Beli Kipas Lipat di Hakuchido, Toko yang sudah Berusia 300 Tahun

0
232
views

NiindoJepang – Didirikan pada 1718, Hakuchikudo merupakan sebuah toko yang menjual kipas lipat bagi penginapan dan kuil setempat di depan Nishi Honganji yang berlokasi di Kyoto.

Saat ini, toko tersebut memiliki cabang utama di Fuya-cho Rokkaku. Perayaan ulang tahun ke-300 pada 2018 begitu ramai berkat kolabarasi bersama desainer dan musisi yang menjual kipas edisi terbatas.

Hal ini menimbulkan sebuah sensasi di sosial media. Sebab banyak penggemar yang antre berbaris bahkan berjam-jam sebelum toko buka hanya untuk membeli produk edisi terbatas tersebut.

Hakuchikudo

Cabang Kanpu terletak di pojok Teramachi Sanjo yang memiliki nuansa yang nyaman untuk disinggahi.

Mereka memiliki jajaran produk yang memenuhi beragam kebutuhan mulai dari barang casual seperti tali sepatu, kipas kertas tradisional Jepang hingga kipas bambu yang terinspirasi dari kipas cemara.

Mereka memiliki jajaran produk yang memenuhi beragam kebutuhan mulai dari barang casual seperti tali sepatu, kipas kertas tradisional Jepang hingga kipas bambu yang terinspirasi dari kipas cemara.

Kyo-sensu (kipas lipat) disebut-sebut berasal dari hi-ogi (kipas cemara) yang dulunya merupakan rajutan lembaran atau papan berbahan kayu. Dahulu bahan ini digunakan untuk menulis waka (puisi Jepang) dan dokumen-dokumen.

Pada masa itu yaitu zaman Heian, kertas dianggap terlalu mewah. Jepang pernah mengalami masa ketika washi (kertas Jepang) hanya terbatas pada kalangan bangsawan dan biksu.

Namun, seiring dengan perkembangan teknologi selama zaman Edo, kertas juga bisa dinikmati oleh orang awam.

Hakuchikudo  memiliki kipas yang dibuat khusus untuk kuil-kuil. Namun seiring waktu, toko ini mulai membuat kerajinan bagi orang awam.

Saat ini, mereka memiliki beragam kipas mulai dari Kazari-sensu (kipas hiasan), Mai-sensu (kipas untuk tarian Jepang) hingga desain-desain casual.

Pesona kipas lipat

Kenji Ueno salah seorang penjual di sebuah toserba bercerita tentang pesona kipas lipat.
Kenji Ueno salah seorang penjual di sebuah toserba bercerita tentang pesona kipas lipat.

Kenji Ueno 

Kenji Ueno salah seorang penjual di sebuah toserba bercerita tentang pesona kipas lipat. Di Cabang Kanpu, terdapat lebih dari 100 jenis kipas berbeda tersedia bagi pria dan perempuan.

“Saya ingin menyampaikan pesona kipas lipat kepada orang yang belum pernah memakainya dan kepada generasi muda,” katanya.

Khusus cabang Kanpu, mereka menyambut beragam pengunjung segala usia. Kebanyakan produknya memiliki desain casual yang berkisar dari harga terjangkau mulai dari 3.000 yen ke atas.

Ueno menyebutkan karakteristik utama sebuah kipas adalah benda tersebut dapat dilipat dan dibawa-bawa. Selain itu, pesona kipas lainnya adalah, kesenangan saat kamu membuka dan menutupnya, atau bahkan keindahannya pada posisi terlipat.

Kipas yang dapat disesuaikan dengan musim dan kesempatan, mulai dari kipas bergambar binatang keramat hingga desain menyegarkan cocok untuk musim panas.
Kipas yang dapat disesuaikan dengan musim dan kesempatan, mulai dari kipas bergambar binatang keramat hingga desain menyegarkan cocok untuk musim panas.

Di Jepang, kipas-kipas dipandang sebagai benda keramat seiring dengan “persebarannya”. Kipas telah digunakan untuk perayaan dan kenangan.

Benda ini juga bagus untuk hadiah termasuk kipas berdesain keramat seperti labu-labuan pengusir penyakit hingga capung yang dianggap sebagai serangga juara.

Ueno dengan senang hati berkata bahwa ada pelanggan yang membeli kipas untuk diri mereka sendiri dan merasa puas. Mereka berjanji akan kembali lagi untuk membeli sebagai hadiah dan sebagainya.

Tantangan yang dihadapi pengrajin ahli

Kipas “Oyaburi Shibusen”
Kipas “Oyaburi Shibusen”

Terdapat beberapa kipas dengan rasa yang kuat semisal “Oyaburi Shibusen” (kanan bawah, ¥8.000 belum termasuk pajak) memiliki pola tradisional Jepang diukir pada oyabune (batang luar) berwarna hitam.

Kipas Hakuchikudo yang indah dan fungsional ini sangat digemari tidak hanya di dalam negeri Jepang tetapi juga terkenal di luar negeri.

Proses pembuatannya masih mengandalkan tenaga manusia yang melibatkan pengrajin dalam penyelesaianya. Setiap prosesnya melibatkan pengrajin ahli mulai dari pembuatan batang-batang kipas, kertas kipas, gambar, lipatan kertas.

Prosesnya memerlukan 5 hingga 6 orang untuk membuat sebuah kipas tetapi bisa juga lebih hingga 10 orang. Kipas-kipas tersebut dibuat asli oleh pengrajin sendiri.

Margaret set”
Margaret set”

“Herringbone Denim set” (¥7000 belum termasuk pajak, termasuk tas) yang menggunakan denim Okayama dan “Margaret set” (¥4.500 belum termasuk pajak, termasuk tas) yang sempurna bagi pemakaian harian dan cocok dengan pakaianmu.

Di Hakuchikudo, presiden perusahaan Yamaoka memiliki semangat juang “menghapus anggapan bahwa kipas adalah barang kuno”. Untuk membuat sesuatu yang baru, perusahaan telah membuat kipas lipat tidak hanya dari kertas Jepang tapi juga dari bahan lain seperti kain, tali sepatu, denim, kulit, dsb.

Jenis kipas-kipas ini menarik perhatian orang muda dan dikatakan cukup digemari karena beberapa orang ingin memadukan kipas dengan gaya fashion mereka. Keberadaan pengrajin dengan pengetahuan khusus dan kemampuan itu tidak tergantikan bagi perkembangan produk ini.

Ketika mereka ini mencoba hal baru atau mendapatkan masukan dari para pelanggan, mereka berkonsultasi dengan pengrajin dan para pengrajin tersebut akan menyampaikan ide-ide mereka.

Terdapat barang-barang khas seperti dompet koin berpola sama dengan kipas. Cocok dipadukan dengan barang yang memiliki pola yang sama. “Mini pouch” (¥800 ke atas belum termasuk pajak). “Cosmetics Pouch” (¥2.300 ke atas belum termasuk pajak).

Hakuchikudo terus mencoba tantangan baru yang cocok dengan kebutuhan generasi baru sembari menjaga tradisi yang diturunkan sepanjang riwayat kerajinan tangan.

Kamu pasti akan menemukan sebuah produk yang kamu sukai di toko yang mengkhusukan pada penjualan kipas beragam jenis yang dapat dipilih. Jangan lewatkan kesempatan untuk membeli kipas yang sedang hits yang akan mengundang komentar orang lain!

Hakuchikudo Kanpu Sanjo Teramachi Branch

223, Eiraku-cho, Distrik Nakagyo, Kyoto

No. Telepon +81-75-221-8500

Buka dari pukul 11.00 hingga 18.00 tiap hari (tutup pada pukul 19.00 sepanjang Mei hingga Agustus)

Akses ke lokasi: 5 menit berjalan kaki dari Stasiun Kyoto Shiyakusho-mae Tozai Line.(i/m)

Tokyo Medical Tour

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here