ホーム Hukum Apa itu KMILN?

Apa itu KMILN?

1520
0

Untuk mempermudah pendataan Warga Negara Indonesia di Luar Negeri Pemerintah Indonesia mengeluarkan peraturan baru terkait pembuatan sebuah Kartu Identitas bagi Masyarakat Indonesia Di Luar Negeri (MILN).Selain itu KMILN mempunyai fungsi sebagai alat pemetaan potensi MILN, dan alat pemetaan jejaring MILN.

Dasar Hukum yang dijadikan pedoman dalam pembuatan KMILN ini adalah Peraturan Presiden (PerPres) RI No 76 Tahun 2017 tentang Fasilitas Bagi Masyarakat Indonesia Di Luar Negeri dan Peraturan Mentri Luar Negeri (PerMenLu) tentang Penerbitan Dan Pencabutan Kartu Masyarakat Indonesia Di Luar Negeri.

Siapakah yang bisa membuat KMILN ini? Yang bisa membuat KMILN mengacu pada peraturan tersebut adalah WNI yang menetap di Luar Nege, Warga Negara Asing Eks WNI, Warga Negara Asing yang merupakan anak Eks WNI, Warga Negara Asing Yang orang tuanya WNI.

Setiap orang yang memiliki kartu ini akan mendapatkan fasilitas dari pemerintah Indonesia. Yang di kategorikan menjadi 2, bagi WNI dan WNA.

Setiap WNI berhak membuka rekening di bank umum, memiliki properti di Indonesia, dan mendirikan badan usahan Indonesia. Sedangkam fasilitas yang akan di dapatkan oleh WNA pemegang KMILN adalah sebagai pengganti sementara KTP agar WNA juga mendapatkan hak yang sama seperti WNI, seperti yang telah di sebutkan sebelumnya, juga sebagai izin kerja dan izin tinggal.

Dalam peraturan tersebut juga di jelaskan bahwa Pejabat Pemerintah RI yang bekerja di LN termasuk keluarganya tidak dapat mengajukan KMILN ini.

返事を書く

あなたのコメントを入力してください。
ここにあなたの名前を入力してください