Ini Buah Jeruk Termahal di Jepang Seharga Ratusan Juta

0
261
views
sumber : google.com

NIINDO.COM –  Di Jepang memang  terkenal dengan lelang bahan makanan yang harganya di luar dugaan, sangat mahal.  Dan Terbaru, 100 buah jeruk mandarin terjual dengan harga satu juta yen atau Rp 137,6 juta.

Diberitakan oleh  CNN, Jumat (6/11/2020), adalah satu peti jeruk mandarin seberat 20 kilogram berisi 100 . Buah jeruk  ini dilelang di Pasar Ota grosir di pusat Tokyo.

Dan Itu adalah lelang pertama untuk jeruk mandarin satsuma di tahun ini. Spesies jeruk ini sangat terkenal dan berasal dari Prefektur Ehime, di Pulau Shikoku, Jepang selatan.

Seorang Nishiuwa adalah salah satu daerah penghasil mikan di Ehime. Spesies jeruk mandarin tanpa biji ini dikenal karena keseimbangan rasa yang kaya dan manis, kulit tipisnya mudah dikupas serta teksturnya yang meleleh di mulut.

Dari Jeruk Mandarin Nishiuwa dengan harga tertinggi berasal dari salah satu merek terkemuka di kawasan ini Hinomaru.

“Hinomaru mikan diproduksi di area terbatas di pantai Kota Yawatahama, Prefektur Ehime,” kata Shin Asai, dari departemen penjualan JA Nishiuwa.

 Baca juga :  Status Siaga, Wisata Taman Nasional Gunung Merapi Ditutup Sementara

“Ini adalah mikan yang tumbuh dengan bantuan tiga matahari, matahari yang sebenarnya, cahaya yang dipantulkan dari laut dan cahaya yang dipantulkan dari dinding batu di sawah bertingkatHanya sekitar 100 petani yang memproduksi mikan jenis khusus ini di daerah tersebut.

“Hinomaru Mikan tahun ini sangat berkualitas,” ujar Asai menambahkan.

Penawaran tinggi pada lelang hari Kamis itu dianggap sebagai sebuah perayaan untuk menandai awal musim mikan atau jeruk mandarin Jepang, menurut perwakilan dari asosiasi pertanian Nishiuwa.

“Karena dari  kualitas buah setiap tahun dievaluasi pada lelang pertama, hal itu akan sangat mempengaruhi penjualan selanjutnya. Lelang pertama sangat penting bagi industri buah,” kata Asai.

sumber : google.com

Dan juga pada Harga khas dari jenis jeruk mandarin kelas atas ini biasanya sekitar 7.800 yen atau Rp 1 juta untuk 10 kilogram.

“Tapi mengingat dampak negatif COVID-19 bagi perekonomian, kami kaget sekaligus senang bisa dilelang seharga satu juta yen,” kata Asai.Ini bukan pertama kalinya jeruk mandarin mendapatkan harga yang mengejutkan dalam sebuah lelang. Harga penawaran tertinggi tahun lalu juga berada di kisaran ratusan juta rupiah.

Identitas penawar tinggi jeruk mandarin itu masih belum diketahui untuk saat ini. Tapi Asai yakin itu akan terungkap dalam beberapa hari.

“Sebuah supermarket kelas atas membelinya tahun lalu dan menggunakannya untuk marketing penjualan di toko tersebut,” kata Asai.

Jepang telah dikenal sebagai penghasil buah manis dan mahal selama bertahun-tahun. Tahun lalu, 24 tandan anggur merah ruby dilelang seharga 1,2 juta yen atau Rp 165 juta.

“Buah-buahan diperlakukan secara berbeda dalam budaya Asia dan masyarakat Jepang khususnya,” Soyeon Shim, dekan Sekolah Ekologi Manusia di Universitas Wisconsin-Madison.

“Ini bukan hanya bagian penting dari makanan mereka, tetapi, mungkin yang lebih penting, buah dianggap sebagai barang mewah dan memainkan peran ritual yang penting dan rumit dalam praktik pemberian hadiah yang ekstensif di Jepang,” imbuh dia.

Jeruk mandarin merupakan  salah satu buah paling populer di Jepang. Menurut laporan pada tahun 2019 oleh Biro Statistik Jepang, jeruk mandarin adalah buah dengan hasil tertinggi di negara itu pada tahun 2016 dan 2017.

Ehime berada di urutan kedua setelah Prefektur Wakayama dalam hal total produksi jeruk mandarin. Secara keseluruhan mereka juga telah  memproduksi lebih dari 40 jenis buah jeruk, termasuk satsumas.

Baca juga :  Pengemudi Taksi di Jepang Berhak Tolak Penumpang Tanpa Masker

Tonton juga :

Tokyo Medical Tour

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here