Awal Mula Masuknya Islam Pertama Kali Di Negara Jepang

0
69
views
Sumber : Google.com

NIINDO.COM – Islam merupakan agama minoritas dan baru yang ada di Negara Jepang. Di Jepang biasanya mereka menganut kepercayaan Shinto (dewa) yang merupakan kepercayaan nenek luhur mereka. Agama Shinto sendiri telah ada sejak ribuan tahun lalu dan semakin berkembang sejak Masa Restorasi Meiji hingga akhir perang dunia II.

Masuknya islam di Jepang juga tidak diketahui dengan pasti. Tetapi , Agama Islam diketahui pertama kali oleh penduduk Jepang pada tahun 1877 sebagai bagian dari pemikiran agama barat dan pada sekitar tahun itu, kehidupan Nabi Muhammad diterjemahkan ke dalam Bahasa Jepang. Ini membantu agama Islam menempatkan diri dalam pemikiran intelek orang Jepang, tetapi hanya sebagai satu pengetahuan dan pemikiran.

Hubungan lebih lanjut terjalin ketika Pemerintah Jepang menjalin aliansi perdagangan dengan Pemerintah Turki Ottoman. Ketika itu, Kesultanan Turki Ottoman mengirimkan utusan berupa armada angkatan lautnya ke Jepang pada 1890 untuk memperkenalkan Islam melalui hubungan diplomatik dengan Jepang. Namun sayangnya, Armada angkatan laut yang bernama Ertugrul ini kemudian terbalik dan kandas di tengah perjalanan pulangnya. Kapal ini mengangkut 600 penumpang dan hanya 69 orang yang selamat.

Baca Juga : Jepang Mulai Membuka Diri Untuk Dunia Baru Tetapi Tidak Untuk Liburan

Muslim pertama adalah seorang pengusaha Jepang yang bernama Torajiro Yamada. Dia  mengunjungi Turki untuk menyampaikan bela sungkawa atas musibah tenggelamnya kapal Angkatan Laut Ertugrul. Kemudian dirinya memutuskan untuk masuk Agama Islam dan mengubah namanya menjadi Abdul Khalil Yamada.

Tetapi dalam sejarah lain menyebutkan bahwa seorang muslim yang pertama kali adalah Mitsutaro Takaoka yang diketahui memeluk islam pada tahun 1909 . dirinya juga melakukan ibadah haji . setelah melakukan ibadah haji, dia mengganti namanya menjadi Omar Yamaoka.

Islam juga masuk atas  pelarian Muslim Turki, Uzbekistan, Tajikistan, Kirghizstan, Kazakhstan dan Tatar Turki yang lain dari Asia Tengah dan Rusia, pengaruh Revolusi Bolshevik semasa Perang Dunia I. Orang-orang Muslim tersebut diberikan perlindungan di Jepang dan menetap di beberapa pelabuhan utama di sekitar Jepang kemudian mereka mendirikan komunitas-komunitas Islam. Sejak saat itu, Segelintir orang Jepang perlahan memeluk Islam melalui hubungan mereka dengan orang-orang Muslim ini.

Setelah adanya komunitas tersebut, akhirnya para orang muslim muali mendirikan masjid-masjid di Jepang.  Masjid yang paling penting dan tertua di antaranya ialah Masjid Kobe yang diresmikan pada tahun 1935, dan Masjid Tokyo yang didirikan pada tahun 1938.

Sumber : Google.com

Baca Juga : Lima Makanan Jepang Yang Mirip Dengan Makanan Indonesia

Dalam periode perang dunia II, banyak yang telah dilakukan orang muslim untuk Jepang. Salh satunya mereka yang bekerja sebagai Tentara. Kejadian ini dinamakan dengan “Islamic Boom” atau “Fenomena Boomingnya Islam”.  fenomena Islamic Boom inu dijalankan oleh pemerintah militer dengan memunculkan kesadaran mengenai Islam. Informasi terkait Islam tersebut didapat melalui organisasi-organisasi Islam dan  dengan melalui  tahap riset terhadap Islam dan dunia Muslim itu sendiri. Inilah periode booming-nya agama Islam pertama kali di Jepang. tak kurang dari 100 buku dan jurnal tentang Islam diterbitkan pada saat itu. Namun,ketika perang dunia II selesai maka penyebaran Islam di negara ini juga ikut berhenti.

Baca Juga : Avigan, Obat Terbaru Dari Jepang Ampuh Sembuhkan Pasien Positif Covid-19

Islamic Boom kedua kembali terjadi pada 1973 dimana pada saat itu terjadinya oil shock atau meroketnya harga minyak dunia. Negara-negara Arab selaku penghasil minyak dunia telah menarik minat perekonomian Jepang. Di sinilah mulai lagi persentuhan antara peradaban Jepang dan Islam yang menjadi agama mayoritas di negara Arab.  Setelah publikasi media massa terkait dunia Muslim tersebut, dikabarkan  puluhan ribu masyarakat di Jepang memeluk ajaran Islam.

Nah itu tadi merupakan sedikit pembahasan mengenai masuknya islam di Negeri Matahari Terbit ini. Ternyata ada berbagai peristiwa yang menarik untuk dipelajari.

Tonton Juga :

 

Tokyo Medical Tour

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here