Alasan Utama Orang Jepang Memakai Masker

0
59
views

NIINDO.COM – Bukan untuk menghindari adanya virus corona atau melindungi diri sendiri dan orang lain dari covid-19, namun alasan utama penggunaan masker dilakukan karena banyak orang yang melakukannya. Faktor norma sosiallah yang melatarbelakangi hal tersebut.

Baca Juga : Populasi Penduduk di Jepang Meningkat? Ini Penyebabnya!!

Hal tersebut berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh tim psikolog dari Universitas Doshisa yang dipimpim oleh Profesor Kazuya Nakayachi, yang mensurvei 1.000 orang tentang pemakaian masker berdasarkan skala penilaian lima poin.

Berdasarkan hasil dari penelitian tersebut, pemerintah diminta untuk mempertimbangkan alasan penggunaan masker tersebut saat menerapkan kebijakan untuk melawan covid-19.

Sumber : Kyodonews.net

Baca Juga : Demo di Tokyo Trending Ditwitter, Apa Penyebabnya??

Dalam survei skala Likert online, seseorang menggunakan masker dengan alasan norma sosial memiliki skala korelasi tertinggi yaitu 0,44, sedangkan dengan alasan kecemasan terhadap penularan covid-19 di urutan kedua yaitu 0,16.

Jadi dapat dikatakan bahwa sebagian besar orang Jepang, menggunakan masker adalah norma sosial bukan karena melindungi dirinya agar tidak terinfeksi dan mencegah mereka untuk menulari yang lain.

Baca Juga : Ekspor Menurun, Surplus Neraca Berjalan Jepang Berada di Level Terendah

Sebenarnya, hal ini juga merupakan aturan pemerintah yang telah ditetapkan untuk menghadapi gaya hidup baru di tengah pandemi virus corona ini yang tidak disadari oleh publik.

Baca Juga : Belajar dari 9 Kebiasaan Positif Penduduk Jepang

Pemerintah perlu menekankan kepada publik, supaya orang orang bisa bertindak sesuai aturan yang telah ditetapkan.

Lihat Juga :

Tokyo Medical Tour

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here