Beranda Travel Keindahan Alam di Bawah Laut Jawa Tengah

Keindahan Alam di Bawah Laut Jawa Tengah

95
0
sumber : google.com

NIINDO.COM –  Karimunjawa merupakan  kepulauan di Laut Jawa yang termasuk dalam Kabupaten Jepara, Jawa Tengah. Dengan luas daratan ±1.500 hektare dan perairan ±110.000 hektare. Dan Karimunjawa kini  juga dikembangkan menjadi pesona wisata Taman Laut yang mulai banyak digemari wisatawan lokal maupun mancanegara.

Alam yang masih terjaga dengan hamparan pasir putih, laut biru, serta gugusan karang yang begitu nampak di balik beningnya air. Nama Karimunjawa hingga tersematkan pada peta dunia.

Sejak tanggal 15 Maret 2001, Karimunjawa ditetapkan oleh pemerintah Jepara sebagai Taman Nasional. Karimunjawa adalah rumah bagi terumbu karang, hutan bakau, hutan pantai, serta hampir 400 spesies fauna laut, di antaranya 242 jenis ikan hias. Beberapa fauna langka yang berhabitat disini adalah Elang Laut Dada Putih, penyu sisik, dan penyu hijau.

Tumbuhan yang menjadi ciri khas Taman Nasional Karimunjawa yaitu dewadaru  yang terdapat pada hutan hujan dataran rendah.Ombak di Karimunjawa tergolong rendah dan jinak, dibatasi oleh pantai yang kebanyakan adalah pantai pasir putih halus.

Baca juga :  M Maahir Abdullah , Sendirian Menjelajah Nusantara

sumber : google.com

Karium jawa juga mempunyai sejarahnya yaitu: Pada abad ke-15, Sultan Raden Patah yang memiliki darah Tionghoa dari Ibunya ini,  dan meminta salah seorang Walisongo untuk memimpin jamaah haji ke Mekah dan Madinah.

Pada Akhirnya Sunan Kudus, yang termasuk dari  keturunan Sunan Ngudung (Raden Usman Haji) ini menerima amanah tersebut.

Selama Sunan yang memiliki darah Sultan dari Palestina ini pergi mendampingi jamaah haji, Pesantren Kudus ditipkan pada sang putra, Amir Hasan.

Ternyata sang putra telah lalai dalam melaksanakan tugasnya dengan baik dan benar. Kemudian Kelalaian Amir Hasan membuat dirinya menerima hukuman, diusir dari Pesantren kudus.
Putra pertama Sunan Kudus ini akhirnya menetap bersama Sunan Muria. Setelah mendalami ilmu agama, dia berlayar menuju pulau di utara Pulau Jawa.Sesampainya di sana, Amir Hasan disambut oleh para bajak laut yang akhirnya tunduk dan menjadi muridnya.

Tempat itu dijuluki sebagai Legon Bajak. Setelah Amir Hasan bertemu dengan sang paman, Datuk Dananjaya, dia meminta dua teman untuk berlayar kembali ke Muria menyampaikan kabar tentang dirinya.

Mendengar kabar tersebut, Sunan Muria antusias dan ingin melihat kepulauan yang dimaksud oleh kedua teman Amir Hasan.

Kariumjawa ini terLetak di  kepulauan yang jauh dari Jepara,dan hingga Sunan Muria memberinya nama ‘Karimunjawa’, yang berarti samar-samar terlihat dari Pulau Jawa.

Itulah asal-usul nama dari sebuah kepulauan yang indah di utara Pulau Jawa yang kita kenal selama ini.Kepulauan Karimunjawa secara administratif berada di Kabupaten Jepara, Jawa Tengah dengan 27 pulau dan 22 di antaranya tidak berpenghuni.

Para wisatawan bisa naik kapal dari Pelabuhan Tanjung Mas Semarang atau Pelabuhan Kartini Jepara untuk menuju pulau utama.Beberapa pulau tak berpenghuni menjadi lokasi yang tepat untuk penangkaran hiu, seperti Pulau Menjangan Kecil.

Pada setiap pulau, mata akan dimanjakan dengan pasir putih, alam yang senantiasa dijaga kebersihannya, serta laut biru lepas yang jernih.

Baca juga :  Pernikahan WNI Di Negeri Matahari Terbit

Tonton juga :

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here