Jepang Mulai Izinkan Atlet Internasional Datang Untuk Olimpiade Tokyo 2020

0
40
views

NIINDO.COM – Olimpiade Musim Panas 2020 di Tokyo dibatalkan akibat pandemi Virus Corona (COVID-19). Rencananya, pertandingan baru dimulai Agustus tahun depan.

Saat ini negri sakura tersebut masih melakukan pembatasan travel bagi negara asing dan belum ada kepastian apakah atlet internasional bisa datang untuk bertanding. Namun, sudah ada wacana untuk membolehkan atlet luar negeri datang.

Dilansir dari liputan6.com, pemerintah Jepang sedang mempertimbangkan untuk memberi izin masuk bagi delegasi atlet. Sistem khusus ini dapat berlaku meski negara asal atlet tersebut masih tidak boleh masuk Jepang.

baca juga : Kondisi di Pengungsian Korban Banjir Kumamoto Jepang

Olimpiade Tokyo awalnya siap menyambut 11 ribu atlet dari 200 negara dan wilayah. Setelah adanya pandemi COVID-19, panitia masih belum berencana mengurangi skala kompetisi.

Delegasi atlet kemungkinan besar harus mengikuti tes PCR beberapa kali sebelum masuk ke Jepang. Panitia Olimpiade juga diperkirakan menyusun langkah-langkah pencegahan.

ssumber : google.com

Berbagai sumber pemerintahan Jepang berkata divisi ekonomi di Sekretariat Keamanan Nasional akan memantau diskusi terkait hal ini. Sekreatriat Keamanan Nasional adalah unit koordinasi kebijakan diplomasi dan keamanan Jepang.

Diskusi kemungkinan mulai dibahas pada September mendatang, bersamaan dengan membahas tindakan melawan Virus Corona. Perwakilan pemerintah pusat, komite Olimpiade Tokyo, dan pemerintah metropolitan Tokyo akan ikut terlibat.

Sejak Februari, Jepang mulai memperketat izin masuk ke negaranya. Totalnya ada 129 negara yang tak boleh masuk.

Bulan lalu, Jepang perlahan sudah mulai membuka perbatasannya. Salah satu negara yang mendapat kelonggaran adalah Vietnam.

Hasil polling terbaru menunjukkan lebih dari setengah warga Tokyo berpendapat Olimpiade 2020 yang tertunda tidak harus digelar tahun depan. Bahkan, mereka mendukung jika ajang empat tahunan itu ditunda lebih jauh atau langsung dibatalkan karena kecemasan akan virus corona covid-19.

Seperti dilansir AFP, survei itu dilakukan oleh dua organisasi berita Jepang. Mereka hanya menggunakan poin data tunggal.

Jajak pendapat yang dilakukan selama akhir pekan itu menemukan 51,7 persen responden mengharapkan Olimpiade pada 2021 ditunda lagi atau dibatalkan, sementara 46,3 persen ingin Olimpiade yang dijadwal ulang dilanjutkan.

Di antara yang menentang Olimpiade 2021, 27,7 persen mengatakan ingin dibatalkan semuanya, sementara 24,0 persen memilih penundaan kedua.

baca juga : Bakamla Kerja Sama Dengan Jepang Untuk Menjaga Keamanan Laut Indonesia

Menurut Antara, jajak pendapat melalui telepon, yang dilakukan oleh Kyodo News dan televisi Tokyo MX antara 26-28 Juni itu, menerima 1.030 balasan.

Di antara mereka yang mengatakan ingin menyaksikan Olimpiade digelar tahun depan, 31,1 persen mengatakan event tersebut harus dalam bentuk dipertimbangkan ulang, termasuk tanpa penonton. Sementara 15,2 persen mengatakan mereka ingin melihat Olimpiade yang lengkap.

Penundaan Olimpiade 2020 diumumkan pada Maret lalu karena penyebaran virus corona di seluruh dunia. Olimpiade dijadwalkan akan dimulai pada 23 Juli 2021, meskipun masih akan dilabeli sebagai Olimpiade Tokyo 2020.

Tokyo Medical Tour

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here