Beranda Pendidikan 5 Fakta Unik Sistem Pendidikan di Jepang Yang Terkenal Ketat

5 Fakta Unik Sistem Pendidikan di Jepang Yang Terkenal Ketat

1987
0

Kesuksesan orang Jepang tentunya ditentukan dari kualitas sumber daya manusia di negara tersebut yang sangat dipengaruhi oleh kualitas sistem pendidikannya.

Jepang memiliki kualitas pendidikan yang sudah tidak perlu diragukan lagi. Jepang memiliki karakter yang sangat disiplin, pekerja keras dan mandiri yang sudah terbentuk dari sistem pendidikan sejak dini. Sistem pendidikan Jepang yang terkenal ketat ternyata memiliki fakta – fakta unik yang dapat menginspirasi untuk  Indonesia.

3 tahun pertama sekolah tidak diadakan ujian

Kebijakan sistem pendidikan di Jepang ini bertujuan untuk mengajarkan pemahaman, baik pada siswa kelas rendah dibandingkan hanya fokus untuk mengetahui kemampuan akademiknya. Cara ini dilakukan untuk membentuk karakter siswa – siswi di Jepang yang patuh, tertib, disiplin dan hormat terhadap orang lain.

Siswa dituntut untuk membersihkan lingkungan sekolah

Pendidikan di Jepang mengharuskan muridnya untuk menjaga lingkungan sekolahnya secara mandiri dengan membersihkan ruangan kelas dan toilet oleh siswa.

Hal ini bertujuan agar para siswa untuk bisa belajar bekerja sama, memiliki rasa tanggung jawab dan menciptakan rasa memiliki terhadap fasilitas sekolah. Jadi setiap harinya sudah ada jadwal piket siswa untuk membersihkan lingkungan sekolahnya secara bergilir.

Jam makan yang teratur dan sama

Untuk semua siswa di Jepang diharuskan untuk memakan menu sehat yang sudah disediakan di sekolah. Pendidikan di Jepang juga mengutamakan agar siswanya mengkonsumsi makanan sehat dan porsi makan yang sama. Di setiap sekolah sudah tersedia koki dan ahli gizi profesional khusus untuk menyediakan makanan bagi siswa di Jepang.

Seni menjadi mata pelajaran utama

Walaupun Jepang populer sebagai negara maju, namun mereka tidak meninggalkan budaya tradisional mereka dulu dan setiap siswa diajarkan untuk menghargai setiap budaya tradisional yang ada di Jepang.

Baju, sepatu, dan tas harus sama

Mayoritas sekolah di Jepang mewajibkan muridnya menggunakan seragam. Jika di Indonesia, seragam sekolah hanya digunakan pada baju dan bawahan (rok atau celana) saja. Namun di Jepang yang harus seragam adalah baju, bawahan, sepatu, dan tas juga harus seragam.

Kebijakan ini dilakukan, agar para siswa merasa menjadi bagian satu sama lainnya. Hal baik dari kebijakan ini adalah membuat siswa untuk bisa fokus belajar saja.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here