Beranda Entertainment 5 Pelajaran Kehidupan yang menyentuh hati dari Doraemon bagian ke-2

5 Pelajaran Kehidupan yang menyentuh hati dari Doraemon bagian ke-2

2821
0

Masih melanjutkan dari Tulisan bagian pertama , tentang pelajaran kehidupan menyentuh hati dari film Doraemon

1Janganlah berteman mengandalkan harta , namun ketulusan hati

Dalam suatu Episode , Suneo dikisahkan ingin mengalami bagaimana rasanya jadi miskin. Tentu kita semua tahu dalam film Doraemon , Suneo adalah anak yang paling kaya dibanding teman – teman lainnya. Suatu hari , Suneo meminta agar Doraemon dapat membuatnya merasakan menjadi miskin ( udah bosan kaya ). Seperti biasa alat Doraemon mampu merubah kenyataan menjadi yang diinginkan Sunoe, usaha ayahnya tiba – tiba bangkrut, rumah, mobil dan semua harta harus dijual atau disita Bank, hingga keluarga Suneo langsung jatuh miskin dan terpaksa tinggal disebuah gua di hutan. Namun dasarnya keluarga Suneo ulet mereka mampu mencukupi semua kebutuhan keluarganya meski harus memulai dari nol, hingga tibalah saatnya teman – teman suneo termasuk nobita, shizuka dan Giant beserta doraemon mengunjungi Suneo untuk menawarkan bantuan.

Ternyata Suneo malah memamerkan segala fasilitas yang telah ia bangun bersama keluarganya di hutan, tak pelak teman – teman Suneo pun marah sebab ternyata karakter Suneo yang suka pamer harta tidak berubah sama sekali, hingga diujung kisah Suneo akhirnya Sadar bahwa bukanlah harta dan fasilitas yang menjadi andalan kita dalam berteman melainkan ketulusan hati.

2Bila sudah tahu kemampuanmu sangatlah jelek dalam suatu bidang, janganlah memaksakan diri

Bidang seni tentu bukanlah bidang yang bisa dikuasai oleh semua orang, termasuk seni tarik suara. Giant adalah salah satu orang yang tak mengerti hal ini, terbukti giant selalu ngotot bercita – cita jadi seorang penyanyi. Akibatnya teman – temannya diajak , bahkan dipaksa dan diancam untuk menonton “konser” musik Giant setiap moodnya untuk menyanyi keluar. Akhirnya teman – teman giant terpaksa mendengarkan suara keras namun fals milik Giant selama beberapa jam yang berujung mereka menjadi Pusing, bahkan hingga muntah – muntah.

Dalam beberapa hal kita memang mesti sadar diri , jangan memaksakan menggeluti suatu bidang apabila sudah terbukti kita sangat jelek dalam melakukan hal tersebut, sebab tidak semua bidang bisa dikuasai meski kita sudah berlatih, melainkan membutuhkan bakat bawan dari lahir. Lebih baik kita mempelajari dan berlatih bidang lainnya seperti bidang akademis maupun bidang bisnis.

3Sejelek apapun keadaanmu sekarang, berusahalah dengan tekun sepenuh hati, kemungkinan besar engkau akan berhasil

Dalam Film Doraemon, sudah beberapa kali ditampilkan bahwa di masa depan Nobita berhasil mencapai salah satu impiannya yaitu mempersunting shizuka sebagai istri. Nobita juga pernah digambarkan menjadi seorang ilmuan ternama yang menciptakan Robot canggih pertama di masa depan dan membawa peradaban manusia memasuki era baru : era robotik.

Bila melihat keseharian Nobita ketika kecil yang malas, dianggap tidak pintar oleh guru, orang tua serta teman – temannya dan juga ceroboh, tentu kita beranggapan bahwa orang seperti Nobita pasti akan jadi pengangguran di masa depan. Namun ternyata dalam sebuah kisah ( ada beberapa versi sebenarnya ) diceritakan bahwa ketika doraemon sudah tidak bisa lagi mendampingi Nobita ( ada 2 versi: akibat rusak atau harus kembali ke masa depan ) ternyata Nobita berubah menjadi anak yang tekun belajar dan pintar demi memenuhi janji – janjinya kepada sahabat karib yang telah meninggalkannya : Doraemon. Banyak yang menyimpulkan bahwa Nobita menjadi tekun belajar sebab ingin mencipatakan robot serupa doraemon agar bisa bertemu kembali dengan kawan karibnya tersebut.

dibalik kisah yang mengharukan tentang persahabatan diatas tersirat sebuah pelajaran yang sangat berharga : seperti apapun keadaanmu sekarang , sejelek apapun nasibmu, teruslah berusaha memenuhi cita – cita dan impian terdalammu. Sebab Tuhan tentu akan memberikan imbalan atas kerja kerasmu sekarang , minimal dirimu akan puas sebab telah berusaha sepenuh hati dalam mencapai impianmu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here