Lima Makanan Jepang Yang Mirip Dengan Makanan Indonesia

0
58
views
Sumber : Google.com

NIINDO.COM –  Indonesia dan Jepang adalah negara dengan budaya yang berbeda. Meski begitu, keduanya punya beberapa kesamaan dalam hal kuliner. Itu mungkin terjadi karena akulturasi budaya saat Jepang menjajah Indonesia. Seperti yang kita semua ketahui bahwa Jepang pernah menjajah Indonesia dalam waktu yang lama.

Kesamaan itu tidak hanya dari tampilannya saja , tetapi juga dari bahan dasar pembuatan. Namun, untuk rasanya ada beberapa makanan yang memang tidak sama. Nah ini dia 5 makanan Indonesia yang mirip dengan makanan Jepang

  1. Yakitori dan sate
Sumber : Google.com

Kedua makanan ini sama-saja disajikan dengan cara dibakar dan ditusuk. Kemudian bahan dasar yang digunakan juga sama yaitu berupa daging. Yakitori bias dimasak dengan cara dibakar di arang atau gas dan sate dimasak dengan cara di bakar menggunakan bara arang kayu.. Jika yakitori hanya menggunakan potongan ayam, sate bisa menggunakan daging apapun. Perbedaan yang sangat mencolok dari keduanya dalah jika yakitori dilumuri kecap asin dan bumbu khas, sedangkan sate dilumuri saus kacang. Dan juga yakitori ada yang dinikmati dengan menggunakan taburan garam saja.

Baca Juga : Avigan, Obat Terbaru Dari Jepang Ampuh Sembuhkan Pasien Positif Covid-19

  1. Dango dan klepon
Sumber : Google.com

Makanan dango ini memang sangat mirip dengan klepon. Kedua jajanan tersebut sama-sama terbuat dari bahan dasar tepung beras ketan. Dan juga, keduanya memiliki bentuk yang bulat.  Tetapi untuk isianya tentu berbeda. Dango biasanya diisi dengan kacang merah, sedangkan klepon biasanya diisi dengan gula merah dan ditaburi kelapa aau bias juga menjadi isian ronde.  Selain dari tepung beras, dango juga bisa dibuat dari tepung terigu atau tepung millet.

  1. Okonomiyaki dan martabak telur
Sumber : Google.com

Okonomiyaki adalah makanan Jepang dengan bahan tepung terigu yang diencerkan dengan air atau dashi, ditambah kol, telur ayam, makanan laut atau daging babi dan digoreng di atas penggorengan datar yang disebut teppan.

Berdasarkan cara pembuatan dan bahan yang digunakan, okonomiyaki dibagi menjadi dua jenis:

  1. Okonomiyaki ala Kansai

irisan kol dicampur dengan adonan seperti sewaktu membuat puyonghai

  1. Okonomiyaki ala Hiroshima(Hiroshimayaki)

irisan kol hanya diletakkan di atas adonan yang dilebarkan di atas penggoreng seperti sewaktu membuat panekuk.

Sedangkan martabak telur terbuat dari campuran telur, daging dan sayuran. Okonomiyaki disajikan dengan saus, sedangkan martabak telur disajikan dengan acar dan cuka.

Baca Juga : Debut Pertama Perdana Menteri Yoshihide Suga Dalam Majelis Umum PBB

  1. Gyoza dan pangsit
Sumber : Google.com

Gyoza Jepang biasanya menggunakan kulit pangsit tipis yang digoreng bagian bawahnya untuk membuatnya renyah dan gurih.

Pangsit adalah makanan berupa daging  cincang yang dibungkus lembaran tepung terigu. Setelah direbus sebentar, pangsit umumnya dihidangkan di dalam sup. Selain direbus, pangsit juga digoreng dengan minyak goreng yang banyak hingga seperti kerupuk.

Kedua makanan ini memiliki bentuk yang sama. Gyoza biasanya berbentuk seperti bulan sabit, sementara pangsit tidak memiliki entuk tetap. Keduanya sama-sama direbus, tapi ada juga yang menyajikan pangsit dengan cara digoreng.

Baca Juga : Tips & Trick Untuk Pelajar Asing Di Jepang

  1. Yakisoba dan mie goreng
Sumber : Google.com

Yakisoba dan mie goreng sama-sama diisi dengan kol, sayuran dan daging. Untuk bumbunya, yakisoba diracik dengan saus uster atau saus yakisoba dari Jepang. Untuk isiannya, yakisoba juga dilengkapi dengan katsuobushu, aonori, mayones hingga tenkatsu.

Mi goreng juga mirip dengan Yakisoba dari Jepang . Akan tetapi mie goreng sudah sedemikian rupa terintegrasi ke dalam kuliner indonesia.

Nah itu tadi merupakan makanan indonesia yang mirip sama makanan jepang, jadi bua kalian yang lagi ngiler atau lagi ngidam bias aja tuh makan yang versi lokalnya. Gaperlu jauh-jauh dan murah nih.

Tonton Juga :

 

Tokyo Medical Tour

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here