Cara Perpanjang Periode Visa Untuk Mencari Kerja Setelah Lulus di Jepang

0
124
views

NiindoJepangSecara umum, ketika Anda mengubah jenis visa di Jepang, prosedur umum biasanya memakan waktu sebulan hingga 3 bulan. Sebagian besar formulir pendaftaran hanya tersedia dalam bahasa Jepang atau Inggris.

Mohon perhatikan bahwa undang-undang, peraturan, dan regulasi dapat berubah tanpa pemberitahuan sebelumnya dan artikel ini hanya berfungsi sebagai panduan umum.

Ketika visa pelajar hampir kedaluwarsa dan kamu memutuskan untuk mencari pekerjaan di Jepang, ada kemungkinan kamu tidak bisa mendapatkan pekerjaan sampai dengan masa visa kamu habis.

Dalam artikel ini, akan dibagikan beberapa opsi agar dapat melanjutkan untuk mencari pekerjaan saat masih di Jepang.

Terdapat jenis visa yang bernama Visa Kegiatan Khusus (Designated Activities Visa). Jenis visa ini bisa digunakan untuk melakukan berbagai kegiatan yang mencakup magang, perawat dan pekerja perawatan bersertifikat (termasuk kandidat dan siswa) di bawah perjanjian bilateral antara Jepang dan negara asal mereka, serta mereka yang mencari pekerjaan atau shuushoku-katsudou.

Muncul banyak pertanyaan tentang cara melakukan prosedur imigrasi dari mengubah Visa Pelajar (Ryugakusei) menjadi Visa Kegiatan Khusus (Tokutei Katsudou) di Jepang.

Apa yang harus dilakukan terlebih dahulu?

Anda perlu mendapatkan surat rekomendasi (suisenjo) dari sekolah atau universitas.

Apa yang terjadi dengan visa Anda saat ini?

Orang dengan visa pelajar bisa tetap tinggal di Jepang sampai dengan masa berlaku visanya habis meskipun dia sudah lulus dari instansi pendidikan. Namun, biasanya orang dengan visa ini terikat oleh “Izin untuk Terlibat dalam Kegiatan Selain yang Diizinkan dalam Status Tinggal Sebelumnya”.

Jadi, meskipun bisa tetap tinggal di Jepang sampai masa tinggal habis, mereka sebenarnya tidak diizinkan untuk bekerja sambilan setelah lulus dari instansi pendidikan. Untuk itu, sebelum lulus ada baiknya kamu mengambil Visa Kegiatan Khusus (Designated Activities Visa), agar bisa mencari kerja sambil melakukan kerja sambilan.

Kemudian, meskipun kamu bisa tinggal di Jepang sampai masa berlaku visa pelajar habis, ada baiknya kamu segera mengajukan permohonan visa baru karena mempertahankan visa pelajar tanpa kegiatan apa pun selama lebih dari tiga bulan dapat mengakibatkan pembatalan visa.

Apa persyaratan dasar untuk bisa mendaftarkan visa?

Seseorang harus menjadi lulusan universitas atau senmon-gakkou (lembaga teknis) di Jepang, serta telah memulai kegiatan pencarian kerja bahkan sebelum lulus. Namun, terdapat ketentuan-ketentuan berikut:

  • Lulusan universitas

Harus menyelesaikan universitas dengan baik. Tidak termasuk mahasiswa short-term course, choko-sei (occasional student), kamokutorishu-sei (special register student), dan peneliti.

  • Senmon-gakko (lembaga teknis)

Visa ini hanya akan turun bila jenis visa kerja (seperti Engineer / Specialist in Humanities / International Services) yang akan diambil nantinya sesuai dengan apa yang dipelajari di senmon-gakko.

Apa dokumen yang diperlukan?

Dokumen yang dibutuhkan yaitu:

Wajib/Pilihan Jenis Dokumen Dibuat oleh Catatan
Wajib Permohonan izin untuk perubahan status kependudukan (untuk pemohon) Diri sendiri 2 bagian (untuk pelamar, yaitu diri sendiri dan untuk organisasi, yaitu perusahaan) sebagai 1 set formulir aplikasi
Wajib Foto (4 x 3 cm) Diri sendiri Siapkan foto yang diambil dalam waktu 3 bulan terakhir. Jika menggunakan foto yang sama dengan foto sebelumnya, kamu harus mengirim lagi.
Wajib Paspor (asli) Diri sendiri Tunjukkan di Kantor Imigrasi
Wajib Kartu tempat tinggal (asli dan yang terbaru) Diri sendiri Tunjukkan di Kantor Imigrasi
Wajib Dokumen yang membuktikan kamu punya cukup uang untuk menghidupi diri sendiriContoh: Bukti pengiriman uang, salinan buku tabungan Diri sendiri
Wajib Sertifikat kelulusan dari universitas terakhir Diri sendiri
Wajib Surat rekomendasi dari universitas terakhir Universitas
Wajib Dokumen untuk membuktikan kamu melakukan pencarian pekerjaan Contoh: Dokumen yang didistribusikan pada sesi informasi perusahaan, pemberitahuan hasil penyaringan pekerjaan Diri sendiri

Itu semua adalah dokumen dasar, tergantung pada perusahaan tempat kamu akan bekerja atau status pemohon. Jumlah dokumen yang akan dikirim mungkin bertambah atau berkurang.

Masing-masing dokumen harus disiapkan sebanyak 1 set. Dokumen harus ditulis dalam bahasa Jepang. Jika tidak, kamu harus melampirkan terjemahan bahasa Jepang.

Untuk jenis visa kegiatan khusus ini, karena tidak ada perusahaan yang menjadi sponsor, maka harus dilakukan sendiri oleh mahasiswa yang ingin mencari kerja.

Bisakah saya kembali ke negara asal (atau luar negeri) selama prosedur penggantian visa?

Ya, selama kamu kembali ke Jepang dengan validitas visa pelajar yang dimiliki. Tetapi untuk berjaga-jaga jika pengembalian melebihi tanggal validitas visa kamu dan aplikasi visa baru sedang berlangsung, kamu perlu mengajukan permohonan perpanjangan visa di imigrasi.

Dalam hal ini, kamu harus kembali ke Jepang dalam waktu 2 bulan atau pada hari saat menerima hasilnya. Setelah aplikasi untuk perpanjangan visa,kamu akan mendapatkan cap di belakang sudut kanan bawah kartu tempat tinggal.

Tergantung pada prefektur atau wilayah, kamu mungkin menerima selembar kertas atau akan dilampirkan ke paspor. Jangan lupa membawa kertas itu sepanjang waktu.

Bagaimana peluang mendapatkan aplikasi visa saya disetujui?

Visa ini akan lebih mudah disetujui bila kamu memiliki kehadiran yang baik di sekolah, tidak bekerja sambilan melebihi waktu yang ditentukan, serta memiliki cukup sarana untuk menghidupi diri sendiri.

Tiga faktor ini adalah alasan paling umum mengapa seorang pemohon ditolaknya visa baru.

Berapa lama masa berlaku Visa Kegiatan Khusus?

Pada pendaftaran pertama, kamu akan diberikan izin tinggal selama enam bulan, dan dapat diperbarui sekali untuk tambahan enam bulan.

Tokyo Medical Tour

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here