Tips & Trick Untuk Pelajar Asing Di Jepang

0
69
views
Sumber : Google.com

NIINDO.COM – Berkuliah di luar negeri tentunya menjadi idaman bagi banyak orang begitu juga dengan berkuliah di jepang. Tidak hanya belajar, tapi disana kita juga diharuskan untuk mengelola hdup kita sendiri terlebih disana kita tidak bersma dengan orang tua kita. Hidup di jepang juga tidak semurah ketika berada di Indonesia tentunya. Jepang adalah salah satu negara dengan biaya hidup tertinggi di dunia.

Untuk hidup di Jepang, tentu kita harus hemat dan cermat dalam pengelolaan keuangan.  terutama bagi mahasiswa asing yang hidup mengandalkan part time dan beasiswa yang jumlahnya terbatas.Tapi jangan khawatir, karena dengan mengikuti tips and trick berikut ini pastinya berkuliah dijepang akan terasa lebih mudah.

Baca JugaTiga Masjid Terkenal Yang Ada Di Jepang

  1. Memilih tempat tinggal
Sumber : Google.com

Bagi kamu yang mendapatkan fasilitas asrama dari kampus merupakan suatu keberuntungan tersendiri yang didapatkan seorang mahasiswa. Meskipun hanya bisa tinggal di sana selama satu tahun. Keuntungan tinggal di asrama, selain harga sewanya yang jauh lebih murah juga dekat dengan kampus, ada juga beberapa kampus yang menyediakan makan gratis. Jika tidak mendapat asrama kampus, bisa tinggal di asrama JASSO yang biaya sewanya relatif sama dengan apartemen yang murah, namun dengan kualitas bangunan yang bagus dengan kamar yang dilengkapi furniture. Pasalnya, biaya untuk menyewa rumah ataupun kontrakan disana terbilang cukup mahal. Kamu perlu memperhatikan berapa biaya pindahan ke apato tersebut, juga nilai shikikin, reikin dan yachin (sewa bulan) nya. Hal ini perlu kejelian tersendiri dari kamu untuk memilih agen apato yang tepat. Jika kamu beruntung, kamu bisa “mewarisi” apato senior kamu, lengkap dengan perabotannya

  1. Memilih transportasi
Sumber : Google.com

Bagi kamu yang tinggal di apato, lebih baik memillih apato yang dekat dengan kampus. Tetapi jika sudah terlanjur, berjalan kaki atau bersepeda merupakan solusi terbaik . berjalan kaki atau bersepeda, juga bisa sekaligus menyehatkan tubuh. Namun, jika kamu terpaksa untuk tinggal di tempat yang jauh dari kampus, kamu bisa tetap berhemat dengan menggunakan transportasi umum seperti naik kereta, subway, bus, atau commuter pass, yang harga tiketnya sangat murah apalagi kalau dapat student discount..

Baca JugaPertama Kalinya Di Dunia, Jepang Ciptakan Lampu ”UV Care 222” Yang Dapat Membunuh Virus Corona

  1. Makanan yang hemat
Sumber : Google.com

cara paling hemat dan enak dalam menghemat komponen ini adalah memasak sendiri makanan kita. Dengan cara ini, kita bisa menyesuaikan makanan sesuai selera kita. Belanja di supermarket grosir/pasar juga menguntungkan karena mereka menawarkan barang yang sama dengan supermarket biasa dengan harga yang jauh lebih murah. Apalagi kalau belanjanya saat sale, bisa-bisa harganya lebih murah daripada di Indonesia

Keterampilan memasak bisa dipelajari dari internet, dan percayalah bahwa memasak itu mudah dan menyenangkan.

Jika kamu sedang malas memasak kamu jangan khawatir, karena ada beberapa family restaurant dengan harga yang cukup terjangkau seperti Saizeriya, Gusto dan sushi muter (Kappa Sushi, Sushiro) yang sepiringnya hanya 105 yen,

  1. Kebutuhan sekolah dan perabotan
Sumber : Google.com

Daiso 100 Yen Shop adalah surganya berbagai alat keperluan sekolah dan rumah tangga dengan harga flat 100 Yen belum termasuk pajak. Disini kita bisa dapatkan berbagai alat tulis, alat masak, alat kebersihan sampai peralatan mandi dan tidur tersedia dengan kualitas yang lumayan bagus.  Harga per item nya memang terhitung murah yaitu 100 yen ditambah pajak 10% jadi 110 yen menjadi sekitar 12 ribu rupiah.

Baca JugaKiprah Bulu Tangkis Jepang Seperti Menunggangi “Rollercoaster”?

  1. Kreatif memilih part-time

Dijepang, banyak toko yang menerima part time untuk mahasiswa. Tetapi, kamu juga harus teliliti ketka ingin mendaftar disana. Pertimbangkan dengan jam kuliahmu jangan sampai nanti waktunya tabakan atau kamu malah terlalu kelelahan sehingga kuliahmu terbengkalai.

Nah itu tadi merupakan tips and trick buat kamu yang sedang atau inin berkuliah di jepang. Semoga membantu.

Tonton Juga :

 

Tokyo Medical Tour

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here