Peringatan HUT Ke-75 Kemerdekaan RI di Tengah Pandemi Virus Corona

0
101
views

NIINDO.COM – Tanggal 17 Agustus  merupakan sesuatu yang sangat dinanti-nanti oleh masyarakat Indonesia, dimana ditanggal tersebut  Indonesia bisa mendeklarasikan kemerdekaannya setelah 350 tahun dijajah oleh Belanda.

Namun masyarakat harus menerima kenyataan bahwa Perayaan HUT RI Ke-75 ini tidak seperti  tahun-tahun sebelumnya, negara Indonesia sedang menghadapi penyakit menular yaitu virus corona. Virus Corona sangat mengubah tatanan kehidupan sosial masyarakat.

Baca Juga : Virus Corona Memukul Para Pekerja di Jepang, Banyak yang Kehilangan Pekerjaan Termasuk Orang Indonesia Ini

Kemerdekaan Indonesia yang biasanya di laksanakan dengan sangat meriah dengan mengadakan berbagai kegiatan seperti upacara, berbagai macam lomba dan lain-lain. Kali ini perayaan HUT RI Ke-75 dilakukan dengan sangat sederhana.

Sehingga pemerintah Indonesia, mengeluarkan pedoman dalam pelaksaan HUT RI Ke-75. Dikutip dari www.setneg.co.id,  berikut adalah peraturan penyelenggaran upacara peringatan HUT Ke-75 kemerdekaan RI Tahun 2020:

  • Di tingkat pusat, Upacara Peringatan Ke-75 Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI dan Upacara Penurunan Bendera Sang Merah Putih dipusatkan di Istana Merdeka Jakarta dengan memperlihatkan hal-hal sebagai berikut:
  1. Upacara dilaksanakan secara sederhana dan khidmat, sangat minimalis, dan mematuhi protokol kesehatan pencegahan COVID-19.
  2. Komposisi petugas upacara di Istana Merdeka Jakarta terdiri dari :
  3. Komandan Upacara sebanyak 1 orang
  4. Pasukan pengibar bendera pusaka (Paskibraka) sebanyak 3 orang berasal dari cadangan Paskibraka Tahun 2019
  5. Pasukan upacara sebanyak 20 orang, berasal dari TNI/Polri
  6. Korps musik sebanyak 24 orang
  7. MC sebanyak 2 orang
  8. Pasukan pelaksana Tembakan Kehormatan saat Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI Sebanyak 17 orang, berasal dari TNI.
  9. Upacara hanya dihadiri oleh Presiden (selaku Inspektur Upacara) dan Wakil Presiden serta petugas upacara, yaitu Ketua MPR (selaku pembaca Teks Proklamasi), Menteri Agama (selaku pembaca doa), Panglima TNI, dan Kapolri serta tidak mengundang pejabat dan masyarakat.
  • Di luar negeri, Upacara Peringatan HUT Ke-75 Kemerdekaan RI Tahun 2020 dilaksanakan di Kantor Perwakilan RI di luar negeri.
  • Di tingkat daerah, upacara Peringatan HUT Ke-75 Kemerdekaan RI Tahun 2020 dilaksanakan di Kantor Pemerintah Provinsi/Kabupaten/Kota. Kantor Perwakilan/Lembaga yang ada di daerah mengikuti upacara yang dilaksanakan oleh Pemerintah Provinsi/Kabupaten/Kota mulai pukul 07.00 WIB (sebelum pelaksanaan upacara di Istana Merdeka Jakarta)
  • Menteri, Pimpinan Lembaga Negara/Instansi Pusat beserta Pimpinan Tinggi Madya atau sederajat wajib mengikuti Upacara Peringatan Ke-75 Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI dan Upacara Penurunan Bendera Sang Merah Putih yang dilaksanakan di Istana Merdeka Jakarta secara virtual dari kantor masing-masing.
  • Kepala Daerah/Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), kantor/lembaga yang ada di daerah wajib mengikuti Upacara Peringatan Ke-75 Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI dan Upacara Penurunan Bendera Sang Merah Putih yang dilaksanakan di Istana Merdeka Jakarta secara virtual dari kantor masing-masing setelah melaksanakan upacara di daerah.
  • Pimpinan Tinggi Pratama atau sederajat dan pegawai pada instansi pusat maupun daerah wajib mengikuti upacara Peringatan Ke-75 Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI dan Upacara Penurunan Bendera Sang Merah Putih yang ditayangkan oleh stasiun televisi dari tempat tinggal masing-masing.
  • Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) yang bertugas di daerah agar menerapkan pola yang sama dengan Paskibraka di Istana Merdeka Jakarta

Baca Juga : Jepang Memperingati 75 Tahun Serangan Bom Hiroshima di Masa Pandemi

Meskipun digelar dengan sederhana dan minimalis, peringatan HUT RI Ke-75 harus dilaksanakan dengan penuh semangat dan khidmat.

Masyarakat juga diperbolehkan untuk berpartisipasi dalam perayaan HUT RI Ke-75 ini, berikut adalah hal-hal yang bisa dilakukan dalam perayaan Kemerdekaan Indonesia:

  1. Memasang umbul-umbul, dekorasi, atau hiasan lainnya.
  2. Memasang dan mengibarkan Bendera Merah Putih
  3. Memanfaatkan logo dan desain turunan HUT Ke-75 Kemerdekaan RI  dalam berbagai media.

Baca Juga : Gubernur Osaka Klaim Menemukan Obat Kumur Anti COVID-19

Sejumlah daerah di Boyolali, Jawa Tengah sudah tampak memasang umbul-umbul dan bendera merah putih di depan rumah warga masing-masing. Para pemuda juga bergotong royong menghias jalan desa dengan lampu kelap-kelip dan bendara merah putih.

Untuk mematuhi protokol kesehatan, sejumlah daerah di Boyolali tidak mengadakan lomba-lomba yang akan mengundang orang untuk berkerumunan.Namun untuk pelaksanaan upacara di desa, tidak dilakukan secara langsung, melainkan dilakukan dengan mengikuti upacara yang berada di Istana Merdeka melalui siaran TV.

Lihat Juga :

Tokyo Medical Tour

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here