasa jepang, ada 3 kata yang dapat diucapkan untuk memberikan semangat. Sebagaimana pada berbagai kata lainnya, perbedaannya dalam pengucapan kata-kata ini yaitu terletak pada orang yang ingin kita berikan semangat. Keempat kata tersebut adalah ganbatte, ganbare, dan ganbarimashou.

  1. Ganbatte – 頑張って
    Kata ganbatte digunakan untuk memberikan semangat kepada lawan bicara dengan cara yang halus dan sopan. Biasanya, ganbatte diucapkan kepada orang yang kita hormati. Kata ini tentu merupakan kata yang paling umum digunakan karena kita dapat menggunakannya kepada orang mana pun, baik orang tua, guru, tetangga, orang asing, teman, dan juga anak-anak ataupun orang yang usianya lebih muda. Penggunaan kata ini menunjukkan bahwa kita menaruh rasa hormat pada lawan bicara kita. Misalnya kepada ayah yang hendak pergi bekerja kita dapat mengucapkan “otoosan, ganbatte ne (お父さん、頑張ってね)”
  2. Ganbare – 頑張れ
    Sama halnya dengan ganbatte, kata ganbare juga digunakan untuk memberikan semangat kepada lawan bicara. Perbedaannya terletak pada lawan bicaranya. Ganbare digunakan pada situasi informal dimana lawan bicara kita merupakan orang dengan tingkatan yang sama dengan kita, seperti kepada teman yang sangat akrab, kepada anak-anak atau orang yang lebih muda. Oleh karena itu, jika minna menggunakan kata ini kepada orang yang lebih tua, minna akan dicap sebagai orang yang tidak sopan. Harap diingat ya, minna.
  3. Ganbarimashou – がんばりましょう
    Masih tentang memberikan semangat, kata ganbarimashou sedikit berbeda dengan dua kata sebelumnya. Jika ganbatte dan ganbare digunakan untuk menyemangati orang lain, kata ganbarimashou diberikan untuk diri sendiri atau untuk sebuah kelompok dimana orang yang memberikan semangat termasuk dalam kelompok itu. Misalnya, saat mendekati ujian kita dapat menyemangati diri sendiri dengan mengucapkan ganbarimashou. Selain itu, seorang ketua osis (seito kaichou – 生徒会長) mengucapkan ganbarimashou untuk menyemangati semua anggota osis yang akan bekerja. Jadi kata ganbarimashou disini dapat berarti, “mari (kita) lakukan yang terbaik”. Kata ganbarimashou ini juga bisa diucapkan dengan kata ganbarou.

Sekian dulu pembahasan kali ini, semoga dapat membantu, ya minna. Mata ne.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here