ホーム Business Brand Fashion Lokal Kebanggan Indonesia Binaan Kementerian Perindustrian

Brand Fashion Lokal Kebanggan Indonesia Binaan Kementerian Perindustrian

89
0
Brand Fashion Lokal Kebanggan Indonesia Binaan Kementerian Perindustrian. sumber ©bp-guide.id

NIINDO.COM – Brand fashion lokal kebanggan Indonesia. Produk lokal ternyata punya kualitas yang nggak kalah dengan buatan luar negeri. Demi mendorong eksistensi mereka di tengah hantaman masa pandemi.

Bali Creative Industry Center (BCIC) Direktorat Jenderal Industri Kecil, Menengah dan Aneka Kementerian Perindustrian secara aktif memberikan dukungan penuh kepada para pelaku industri kecil dan menengah (IKM) kreatif untuk meningkatkan kemampuan bisnis mereka.

Ditengah pandemi Covid-19 ini, pelaku IKM kreatif tentu saja mengalami banyak tantangan dan harus melakukan berbagai penyesuaian terhadap perubahan yang terjadi. Dampak dari adanya Covid-19 terhadap pelaku IKM menyebabkan adanya penurunan omset/penjualan, penurunan kapasitas produksi.

Maupun penyesuaian yang dilakukan di  lingkungan kerja. Namun demikian, banyak juga yang mampu bertahan dan tetap eksis di Tanah Air, beberapa brand Fesyen Perempuan yang mampu bertahan dan bisa menjadi pilihan sehari-hari diantaranya:

AUM Healthy Apparel

5-brand-fashion-lokal-kebanggan-indonesia-binaan-kementerian
Brand Fashion Lokal Kebanggan Indonesia Binaan Kementerian Perindustrian. sumber © aumapparel.id

Wabah Covid-19 mengharuskan untuk semua orang membatasi kegiatan di luar rumah. Salah satu hal yang dapat dilaukan saat dirumah saja yaitu dengan melakukan yoga.

Baca juga : Dubes RI Untuk Jepang Heri Akhmadi Menyerahkan Surat Kepercayaan Kepada Kaisar Naruhito

Ni Made Dwi Agam Armini, Dwi sapaan akrabnya merupakan founder dari AUM Healty Apparel yang memproduksi activewear dengan kualitas produk terbaik yang siap bersaing dengan brand luar negeri. Penjualan produk AUM Apparel sudah menyeluruh ke daerah di Indonesia  bahkan  mencapai pasar luar negeri mulai dari Singapore, USA, Switserland, Spanyol.

Pengerjaan produk ini di lakukan oleh pengrajin lokal dengan desain otentik dan unik membuat pemakainya bebas berekspresi menjadi dirinya sendiri, BE YOUR SELF. Melalui program Inkubator Bisnis Kreatif, Aum Aparel mendapatkan bimbingan dalam melakukan optimasi marketing, sehingga meskipun pandemi AUM Aparel masih mampu meningkatkan omset penjualan mereka.

Cloth-Inc

5-brand-fashion-lokal-kebanggan-indonesia-binaan-kementerian
Brand Fashion Lokal Kebanggan Indonesia Binaan Kementerian Perindustrian. sumber © cloth-inc.com

Cloth-Inc merupakan produk busana wanita ready to wear yang dimiliki oleh Julian Tanoto. Berdiri pada Januari 2012 dimulai dari modal awal sebesar 40 juta. Cloth Inc, bukan sekedar online shop biasa yang melakukan reseller.

Tetapi fashion brand asli lokal yang mengerjakan semuanya secara mandiri, mulai dari proses design, mencari material, proses produksi, hingga penjualan dan distribusi. Produk yang ditawarkan pun selalu up-to-date mengikuti trend, karena Cloth Inc ingin memberikan yang terbaik bagi konsumennya.

Pemasaran brand Cloth Inc menggunakan pemasaran online dan offline, pemasaran online menggunakan social media, website dan beberapa e-commerce lain seperti Zalora, Tokopedia, Bobobobo dan Shopee. Untuk penjualan pada website sendiri tercatat sebanyak 4.000 pengguna aktif dari 11.000 pengguna yang terdaftar.

Cloth inc merupakan brand lulusan terbaik dari program CBI BCIC tahun 2018 yang diselenggarakan oleh Kementrian Perindustrian Indonesia.

Bigissimo

5-brand-fashion-lokal-kebanggan-indonesia-binaan-kementerian
Brand Fashion Lokal Kebanggan Indonesia Binaan Kementerian Perindustrian. sumber © bukalapak.com

Wanita plussize selalu menjadi objek diskriminasi fashion. Mereka diintimidasi dan diperlakukan secara berbeda karena penampilan yang membuat kurang percaya diri. Sedangkan industri fashion kebanyakan hanya mementingkan  pakaian untuk wanita ukuran normal.

Lahir di tahun 2016, Bigissimo yang di ciptakan oleh Dany Aprilla yang  terfokus pada masalah wanita dengan ukuran badan plussize menghasilkan pakaian chic dan nyaman, sehingga mereka bisa mengekspresikan diri melalui mode. Dalam 3 tahun, Bigissimo telah mendapat 10.000 pelanggan setia di Indonesia dan Asia Tenggara.

Bigissimo merupakan tenant salah satu program Creative Business Incubator Bali Creatove Industry Center (BCIC) tahun 2019 yang diselenggarakan oleh Kementrian Perindustrian. Dengan mengikuti program tersebut, Bigissimo semakin mantap dalam mengatur operasional perusahaan dan melakukan proyeksi keuangan secara mlebih terarah.

Dimasa pandemi Covid-19, penjualan Bigissimo masih mengalami pertumbuhan meskipun turun. Hal ini dikarenakan Bigissimo fokus pada analisis data pasar / pelanggan.

Cotton Tree

Didirikan pada bulan Oktober 2015 oleh Luvita Widjaja, Cotton Tree berdedikasi untuk menciptakan modefashion yang nyaman dikenakan.

Produksi produk Cotton Tree berada di Kota Pekalongan, Jawa Tengah. Hingga saat ini usaha Cotton Tree  dapat memberdayakan penjahit lokal di kota yang terkenal dengan cumi hitamnya tersebut. Untuk jalur distribusi, Cotton Tree sudah bekerja sama dengan 10 toko consignment di Jakarta dan Bali.

Cotton Tree merupakan tenant salah satu program CBI BCIC tahun 2019 yang diselenggarakan oleh Kementrian Perindustrian Indonesia..

Earth Major

Earth Major merupakan fashion brand ready to wear terbuat dari kain pilihan dengan bahan dasar yang tidak mengandung polyester. Brand berfokus untuk memberi identitas kepada orang-orang yang kreatif dan peduli akan lingkungan.

Desain produk Earth Major terinspirasi dari isu kemanusiaan, lingkungan dan tidak terlepas dari karya-karya seni. Desain Earth Major dapat dipakai oleh mayoritas wanita namun demikian, terdapat beberapa koleksi unisex.

Pada tahun 2020, Earth Major mengikuti program Inkubator Bisnis BCIC yang diselenggarakan oleh Kementrian Perindustrian Indonesia dan sekaligus menjadi finalis 52 besar kompetisi Indonesia Fashion and Craft Awards 2019.

KOMINELA

5-brand-fashion-lokal-kebanggan-indonesia-binaan-kementerian
Brand Fashion Lokal Kebanggan Indonesia Binaan Kementerian Perindustrian. sumber ©shopee

Kominela ialah fashion brand lokal asal bali yang memproduksi produk wanita. Didirikan oleh Komang Meilia In Diana Putri Pratiwi sejak tahun 2016, Kominela memegang konsep modern feminine dan classy.

Baca juga :   Fashion Jepang Dan Korea Punya Perbedaan ,Lebih Suka Yang Mana?

Tonton juga :

 

返事を書く

あなたのコメントを入力してください。
ここにあなたの名前を入力してください