Belanja di Jepang, Aneka Tembikar dari Kobe yang Digemari Turis

0
165
views

NiindoJepang – Sejumlah peralatan makan ala Jepang yang dipajang di toko berukuran luas ini bakal membuat meja makan kamu lebih hidup.

Sebut saja porselen Arita, porselen Hasami serta kerajinan dari gelas kaca Satsuma Kiriko yang cukup digemari di kalangan wanita.

Toko Tembikar Sanoya Cabang Sannomiya merupakan toko yang secara khusus menawarkan peralatan makan khas Jepang terbaik.

Sanoya menyediakan piring-piring ala Jepang yang memberikan warna pada makananmu.
Sanoya menyediakan piring-piring ala Jepang yang memberikan warna pada makananmu.

Sanoya menyediakan piring-piring ala Jepang yang memberikan warna pada makananmu.

“Selamat datang di Sanoya! Silahkan melihat-lihat!” sahut sang pemilik yang bernama Pak Sano.

Para pengunjung disuguhkan teh secara cuma-cuma ketika masuk ke dalam.

“Ada banyak barang di dalam toko, saya mau pengunjung berlama-lama melihat produk kami” jelasnya.

“Produk-produk kami dapat bertahan dalam jangka panjang, jadi pengunjung perlu memilih dengan seksama sesuatu yang paling disukai,” tambahnya kemudian.

Beragam peralatan makan tradisional Jepang yang sedang dijajarkan.

Beragam peralatan makan tradisional Jepang yang sedang dijajarkan.

Cabang Utama Toko Tembikar Sanoya didirikan pada 1948 di Jalan Perbelanjaan Motomachi. Saat ini, toko ini masih beroperasi terbagi di Cabang Utara dan Cabang Selatan, di sebuah bangunan berlantai tiga.

Sementara itu, Cabang Sannomiya didirikan pada 1995, tahun terjadinya Gempa Besar Awaji.

Hingga saat ini telah beroperasi selama 24 tahun. Toko Tembikar Sanoya Cabang Myohoji dibuka tahun lalu bersamaan dengan 70 tahun usia toko ini, membawa kehangatan peralatan makan tradisional di daerah asal mereka, yaitu Kobe.

Pelayanan yang tidak akan kamu temukan di mall dan toko retail lainnya

Seri H.evotra merupakan kombinasi desain modern Jepang dengan aspek kegunaan (500 yen belum termasuk pajak)
Seri H.evotra merupakan kombinasi desain modern Jepang dengan aspek kegunaan (500 yen belum termasuk pajak)

Seri H.evotra merupakan kombinasi desain modern Jepang dengan aspek kegunaan (500 yen belum termasuk pajak)

Berbeda dengan cabang utama yang memiliki pilihan desain tradisional yang lebih beragam, Cabang Sannomiya dikenal akan daya tahannya, mudah digunakan, dan karya porselen Hasami yang memiliki sejumlah fungsi.

“Porselen Hasami itu praktis dengan harga terjangkau, sehingga ia makin digemari tiap tahunnya” jelas Pak Sano.

Pak Sano merekomendasikan seri h.evotra, yang tersedia dalam beragam ukuran sesuai kebutuhanmu. “piring kotak dari seri h.evotra tersedia dalam 3 ukuran berbeda, jadi pengunjung dapat memadupadan.

Selain itu, benda-benda tadi dapat ditumpuk sehingga mudah disimpan baik bagi kamu yang tinggal sendiri atau bersama keluarga” jelasnya. Desain biru indigo berlatar belakang putih menjadikannya pilihan pas untuk masakan Jepang, sekaligus memberi warna pada meja makanmu.

Kerajinan tradisional Satsuma Kiriko (23.000 yen belum termasuk pajak) juga tersedia

Kerajinan tradisional Satsuma Kiriko (23.000 yen belum termasuk pajak) juga tersedia

Selain peralatan makan seperti porselen Hasmi, kerajinan gelas kaca Satsuma Kirikoterkenal akan keuletan tinggi dan paduan warna yang cantik, juga tersedia.

Kerajinan tadi juga dianggap langka sebab hanya terdapat segelintir pengrajin sementara jumlah penggemarnya terus meningkat.

“Kamu tidak akan menjumpai kerajinan gelas kaca Satsuma Kiriko berkualitas tinggi di toko lain” kata Pak Sano dengan bangga.

Jajaran koleksi dari produk berharga tinggi hingga yang terjangkau

Jajaran koleksi dari produk berharga tinggi hingga yang terjangkau

Sannomiya Hondori Shotengai terletak tepat di sebelah Sannomiya Center-gai, tempat anak muda biasa pergi. Sebagian pengunjung setia toko ini tetap berkunjung ke toko ini sejak awal berdiri, ada juga pengunjung wanita muda.

“Kami punya banyak langganan sejak kami hanya memiliki satu Toko Utama. Ada juga pengunjung yang anak hingga cucunya tetap berdatangan ke toko kami yang kami sangat syukuri,” ujar Pak Sano.

Sesekali, pengunjung berusia muda datang dari Sannomiya Center-gai, jadi Pak Sano bersiasat mengubah jajaran produk mereka dari toko utama di Motomachi Shopping Street.

“Cabang Sannomiya memiliki lebih banyak barang yang menarik bagi generasi muda seperti porselen Hasami, Sementara itu, toko utama memiliki lebih banyak desain tradisional semisal porselen Kiyomizu dari Kyoto, jadi kalau ada pengunjung mencari barang tersebut, kami menyarankan mereka mengunjungi cabang kami yang lain.”

“Pengunjung bertambah setiap tahun, saat ini puncaknya!”

Toko Tembikar Sanoya Cabang Sannomiya dibuka di Sannomiya Hondori Shotengai di tahun yang sama terjadinya bencana gempa bumi di kawasan Kobe yang tidak akan terlupakan.

“Kami membuka toko sesaat setelah bencana tersebut, dan saya ingat bahwa kami berdoa agar kota dapat pulih sesegera mungkin, dan kami menyambut pengunjung kami dengan senyum ceria,” kata Pak Sano sambil mengenang.

Ia menatap keluar ke distrik perbelanjaan melalui jendela toko seakan terkenang peristiwa 24 tahun lalu itu.

“Menurut saya jumlah pengunjung bertambah setiap tahun. Kami bersyukur toko kami sedang sibuk-sibuknya sekarang,” katanya.

Gelas berwarna-warni yang digemari wanita mudaPeningkatan jumlah wisatawan asing ke Jepang berdampak baik bagi toko ini yang menjual peralatan makan tradisional Jepang.

“Pengunjung asing terus meningkat sejak beberapa tahun terakhir,” Kata Pak Sano.

“Hingga saat ini, kami punya pelanggan dari Swiss, Jerman, dan Inggris. Nampaknya mereka yang membeli produk kami merekomendasikan ke teman mereka saat kembali ke negara mereka, dan kami sangat bersyukur. Terdapat beberapa pengunjung asing yang mampir ke toko kami ketika berwisata ke Kansai, sehingga kami sadar betapa pentingnya memiliki hubungan baik dengan orang-orang,” jelasnya.

Toko Tembikar Sanoya Cabang Sannomiya menjual peralatan makan tradisional Jepang yang dipilih dengan seksama. Jadikan kehidupanmu lebih berwarna dengan peralatan makan yang berdesain cantik dan serbaguna ini. (i/m)

Tokyo Medical Tour

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here