Smart Toilets berbentuk Toilet Umum Transparan di Shibuya, Tokyo

0
52
views

NIINDO.COM – Baru-baru ini  seorang arsitek pemenang penghargaan Pritzker  yaitu Shigeru Ban, membuat heboh karena kreasi smart toilet yang dibuatnya.

Toilet umum transparan ini di buat untuk mengubah pandangan orang terhadap toilet umum yang selalu dianggap gelap, kotor, bau, dan menakutkan. Toilet ini terdiri dari dua set yang dipasang di dua taman Shibuya yaitu Taman Mini Yoyogi Fukamachi dan Taman Komunitas Haru-on-Ogawa.

Baca Juga : Wisata Bandung Serasa Liburan ke Jepang

Toilet ini dibuat dari tekhnologi kaca pintar. Fasilitas toiletnya sangat bersih, perpaduan antara warna putih dan krom serta terang benderang pada malam hari. Sehingga, jika seseorang ingin menggunakannya bisa mengecek kebersihan dan keamanan toilet tanpa harus masuk ke dalam atau menyentuh apapun.

Saat toilet tidak terkunci, maka dindingnya menjadi transparan, sehingga orang bisa melihat apa yang ada di dalamnya. Saat pintu dikunci, dinding menjadi buram, memastikan privasi penggunanya. Toilet transparan ini sangat menarik banyak orang untuk mengunjungi taman tersebut.

Baca Juga : Ditangan Seniman Hebat Asal Jepang ini, Lelehan Coklat Bisa Disulap Menjadi Karya Unik

Mengesampingkan kecangihan tekhnologinya, beberapa orang khawatir mengenai keamanan toilet tersebut. Dinding toilet yang beroperasi menggunakan listrik, dapat menjadi transparan karena kegagalan fungsi, sehingga memungkinkan orang dari luar bisa melihat.

Baca Juga : Pisang Organik Bernama Echigo Banana, Kulitnya Bisa Dimakan?

Namun seseorang Pejabat mengatakan tidak perlu khawatir dengan kejadian memalukan seperti itu. Selama pemadaman, dinding akan tertutup awan, bahkan ketika masalah terjadi toilet tidak dapat dilihat dari luar saat sedang digunakan. Sehingga toilet ini bisa digunakan dengan sangat nyaman oleh para penggunanya.

Lihat Juga : 

Tokyo Medical Tour

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here