Beranda Healty 80 Orang Cedera, Pembangkit Nuklir Fukushima Jepang Aman, Jalan Tol Joban Tohoku...

80 Orang Cedera, Pembangkit Nuklir Fukushima Jepang Aman, Jalan Tol Joban Tohoku Ditutup Satu Jalur

21
0
Gempa besar menghantam Jepang malam ini dengan pusat di pinggir pantai Fukushima Tohoku utara Jepang. (istimewa)

NIINDO.COM – Dampak dari gempa besar berkekuatan 7,3 magnitude Jepang, Sabtu (13/2/2021) jam 23.08 waktu Jepang mengakibatkan 80 orang cedera ringan.

Sementara itu jalan tol ditutup satu jalur di jalur Joban Tohoku dan pembangkit nuklir dilaporkan aman.

“Pengumpulan data sementara korban cedera 80 orang, pembangkit nuklir aman di Tohoku, dan jalanan tol Joban di Tohoku terpaksa ditutup satu jalur,” papar Sekretaris Kabinet, Katsunobu Kato dalam jumpa pers, Minggu (14/2/2021) pagi.

BACA JUGA : Gempa Besar Hantam Jepang Malam Tadi

Pihak badan meteorologi Jepang menaikkan angka kekuatan gempa menjadi magnitude 7,3 yang semula hanya 7,1.

“Gempa susulan akan muncul dan monitor masih terus dilakukan. Diharapkan orang yang berada di lokasi berbahaya segera mengungsi,” ungkap pejabat tinggi Badan Meteorologi Jepang, Minggu (14/2/2021).

Di Kota Soma longsoran dan pohon tumbang menutupi jalan tol Joban Tohoku, sehingga jalan tol tersebut ditutup satu jalur.

Semua mobil tertimbun longsoran tersebut dan telah dibantu pihak kepolisian setempat, dan para penumpang selamat.

Shinkansen Tohoku dan Yamagata telah pulih, bergerak kembali setelah sekitar 40 menit terhenti beroperasi akibat listrik padam dan gempa yang besar.



Guncangan gempa di Fukushima, Jepang, Sabtu (13/2/2021) malam terasa sampai di Kota Tokyo. Perabot di ruangan terguling akibat kerasnya guncangan. foto:Richard Susilo

Gempa besar kali ini adalah yang kedua kali setelah 11 Maret 2011 lampau. Daerah yang paling parah terpukul gempa di Kota Soma dan sekitarnya serupa dengan gempa 10 tahun lalu.

Perpustakaan buku berantakan, konbini yang menjual makanan berjatuhan ke lantai.

BACA JUGA : Dahsyatnya Gempa Besar yang Hantam Fukushima Jepang Malam Tadi

Demikian pula barang di dalam rumah-rumah berjatuhan ke lantai serta dinding bangunan banyak yang retak.Gempa di kedalaman 60 km di bawah laut, yang letaknya sekitar 40 km dari pembangkit nuklir Fukushima.

“Tidak ada kekhawatiran tentang tsunami akibat gempa yang terjadi kemarin. Selain itu, belum ada laporan kelainan terkait tenaga nuklir, dan semuanya normal. Korban cedera telah dikonfirmasi,” ungkap PM Jepang Yoshihide Suga.

PM Suga akan mengadakan pertemuan menteri terkait mulai pukul 09.00 waktu Jepang hari ini.

“Kami mengimbau warga di daerah yang guncangannya kuat, tolong jangan keluar dan bersiaplah untuk gempa susulan,” pesan Suga.

Menurut Departemen Pemadam Kebakaran setempat, gempa tersebut melukai sedikitnya 80 orang di Prefektur Miyagi dan Fukushima.

Di Kota Koriyama, seorang wanita berusia 60-an jatuh dari tangga rumahnya dan menderita cedera serius, patah tulang pada pangkal kakinya.

Di Kota Shirakawa, seorang wanita berusia 80 tahun terluka akibat laci yang terjatuh, dan seorang wanita berusia 59 tahun terluka oleh bola lampu yang jatuh mengenai kepalanya.



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here