Pertemuan Antara Menteri Luar Negeri Jepang dan Perdana Menteri Papua Nugini yang Membahas Indo-Pasifik yang Bebas dan Terbuka

0
55
views

NIINDO.COM – Menteri Luar Negeri Jepang Motegi Toshimitsu berkunjung ke Papua Nugini, untuk bertemu dengan Perdana Menteri James Marepe. Pada tanggal 21 Agustus 2020, Motegi membicarakan mengenai Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka serta pemberian bantuan secara financial kepada Papua Nugini.

Sehingga kesepakatan terjalin diantara keduanya mengenai kawasan Indo-Pasifik yang bebas terbuka untuk perdamaian dan kemakmuran kawasan Indo-Pasifik, dalam menghadapi meningkatnya aktivitas Cina di Laut Cina Selatan.

Baca Juga : Smart Toilets berbentuk Toilet Umum Transparan di Shibuya, Tokyo

Menghormati hukum internasional merupakan hal yang sangat penting bagi seluruh dunia. Motegi mengatakan “penting untuk mempertahankan dan memperkuat gagasan mengenai Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka serta pentingnya kebebasan navigasi dan penyelesaian sengketa dilakukan secara damai”. Motege juga menegaskan kembali mengenai pentingnya diplomasi tatap muka.

Papua Nugini merupakan negara utama di kawasan Indo-pasifik yang berperan sebagai ujung tombak Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka.

Baca Juga: Pemerintah Jepang Membuat Wacana Pelonggaran Pembatasan Orang Asing Yang Ingin Masuk Ke Jepang

Selain membahas mengenai hal tersebut, Motege juga berjanji kepada Marepe untuk meningkatkan investasi dan memberikan dukungan kuat untuk Papua Nugini. Dukungan tersebut untuk membantu ekonomi negara kepulauan Pasifik pulih dari pandemi virus corona.

Lihat Juga :

Tokyo Medical Tour

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here