Sejarah “SEBENARNYA” Candi Prambanan!!!

0
258
views
sumber : google.com

NIINDO.COM – Candi Prambanan adalah  sebuah kompleks candi bercorak Hindu yang terletak di Sleman, Yogyakarta. Candi ini disebut juga dengan nama Candi Roro Jonggrang. Candi Prambanan ini menjadi kompleks candi Hindu terbesar di Indonesia.  candi ini  pertama kali dibangun pada abad ke-9 Masehi pada masa Kerajaan Mataram atau Medang.

Menurut prasati Siwagrha, nama asli candi ini adalah Candi Siwagrha, yang dalam bahasa Sansakerta berarti Rumah Siwa. Candi ini dibangun sebagai persembahan pada Trimurti, yaitu 3 dewa utama Hindu yaitu Brahma, Wishnu, dan Siwa. Namun memang dewa Siwa lebih diutamakan dalam candi ini.

Candi Prambanan ini  terletak di Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta dan Kecamatan Prambanan, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Candi ini terletak di antara 2 kecamtan dari 2 provinsi yang berbeda. Yaitu berada di perbatasan provinsi Jawa Tengah dan Yogyakarta.

Baca juga : Indonesia Siap Penuhi Kebutuhan Bioenergi Jepang

Candi Prambanan tersebut  termasuk Situs Warisan Dunia yang dilindungi oleh UNESCO. Candi ini  juga sebagai candi Hindu terbesar di Indonesia dan salah satu candi terindah di Asia Tenggara. Sebagai salah satu warisan budaya, dan tempat wisata yang  dapat dikunjungi oleh turis lokal dan turis asing tiap tahunnya.

sumber : google.com

Nah Sejarah candi Prambanan ini dimulai pada saat Nusantara masih pada era Kerajaan Hindu-Budha. Pembangunan candi ini diprakarsai oleh Rakai Pikatan. Ia berupaya untuk membangun candi bercorak Hindu yang megah untuk menandingi Candi Borobudur yang bercorak Budha yang sudah dibangun sebelumnya.

Pada Pembangunan candi Prambanan juga diduga bertujuan untuk menandai kembali berkuasanya keluarga Sanjaya di tanah Jawa. Memang terdapat persaingan antara wangsa Sanjaya yang penganut Hindu dan wangsa Sailenda yang penganut Budha terkait kekuasannya di tanah Jawa.

Pembangunan candi menjadi peralihan dari corak Budha menuju ke Hindu pada Kerajaan Mataram atau Medang. Candi Prambanan juga dibangun untuk memuliakan dewa Siwa. Nama asli bangunan ini dalam bahasa Sansakerta adalah candi Siwagrha atau candi Siwalaya.

Kemudian Bangunan candi pertama kali dibangun sekitar tahun 850 Masehi oleh Rakai Pikatan. Kemudian proses pembangunan dilanjutkan oleh raja-raja selanjutnya seperti Raja Lokapala dan Raja Balitung Mah Sambu.  Pada Proses pembangunan candi juga diiringi dengan perubahan tata air dan wilayah-wilayah di sekitar candi agar candi lebih terjaga.

Baca juga : Basket Paling Di Sukai Kok Bisa ???

Tonton juga :

 

Tokyo Medical Tour

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here