Status Siaga, Wisata Taman Nasional Gunung Merapi Ditutup Sementara

0
285
views
sumber : google.com

NIINDO.COM – Di sekitar Gunung Merapi di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah adalah  destinasi wisata ini telah  dilakukan penutupan sementara.Penutupan tersebut dilakukan menyusul peningkatan status Gunung Merapi dari Waspada menjadi Siaga.

Pada Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi ( BPPTKG) menetapkan status siaga Gunung Merapi pada Kamis (5/11/2020) pukul. 12.00 WIB. Oleh  karena itu Destinasi wisata yang ditutup sementara  ialah  Taman Nasional Gunung Merapi di Kecamatan Kemalang, Kabupaten Klaten.

Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Jawa Tengah, Sinoeng Nugroho Rachmadi mengatakan, penutupan sementara akan dilakukan di sejumlah destinasi wisata yang aksesnya dekat dengan Gunung Merapi.

Baca juga :  Jepang Musnahkan Ratusan Ribu Ayam

“Kita merujuk surat dari Badan Vulkanologi untuk meningkatkan kewaspadaan tinggi terutama di tempat wisata di daerah Kabupaten Klaten, Kabupaten Magelang dan Kabupaten Boyolali,” jelasnya saat dihubungi, Jumat (6/11/2020).

Pada Saat ini destinasi wisata yang baru ditutup ialah  di Taman Nasional Gunung Merapi di Kecamatan Kemalang, Kabupaten Klaten.”Yang baru ditutup di Kabupaten Klaten yakni Taman Nasional Gunung Merapi di Kecamatan Kemalang pada Desa Balerante, Desa Sidorejo dan Desa Tegal Mulyo,” katanya.

sumber : google.com

Selain itu juga , destinasi wisata yang berada di Kabupaten Magelang dan Kabupaten Boyolali terutama yang dekat dengan kawasan Gunung Merapi juga diminta dilakukan penutupan guna menjaga keselamatan warga dan wisatawan.

“Merujuk pada rekomendasi Surat Pusat Vulkanologi Kementerian ESDM RI guna menjaga keselamatan warga dan wisatawan yang akan berkunjung, kami minta sebaiknya ditutup sementara sampai dengan Gunung Merapi dinyatakan aman,” ujarnya.Pihaknya sudah menyurati ketiga kabupaten yakni Kabupaten Klaten, Kabupaten Magelang dan Kabupaten Boyolali untuk melaporkan aktivitas wisata di sekitar Gunung Merapi.

“Kami hari ini sedang menyurati tiga kabupaten yang dimaksud untuk segera melaporkan aktivitas wisata di sekitar atau akses yang dekat dengan Gunung Merapi agar sementara ditutup sambil menunggu rekomendasi resmi,” pungkasnya.

Baca juga :  Pengemudi Taksi di Jepang Berhak Tolak Penumpang Tanpa Masker

Tonton juga :

Tokyo Medical Tour

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here