Promosi Batik Indonesia Dengan Bersepeda di 17 Titik Daerah Di Jepang

0
218
views
sumber : Dokumentasi Pensosbud KBRI Tokyo

NIINDO.COM – Indonesia sangat kaya  dengan beragam kain batik, termasuk  motifnya. Setiap  daerah di Indoesia memiliki ciri khas  motif  batik. UNESCO, salah satu lembaga dari Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) bidang pendidikan, ilmu pengetahuan dan kebudayaan pada 2 Oktober 2009 telah mengakui batik Indonesia sebagai warisan budaya dunia yang berasal dari Indonesia.

Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Tokyo bekerja sama dengan Konsulat Jenderal RI di Osaka mempunyai cara unik untuk mempromosikan batik Indonesia di Jepang dengan memakai batik sambil bersepeda dalam acara Japan-Indonesia Friendship Day: Batik x Bike pada Sabtu (14/11) di Kasai Rinkai Park, Tokyo. Acara ini di gelar di 17 titik daerah di Jepang.

Kuasa Usaha Ad Interim KBRI Tokyo Tri Purnajaya mengatakan, Batik x bike dipilih sebagai tema Friendship Day 2020 selain untuk mempromosikan batik dan produk UMKM Indonesia juga dalam rangka memperingati Hari Batik Nasional 2 Oktober dan Pekan Kebudayaan Nasional yang tahun ini diperingati sepanjang bulan November 2020.

Baca juga :  Satu orang hilang akibat banjir di Desa Kertajaya Cilacap

“Promosi batik kali ini dipadukan dengan olahraga yang kian menjamur di Indonesia dan Jepang: bersepeda. Apalagi, saat ini sudah ada sepeda Indonesia yang masuk ke pasar Jepang, yakni Polygon dan Spedagi’, demikian disampaikan oleh Tri Purnajaya.

Batik x Bike ini lanjut Tri Purnajaya, sekaligus menandai dimulainya Sayembara Desain Batik Indonesia-Jepang yang akan berlangsung hingga 14 Februari 2021 mendatang.

sumber : Dokumentasi Pensosbud KBRI Tokyo

“Desain batik pemenang nantinya akan menjadi ikon diplomasi budaya Indonesia-Jepang selama tahun 2021”, terang Tri Purnajaya.

Kegiatan bersepeda menggunakan batik ini tambah Tri Purnajaya, merupakan kali pertama dilaksanakan di luar negeri.

“Menjadi unik, karena selain diikuti oleh sekurangnya 500 peserta juga dilaksanakan secara serentak di 17 titik yang ada di Jepang mulai dari Sapporo hingga Kitakyushu, melibatkan 8 kolaborator dan total jarak tempuh 45 km yang secara simbolis dapat dilambangkan 17-8-45”, lanjut Tri Purnajaya.

Selama kegiatan bersepeda para peserta dan tamu undangan yang berada di Kasai Rinkai juga dimanjakan dengan kehadiran Coffee Truck yang menyajikan aneka kopi Indonesia dan minuman tradisional jamu.

sumber : Dokumentasi Pensosbud KBRI Tokyo

Kegiatan ini menurut Tri Purnajaya, sekaligus memelihara momentum yang baik pasca kunjungan Perdana Menteri Yoshihide Suga ke Jakarta bulan Oktober lalu,

Bersepeda menggunakan Batik di seluruh Jepang ini juga didukung oleh Kantor Perwakilan Bank Indonesia, BNI, Pertamina, Garuda Tokyo  serta PPI se-Jepang.

Acara promosi budaya batik Indonesia ini diakhiri dengan penyerahan secara simbolis piagam Rekor MURI “Bersepeda Menggunakan Batik Terbanyak di Luar Negeri.

Baca juga : KBRI Tokyo & Sekolah Republik Indonesia Tokyo Gelar Lomba Cerdas Cermat Kebangsaan

Tonton juga :

Tokyo Medical Tour

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here