Jelang Peringatan 75 Tahun Bom Hiroshima, Trem Trem di Jepang Kembali Beroprasi di Jalanan

0
77
views

NIINDO.COM – Trem yang selamat dari tragedi bom Hiroshima, Jepang, kini dijalankan kembali sebagai simbol pemulihan 75 tahun bom atom Hiroshima-Nagasaki.

Trem menjadi salah satu saksi tragedi bom Hiroshima, Jepang. Amerika Serikat menjatuhkan bom Atom di kota Nagasaki dan Hiroshima, Jepang. Bom atom yang menghantam Hiroshima terjadi pada tanggal 6 agustus 1945, sementara menghantam nagasaki pada tanggal 9 Agustus 1945.

Jelang memperingati 75 tahun bom di Hiroshima, trem yang selamat pada tragedi itu terjadi kembali dikeluarkan di jalan

baca juga : Cerita Traveler Indonesia Selamatkan Wanita Jepang Dari Penguntit

Tetsuko Shakuda, koordinator trem wanita yang pada saat itu masih berumur 14 tahun, mengatakan bahwa tragedi 75 tahun yang lalu itu merupakan tragedi terburuk dalam seumur hidupnya

Shakuda sedang sarapan di cafetaria asramanya, hanya sekitar 2 kilometer dari pusat gempa,ketika cahaya terang memenuhi langit, Dia jongkok mengira langit-langitnya akan jatuh di kota Hiroshima

Pasca itu trem Shakuda kembali melewati puing puing dan tubuh yang bergeletak di jalan. Banyak orang orang yang terlukan berusaha naik ke kereta.

sumber : google.com

Semasa pengeboman, Trem dibebaskan dari tarif, dan orang orang yang selamat melihat kereta sebagai simbol harapan dan kesinambungan ditengah kehancuran. Ketika bom atom menghancurkan sebagian besar Hiroshima, 185 karyawan dan siswa yang bekerja untuk Hiroshima Electric Railway meninggal dunia dan 266 orang luka luka.

Trem trem pun banyak yang rusak parah, dari 123 trem hanya 3 yang dapat beroprasional dengan lancar. Meskipun mengalami kerusakan, petugas kereta api yang selamat, penduduk setempat, dan tentara mulai membangun rel kembali.

Yuta Azumi dari revisi perencanaan Hiroshima Electric Railway, mengatakan pembangkit listrik kota juga di bom setelah serangan bom atom. Tapi para penjabat berhasil menarik kabel listrik dari pembangkit listrik di daerah lain, sehingga trem bisa berjalan

baca juga : Untuk Menangkis Rudal Korea Utara, Jepang Bikin Kebijakan Pertahanan Baru

Peran Shakuda dan rekan rekan yang lain pada saat itu kini di kenang oleh Hiroshima Electric Railway dan RCC Broadcasting co., yang telah menyiapkan kereta api sejak 1942 yaitu trem 653 untuk menunjukan kepada orang orang pasca pemulihan setelah pemboman.

Dan karena peringatan 75 tahun bom Hiroshima saat ini sedang di tengah pandemi, maka trem trem di kota tidak di izinkan untuk naiki penumpang.

 

Tokyo Medical Tour

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here