KBRI Tokyo & Sekolah Republik Indonesia Tokyo Gelar Lomba Cerdas Cermat Kebangsaan

0
263
views
sumber : Dokumentasi Pensosbud KBRI Tokyo

NIINDO.COM – Pembentukan karakter cinta tanah air dan semangat kebangsaan Indonesia menjadi sebuah kebutuhan bagi generasi muda khususnya untuk anak-anak Indonesia yang bersekolah di luar negeri.

Terkait hal itu Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Tokyo dan Sekolah Republik Indonesia Tokyo (SRIT) menyelenggarakan Olimpiade Akademi Kebangsaan Indonesia (AKI) Lomba Cerdas Cermat. Kegiatan ini sekaligus memperingati Hari Sumpah Pemuda dan Hari Pahlawan 2020, Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Tokyo Sabtu (14/11) menyelenggarakan  Olimpiade Akademi Kebangsaan Indonesia (AKI) Lomba Cerdas Cermat bertemakan kebangsaan diantaranya seputar dasar negara dan sejarah kemerdekaan Indonesia.

Kuasa Usaha Ad Interim KBRI Tokyo, Tri Purnajaya menjelaskan, penyelenggaraan acara cerdas cermat kebangsaan ini adalah salah satu upaya KBRI Tokyo di dalam menanamkan semangat cinta tanah air kepada para siswa siswi warga negara Indonesia (WNI) yang tinggal di Jepang.

Baca juga :  Mencicipi Kuliner Fusion Jepang “Kekinian” di Bandung

“Saya senang dengan antusias para siswa selama acara ini. Teruslah belajar soal kebangsaan. Hapalkan semua nama-nama Pahlawan Nasional. Karena bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa para pahlawan dalam usaha meraih kemerdekaan Indonesia”, ujar Tri Purnajaya.

Keberagaman Indonesia dan semangat toleransi lanjut Tri Purnajaya, adalah modal persatuan Indonesia.

“Para siswa siswi harus memahami, meski mayoritas Muslim di Indonesia, namun Indonesia mampu menjadi negara Demokrasi yang tidak semua negara bisa seperti Indonesia yang dapat merekatkan semua perbedaan menjadi satu kesatuan”, tegas Tri Purnajaya.

sumber : Dokumentasi Pensosbud KBRI Tokyo

Sementara itu Atase Pendidikan dan Kebudayaan (Atdikbud) KBRI Tokyo Yusli Wardiatno menjelaskan ide acara cerdas cermat ini adalah agar ada penguatan wawasan kebangsaan dari anak-anak WNI yang berada di Jepang.

“Ada kekuatiran saya selaku wakil Kemdikbud di Jepang terhadap anak-anak muda (WNI) yang masih bersekolah di level pendidikan dasar dan menengah di sekolah umum di Jepang,  akan minim pengerahuan dan wawasan kebangsaan.  Hal ini bisa berpotensi melunturkan rasa cinta  tanah air”, ujar Yusli Wardiatno.

Pemahaman terhadap sejarah, letak geografis Indonesia yang strategis, struktur pemerintahan dan lainnya tambah Yusli Wardiatno, sangat penting diketahui anak-anak generasi muda.

“Perlombaan ini hanya sebagai penyemangat agar mereka mau membaca dan memahami modul yang  disiapkan para guru Sekolah Republik indonesia Tokyo”, lanjut Yusli Wardiatno.

sumber : Dokumentasi Pensosbud KBRI Tokyo

Dalam kesempatan yang sama, Atase Pertahanan RI Tokyo Kolonel Penerbang (Pnb) E. Wisoko Aribowo menjelaskan, wawasan kebangsaan dan cinta tanah air  anak-anak Indonesia di Jepang perlu untuk lebih ditingkatkan.

“Saya senang dengan antusiasme yang sangat tinggi dari para peserta. Saya yakin acara Akademi Kebangsaan ini akan dapat menambah khazanah kebangsaan anak anak Indonesia serta memupuk rasa cinta tanah air”, tegas Wisoko Aribowo.

Sementara itu, Kepala Sekolah Republik Indonesia Tokyo (SRIT), Saidan menjelaskan, SRIT berupaya keras agar para siswa memiliki semangat cinta tanah air Indonesia meski bermukim di Jepang.

“Nilai-nilai solidaritas, kerukunan, pluralisme yang terkandung dalam Pancasila, Bhinneka Tunggal Ika dan UUD 1945 sebisa mungkin kami terus tanamkan dalam setiap pembelajaran kepada para siswa siswi”, terang Saidan.

Acara Olimpiade Akademi Kebangsaan Indonesia (AKI) Lomba Cerdas Cermat bertemakan kebangsaan ini diselenggarakan di Balai Indonesia Sekolah Republik Indonesia Tokyo. Acara ini diikuti oleh 60 siswa siswi SRIT, mulai dari jenjang Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama dan Sekolah Menengah Atas.

Baca juga :  Satu orang hilang akibat banjir di Desa Kertajaya Cilacap

Tonton juga :

Tokyo Medical Tour

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here