ホーム Hukum Cara Meletakkan Sepeda Didalam Transportasi Umum Di Jepang

Cara Meletakkan Sepeda Didalam Transportasi Umum Di Jepang

1467
0

Trend terkini di Jepang terdapat  kenaikan jumlah sepeda setelah adanya pengaturan mengenai jalan khusus sepeda disana.Bahkan,sepeda merupakan alat transportasi yang sangat efektif bagi para pengunjung yang datang ke kota kecil di Jepang, karena minimalnya kendaraan umum yang melewati kawasan tersebut. Namun, ada beberapa peraturan yang harus di patuhi ketika membawa sepeda di dalam transportasi umum.


Aturan Sepeda

Jepang memiliki banyak aturan sepeda untuk memastikan keamanan bagi pengendara motor, mobil, dan pejalan kaki. Pengendara sepeda juga harus taat mematuhi rambu-rambu jalan, dan remnya berjalan dengan lancar. Pengendara juga perlu membawa surat-surat seperti asuransi dan registrasi. Serta menjalankan sepedanya tanpa mengebut.

Bagi turis tidak diizinkan untuk mendaftar registrasi untuk bersepeda. Namun, tetap bisa menyewa sepeda di tempat persewaan sepeda. Amannya para pengendara sepeda mengendarainya di daerah yang tidak terlalu ramai dari kendaraan bermotor lainnya.

Di dalam kereta api tidak diperbolehkan membawa sepeda secara utuh. Cara membawa dan meletakkannya dengan cara membongkar dan memasukkannya ke dalam tas sepeda yang disebut “tas rinko” atau “rinko-bukuro”.

Rinko

Rinko adalah proses pembongkaran sepeda dan mengemasnya ke dalam tas untuk dibawa ke dalam transportasi umum seperti kereta, bus atau pesawat terbang.Cara membongkarnya yaitu dengan melepas roda dan aksesoris sepeda.

Masukkan semua bagian yang telah terpisah ke dalam tas dengan rapi. Biasanya tas dilengkapi dengan bagian yang memudahkan untuk menggendongnya di punggung kita. Kemudian ketika di dalam kendaraan harus di letakkan di samping tiang di dekat tempat duduk / dinding kita.

Rinko untuk Pesawat

Setiap penernangan mempunyai aturan yang berbeda-beda dalam meletakkan sepeda. Biasanya, Anda harus check-in tas rinko Anda. Beberapa maskapai penerbangan akan mengenakan biaya kepada orang yang membawa sepeda, tapi ada juga yang memberikan ijin pada pembawa rinko.

Rinko untuk Kereta

Kereta adalah cara transportasi yang paling umum di Jepang, terutama di kota-kota seperti Tokyo dan Osaka. Namun, kereta di Jepang tidak memiliki mobil terpisah untuk kargo. Jadi anda bisa meletakkannya di dekat tempat duduk anda.

Rinko untuk Bus

Bus juga merupakan cara yang sangat umum untuk berkeliling di Jepang karena tarifnya murah. Jika bepergian jarak jauh, Anda harus bisa meletakkanya dalam  “Kosoku” yang memiliki ruang di bawahnya untuk bagasi sehingga tidak perlu lagi membawa tas rinko.

Bus kota biasanya untuk jarak pendek, yaitu bus “Noriai” atau “Rosen”, mengenakan biaya tambahan. Terkadang Anda bahkan harus membeli tempat duduk tambahan untuk tas rinko Anda karena bus tersebut tidak memiliki cukup ruang atau rak untuk menampung banyak bagasi.

Rinko untuk Kapal

Sangat mudah membawa sepeda disini, tanpa tas rinko, karena feri biasanya memiliki tempat untuk kargo. Bahkan jika beruntung banyak feri yang menyediakan bagasi secara gratis.

Demikianlah aturan bersepeda di Jepang. Selamat menikmati perjalanan!

返事を書く

あなたのコメントを入力してください。
ここにあなたの名前を入力してください