ALASAN PESEPAKBOLA JEPANG BISA MENJAJAH EROPA, INDONESIA KAPAN?

0
88
views

Takumi Minamino, salah seorang Pesepakbola Jepang yang baru saja menjuarai Liga Inggris bersama The Reds Liverpool di musim 2020. Bergabung pada pertengahan musim, Minamino menjadi orang Jepang ketiga yang berhasil menjadi juara Liga Inggris. Setelah sebelumnya ada nama Shinji Kagawa bersama Manchester United yang juara pada musim 2012-2013, Shinji Okazaki bersama Leicester City pada musim 2015-2016.

sumber : google.com

Hal ini tentu menjadi kebanggaan bagi Masyarakat Asia dan Jepang khususnya. Jika menelisik lebih jauh, perkembangan sepak Bola Jepang sudah dimulai pada era 2000-an awal. Dimana ada nama yang cukup melegenda seperti Hidetoshi Nakata yang juara Liga Italia bersama AS Roma, Shunsuke Nakamura yang sukses besar bersama Klub Skotlandia Glasgow Celtic.

Tak lupa pula bagaimana keberhasilan Jepang dan Korea Selatan dengan menjadi Tuan Rumah Piala Dunia 2002, menjadikan Jepang semakin menancapkan kukunya sebagai Negara Pengekspor pemain Asia terbaik ke Daratan Eropa. Selain menjadi langganan Negara Peserta Piala Dunia, Jepang beberapa kali mampu menyulitkan tim-tim terbaik Eropa seperti halnya Belgia dengan Eden Hazard, Romelu Lukaku, Kevin De Bruyne-nya yang sangat tertatih-tatih menghadapi tantangan Jepang di Piala Dunia 2018 pada babak 16 Besar.

Baca Juga : Perdana Menteri Jepang Mengundurkan Diri Karena Masalah Kesehatan

Nama-nama seperti Makoto Hasebe yang sukses di Bundesliga dan masih aktif bermain bersama Eintrach Frankfurt (eintrak frangfurt) , Maya Yoshida yang berkelana di Liga Inggris bersama Southampton (southamten)  dan kini membela Sampdoria di Liga Italia, Keishuke Honda yang pernah membela raksasa Italia AC Milan, Yuto Nagatomo setali tiga uang dengan membela rival abadi Klub Keishuke Honda, Inter Milan.

sumber : google.com

 

Serta Masih ada Calon Bintang Masa Depan Jepang “Little Messi Asia” jebolan Academi La Masia Barcelona yang kini menjadi milik sang rival Real Madrid, Takefusa Kubo yang musim depan akan membela Villareal. Menunjukkan bagaimana Jepang begitu dominan di Eropa dengan Permata-permatanya yang menjelajah seluruh penjuru Eropa.

Tentu hal ini tidaklah didapat dengan mudah. Budaya disiplin, kerja keras pemain Jepang pasti telah mendarah daging sehingga membuat etos kerja pemain Jepang sangat teruji. Pun juga dengan Federasi Sepekbola Jepang (JFA) yang sangat Profesional dan Kredibel, membuat Jepang melalui Sepak Bolanya sangat berprestasi di Kancah Internasional. Dan hasilnya sudah kita bisa lihat bersama, bagaimana pemain-pemain Jepang menjadi elemen penting di masing-masing klub yang dibelanya.

Baca Juga : Salah Satu Tim Sepak Bola SMA di Jepang Menjadi Klaster Baru COVID-19

Hingga akhir-akhir ini bagaimana Jepang menjadi Negara tujuan pemain top Eropa untuk menghabiskan karirnya disana seperti, Fernando Torres, David Villa, Lucas Podolski, Andres Iniesta. Ini merupakan indikasi bagaimana kompetisi Sepak Bola Jepang sudah sangat diapresiasi oleh pesepakbola Eropa. Diluar strategi bisnis maupun kerjasama sponsor, tentu ini menunjukkan Jepang sudah menjadi Magnet yang kuat bagi Industri Sepakbola secara Global.

Patut kita telaah, bagaimana dengan Indonesia. Mulai dari Egy Maulana Vikri yang berkelana di Liga Polandia, Witan Sulaiman yang mulai menjajaki Karir di Liga Serbia. Apakah mereka sanggup membuktikan ekspektasi masyarakat Indonesia dengan Prestasi yang Cemerlang di Eropa?

sumber : google.com

Tentu beban berat Ada di pundak mereka, namun jika kita belajar pada sejarah. Indonesia sebenarnya sudah mulai “menjajah eropa” melalui program PSSI Primaveranya. Dimana ada nama-nama Kurniawan Dwi Yuliyanto, Kurnia Sandi, Yeyen Tumena, Bima SAkti, Charis Yuliyanto yang merambah liga italia dan mengenyam atmosfir sepakbola Eropa.

Lalu bagaimana sekarang?

Disini dapat kita cermati bersama, bagaimana program-program yang dibuat untuk pembinaan pemain tidak dirancang dalam jangkan panjang dan terstuktur. Sehingga hanya berjalan dalam waktu yang singkat dan tidak memberikan efek secara massive.

Baca Juga : Remaja Jepang Tidak Tertari Lagi Pada Olimpiade Tokyo? Ini Alasanya!!

Jika kita lihat postur tubuh dan skill pemain sepakbola Jepang dan Indonesia, tentulah tidak ada perbedaan yang terlalu mencolok. Secara Individu Indonesia memiliki pemain-pemain dengan Potensi yang luar biasa. Layak bersaing di panggung Internasional.

Namun kenapa hingga saat ini Indonesia belum bisa berbicara banyak di pentas Internasional? Mungkin anda sudah paham jawabannya?

Semoga……..

Lihat Juga : 

Tokyo Medical Tour

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here