Inilah 10 Spot Hanami Pilihan dengan Pemandangan Sakura Khas Jepang di Wilayah Kansai! (Edisi 2020)

0
225
views

Niindojepang – Kota Wisata Kyoto yang terkenal baik di kalangan masyarakat Jepang, dan Kota Osaka yang sedang naik daun reputasinya di kalangan wisatawan asing merupakan kota yang termasuk dalam wilayah Kansai. Wilayah ini adalah wilayah yang dikenal akan warisan budaya negara  Jepang yang jumlahnya tidak sedikit dan juga beragam jenis kuliner yang ada.

Tentu saja di wilayah ini ada banyak spot untuk Anda melakukan hanami. Kali ini kami akan memperkenalkan 5 spot pilihan untuk melakukan hanami di wilayah Kansai, mulai dari sakura di Kota Tua Kyoto sampai sakura di Kota Kuliner Osaka.

Hari Berseminya Sakura: Mulai Mekar Hingga Mekar Sempurna

Perhitungan tahunan mulai mekarnya sakura hingga hari di mana sakura mekar sempurna di kota-kota besar wilayah Kansai dapat Anda simak melalui tabel di bawah ini.

Area Mulai Mekar Mekar Sempurna
Kyoto 28 Maret 5 April
Osaka 28 Maret 5 April
Nara 29 Maret 5 April
Hikone (Shiga) 2 April 9 April
Kobe (Hyogo) 28 Maret 5 April

Data bersumber dari situs berikut.
https://www.data.jma.go.jp/sakura/data/sakura_kaika.html
https://www.data.jma.go.jp/sakura/data/sakura_mankai.html

Perkiraan Mekarnya Sakura Tahun 2020

Perkiraan mekarnya bunga sakura tahun 2020 adalah sebagai berikut (per tanggal 8 Januari 2020).

Area Perkiraan Mulai Mekar
Kyoto 23 Maret
Osaka 25 Maret
Nara 24 Maret
Hikone (Shiga) 31 Maret
Kobe (Hyogo) 26 Maret

Sumber data: https://tenki.jp/sakura/
Sebaiknya rencanakan wisata dengan merujuk ke waktu perkiraan mekarnya sakura. Cek informasi lebih lanjut di “artikel ini“.

Prefektur Kyoto

1. Taman Maruyama, Kota Kyoto

Sumber foto: JAPAN LIBRALY© Y.Shimizu/© JNTO

Ini adalah taman tertua di Kota Kyoto yang dibangun pada tahun 1886. Di taman bergaya khas Jepang ini terdapat air mancur dan bunga wisteria. Pada setiap musimnya taman ini akan memberikan pemandangan yang berbeda-beda. Di dalam taman ini juga ada restoran tradisional Jepang dan kafe. Selain itu, ada juga tempat pertunjukan musik terbuka yang mampu menampung sekitar 3.000 orang sehingga taman ini tidak hanya digunakan sebagai tempat beristirahat saja. Yang paling terkenal di sini adalah bunga sakura “Shidare Zakura” yang disebut “Pemandangan Sakura Malam Hari Gion”. Sosok indah yang diterangi cahaya lampu ini bisa dikatakan sebagai salah satu pemandangan sakura yang khas di Jepang.

2. Kuil Daigoji, Kota Kyoto
20160216daigoj2

Sumber foto: JAPAN PHOTO LIBRALY© Q.Sawami/© JNTO

Kuil Daigoji yang ada di Kota Kyoto ini juga merupakan salah satu situs warisan dunia.

Tempat ini memang dijadikan sebagai tempat orang-orang beribadah, namun di sini kita juga bisa mengagumi kekayaan warisan budaya berharga seperti pagoda lima lantai dan kuil kecil Sanbo-in yang memiliki taman yang indah. Di antara benda-benda koleksi tersebut, terdapat 69.419 benda kekayaan negara dan 6.522 benda warisan budaya berharga. Selain itu, ada sekitar 150.000 aset budaya yang terdiri dari patung Buddha, gulungan gambar, dan benda-benda lainnya. Kuil ini juga bisa disebut sebagai kuil yang mewarisi kebudayan Jepang.

Di Kuil Daigoji ini terdapat tanah lapang yang sangat luas dan ditanami pohon sakura. Di sini kita bisa menikmati pemandangan arsitektur Jepang yang dipadukan dengan indahnya bunga sakura. Diceritakan bahwa 400 tahun yang lalu Toyotomi Hideyoshi, pemimpin Jepang pada masa itu, juga datang ke Kuil Daigoji ini untuk melakukan hanami.

Waktu Buka
9:00 – 17:00 (boleh masuk sampai 30 menit sebelum waktu tutup)

Biaya

Dewasa 1.500 yen, SMP-SMA 1.000 yen, SD ke bawah gratis.

※Biaya periode musim semi 20 Maret – 15 Mei

Prefektur Osaka
3. Barisan Pohon Sakura di Sungai Okawa, Kota Osaka
20160216okawa

Sumber foto: ©Osaka Convention & Tourism Bureau

Sungai Okawa mengalir di sepanjang daerah Kecamatan Miyakojima dan Kecamatan Kita di Kota Osaka. Di daerah ini ada tempat yang terkenal akan bunga sakuranya, yaitu “Kema Sakuranomiya Koen” di Kecamatan Miyakojima dan “Zoheikyoku” di Jembatan Tenma yang ada di Kecamatan Kita.

Ada sekitar 4.800 batang pohon sakura yang bermekaran dari Jembatan Tenma hingga Jembatan Sakura no Miya. Tempat ini ramai oleh para pengunjung yang melakukan hanami bahkan hingga larut malam.

Kema Sakuranomiya Koen adalah taman dengan luas sekitar 4,2 kilometer dan terbentang di kedua sisi Sungai Okawa. Di sepanjang sisi kanan sungai berjajar bangunan Zaman Meiji awal seperti Zoheikyoku dan Senpukan. Selain bisa melihat pemandangan indah sungai dan deretan pohon sakura berwarna merah muda, salah satu daya tarik lainnya adalah kita bisa menikmati hanami sambil berlayar di sungai ini.

4. Piknik Sambil Menikmati Sakura di World Fair Memorial Park Osaka
太陽の塔 桜

Sumber foto: 大阪府日本万国博覧会記念公園事務所

World Fair Memorial Park Osak adalah taman yang dibangun di lokasi penyelenggaraan Japan Expo tahun 1970. Kebanyakan bangunan dari Expo tersebut sudah dihancurkan, tapi masih ada beberapa yang tersisa. Misalnya karya Taro Okamoto yaitu “Tower of The Sun” yang jadi tempat foto populer.

Di dalam taman ada berbagai macam bunga sakura seperti Yoshino cherry dan Prunus pendula. Totalnya ada 9 jenis dan sekitar 5.500 pohon. Yang mekar di depan Tower of The Sun adalah Oshima cherry.

Ada banyak area di dalam taman yang cocok untuk dipakai berpiknik sambil memandang indahnya bunga sakura.

Prefektur Nara

5. Taman Nara, Kota Nara

20160216narapark

Sumber foto: Nara Visitors Bureau©

Jika bicara tentang Kota Nara, maka kebanyakan orang Jepang akan teringat dengan Kuil Todaiji dan rusa-rusa di Taman Nara. Taman Nara merupakan salah satu simbol Kota Nara. Selain ada Kuil Todaiji, Kuil Kofukuji, Kuil Kasuga Taisha, museum nasional, dan Kuil Shosoin, Taman Nara ini juga merupakan taman yang unik dengan pepohonan hijau, serta rusa dan tupai yang berkeliaran dengan bebas di area taman.

Dengan memandang bunga sakura dari padang rumput yang luas ini, tentu kita bisa lebih merasakan datangnya musim semi. Selain itu, melihat sosok hewan-hewan manis yang ada di taman ini juga merupakan salah satu daya tarik bagi para pengunjung.

6. Kastil Koriyama, Prefektur Nara
20160216koriyama

Sumber foto: Organisasi Pariwisata Kota Yamatokoriyama

Kota Yamatokoriyama yang berada di bagian utara Prefektur Nara ini terkenal akan kota kastilnya di kalangan wisatawan. Selain itu, kastil yang dibangun pada tahun 1580 ini juga memiliki spot untuk melakukan hanami terbaik di Nara. Sejak 400 tahun yang lalu, tempat ini dikunjungi banyak orang dan disebut “Goten Sakura”. Setiap musim sakura mekar, yaitu akhir bulan Maret hingga awal bulan April akan diadakan festival “Yamatokoriyama Oshiro Matsuri”. Di festival ini pohon-pohon sakura akan dihias dengan lampu-lampu, dan ada banyak acara-acara menarik seperti kompetisi ikan mas dan parade yang menyemarakkan suasana festival.

7. Gunung Yoshino yang Dipenuhi Warna Pink
吉野山 桜

Sumber foto: 吉野町産業観光振興課

Gunung Yoshino terletak di pusat Prefektur Nara dan terdaftar sebagai warisan budaya dunia.

Dikenal sebagai tempat terbaik untuk melihat sakura di Jepang, gunung ini dipenuhi dengan mekarnya 30.000 pohon sakura. Ada banyak jenis sakura di sini, antara lain Cerasus jamasakura.

Gunung ini dibagi menjadi 4 area. Mulai dari bawah ada area “Shimosenbon”, “Nakasenbon”, “Kamisenbon”, dan “Okusenbon”.

Sakura mulai mekar dari “Shimosenbon” di kaki gunung dan hingga perlahan-lahan sakura di puncak juga mekar.

 

Prefektur Shiga
8. Kastil Hikone yang Dikelilingi Sakura
彦根城 桜

Sumber foto: 彦根観光協会
Kastil Hikone adalah harta nasional Jepang yang memiliki sejarah lebih dari 400 tahun.

Kastil dikelilingi oleh hampir 1.200 pohon sakura yang mekar di musim semi. Di malam hari ada hiasan iluminasi yang membuat pemandangan sakura jadi lebih indah.

Kastil Hikone juga dikenal dengan karakter maskot Hikonyan yang memenangkan peringkat 1 Grand Prix maskot yurukyara tahun 2010. Katanya Hikonyan akan muncul di Kastil Hikone sehari 3 kali. Siapa tahu Anda beruntung dan bisa bertemu Hikonyan.

9. Menikmati Sakura Seharian di Kastil Himeji
姫路城 桜

Sumber foto: Panduan Lengkap Berwisata ke Kota Himeji, Prefektur Hyogo

Kastil Himeji adalah yang pertama terpilih sebagai warisan budaya dunia di Jepang. Nama lainnya adalah “Shirasagijyo” yang berarti “kastil bangau putih”. Sesuai namanya, kastil ini memiliki dinding putih yang indah.

Selama 400 tahun sejarahnya, Kastil Himeji belum pernah terkena dampak perang. Ini langka di Jepang sehingga membuat kastil ini terkenal.

Di sini ada sekitar 1.000 pohon sakura dengan berbagai jenis seperti Yoshino cherry dan Prunus pendula. Berkat sosok kastil yang elegan dan indahnya bunga sakura di sini Kastil Himeji terpilih dalam 100 lokasi sakura terbaik di Jepang.

Di siang hari diadakan acara di sini, dan di malam hari ada hiasan iluminasi. Karena itu sepanjang hari Kastil Himeji ramai dengan pengunjung.

10. Sungai Shukugawa yang Dicintai Warga Lokal
夙川 桜

Sumber foto: 西宮市役所 公園緑地課
Sungai Shukugawa mengalir di sisi timur Prefektur Hyogo. Di area sungai ini terdapat taman yang indah. Terpilih dalam “100 Tempat Sakura Terbaik di Jepang”, sungai Shukugawa dicintai baik oleh warga lokal maupun wisatawan.

Kita bisa melihat 1.660 pohon sakura di kedua sisi sungai. Ada berbagai jenis sakura seperti Nishinomiya Kongendaizakura dan Shukugawa Maizakura yang merupakan varietas asli Kota Nishinomiya di mana sungai ini mengalir.

Tokyo Medical Tour

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here