Rumah Wada, Rumah Tradisional dari Situs Warisan Dunia Shirakawa-go!

0
57
views

Niindo.com – Jepang akan membahas Rumah Wada, rumah khas di Shirakawa-go. Rumah ini sangat unik karena atapnya terbuat dari bubungan ilalang. Seperti apa isi rumah yang telah ditetapkan sebagai bangunan cagar budaya ini? Yuk, kita simak bersama!

Rumah Wada, Rumah Tradisional Beratap Ilalang di Shirakawa-go

白川郷

Shirakawa-go merupakan situs warisan dunia yang terkenal akan desain rumah bergaya gassho-zukuri. Pada musim dingin, curah salju yang turun di daerah Shirakawa-go sangat tinggi. Oleh karena itu, atap rumah yang terbuat dari kayabuki yane ini didesain agar salju yang menumpuk di atap lebih mudah turun ke bawah. Atap rumah pada Rumah Wada dikenal dengan sebutan gassho-zukuri karena bentuknya yang menyerupai gassho.

 

和田家

Rumah Wada dibangun pada pertengahan zaman Edo dan menjadi bagian dari sejarah sejak 300 tahun yang lalu. Rumah Wada adalah rumah dengan konstruksi gassho-zukuri terbesar di Shirakawa-go! Selain itu, bangunan ini juga ditetapkan sebagai bangunan cagar budaya di Jepang, lho. Rumah Wada merupakan hunian pribadi milik keluarga Wada, itulah mengapa rumah ini dinamakan Rumah Wada (Wada-ke). Keluarga Wada masih tinggal di rumah ini hingga kini, menempati beberapa ruangan yang tidak dibuka untuk pengunjung umum.

Lantai 1 dan 2 terbuka untuk pengunjung yang ingin melihat isi rumah. Setelah membayar tiket masuk seharga 300 yen, Anda dapat berkeliling Rumah Wada. Jangan lupa untuk melepas alas kaki Anda terlebih dahulu, tentunya.

Lantai 1: Ruang Di mana Keluarga Wada Biasa Berkumpul

囲炉裏

Begitu menjejakkan kaki ke dalam rumah, Anda akan melihat irori (perapian khas Jepang) di sudut ruangan. Pada tempo dulu, irori memegang peranan penting sebagai penghangat ruangan, sarana untuk memasak, sumber penerangan, serta fungsi vital lainnya.

Di dekat irori, terdapat papan petunjuk berisi tanggal dan tulisan “Rumah Wada”. Ini adalah spot yang menarik jika Anda ingin mengambil foto kenang-kenangan. Sekedar informasi, api pada irori selalu menyala sepanjang tahun, lho.

仏間

Total terdapat 8 ruangan di lantai 1, terdiri dari ruang keluarga, kamar tidur, kamar tamu, butsuma, dan beberapa ruangan dengan fungsi lainnya. Berjalan melewati ruangan-ruangan itu akan membuat Anda merasakan kehidupan di rumah Jepang pada tempo dulu. Pada rumah zaman dahulu, antara ruangan satu dengan yang lainnya dipisahkan oleh fusuma (pintu geser). Ketika fusuma dibuka, ruangan satu dan yang lainnya akan terhubung sehingga menimbulkan kesan luas.

縁側

Begitu keluar ruangan, Anda akan menjumpai engawa (beranda). Ketika duduk di beranda dan menatap ke halaman rumah, Anda akan merasakan angin yang bertiup sepoi-sepoi. Di sini Anda tetap bisa merasakan suasana alami meskipun berada di rumah.

Lantai 2: Tempat Budi Daya Ulat Sutra

中二階

Ketika menaiki anak tangga, sebelum sampai ke lantai 2, Anda akan menjumpai loteng tengah dengan langit-langit rendah. Ruangan ini berfungsi untuk menyimpan perlengkapan yang digunakan dalam budi daya ulat sutra.

二階

Bagian utama dari proses budi daya ulat sutra ada di lantai 2 ini. Lantai 2 sama luasnya dengan lantai 1. Akan tetapi, langit-langitnya sedikit lebih rendah dibanding lantai 1, seolah seperti sebuah loteng. Dindingnya merupakan bagian dalam dari atap kayabuki yane.

鍋

Selain itu, di lantai 2 ini Anda dapat melihat alat-alat yang digunakan oleh keluarga Wada. Ada periuk untuk menyimpan bahan-bahan makanan dan juga belanga yang bisa digunakan untuk membuat lebih dari 10 porsi makanan.

Di dekat perabotan terdapat foto sehingga akan memudahkan Anda untuk membayangkan situasi pada masa itu.

Menikmati Pemandangan Menakjubkan di Shirakawa-go

バス

Di Shirakawa-go terdapat gardu pandang (dek observasi). Anda dapat melihat seluruh pemandangan desa Shirakawa-go dari atas sana. Anda dapat naik shuttle bus yang berangkat dari desa karena jaraknya lumayan jauh jika ditempuh dengan berjalan kaki.

Shuttle Bus berangkat tiga kali dalam satu jam dengan interval 20 menit sekali. Ongkos shuttle bus adalah 200 yen untuk sekali jalan. Waktu perjalanan sekitar 10 menit dan penumpang dapat membayar ongkos perjalanan di dalam bus pada saat kedatangan.

白川郷全体

Pemandangan dari atas gardu pandang sangat menakjubkan! Apakah Anda dapat melihat letak Rumah Wada dari sini? Berfoto dengan latar pemandangan desa Shirakawa-go yang menawan merupakan hal wajib yang dapat Anda lakukan di spot ini. Jika Anda sedang berlibur ke Shirakawa-go, jangan lupa untuk singgah ke spot ini juga, ya!

Tokyo Medical Tour

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here