Gubernur Aichi Tawarkan Lowongan Kerja di Jepang Buat Orang Indonesia

0
595
views

niindo.com- Gubernur Prefektur Aichi, Hideaki Ohmura, melakukan pertemuan dengan Wakil Presiden Jusuf Kalla. Ohmura mengatakan, pertemuan tertutup keduanya membahas sejumlah hal, salah satunya menawarkan kesempatan bagi warga Indonesia untuk bekerja Aichi, Jepang.

Ohmura mengatakan, beberapa industri otomotif di Aichi termasuk Toyota, kekurangan tenaga kerja. Jusuf Kalla pun menyambut baik tawaran tersebut.

“Selama ini perusahaan-perusahaan dari Aichi seperti Toyota sudah melakukan training atau pengembangan SDM di Indonesia, tapi saat ini Jepang atau Aichi juga mengalami kekurangan SDM atau tenaga kerja,” kata Aichi usai pertemuan.

“Oleh karena itu memang kami menawarkan juga bagaimana mengirimkan tenaga kerja atau anak magang yang sudah mendapatkan pembekalan di sini,” timpalnya.

Ohmura mengatakan, sebelum para pekerja hingga ahli Indonesia tersebut dikirim ke Jepang, pihaknya bersama perusahaan di Jepang akan mencoba membuat proses pelatihan di Indonesia.

“Kami juga sangat berminat untuk ikut terlibat dalam melakukan pendidikan atau pelatihan vokasi. Jadi baik tingkat pemerintahan pusat (hingga) dengan pihak swasta atau perusahaan (lain) untuk berpartisipasi,” katanya.

Aichi diketahui merupakan sebuah prefektur di Jepang, wilayah tersebut dikenal sebagai pusat industri otomotif. Di wilayah tersebut ada Toyota dan beberapa industri suku cadang lain seperti Denso.

Ohmura mengatakan, warga Indonesia yang bekerja di Aichi sampai saat ini berjumlah 7.000 orang. Lebih sedikit dibandingkan pekerja dari Filipina, Vietnam hingga Brasil yang bekerja di wilayah tersebut.

“Sekadar perbandingannya saja, saat ini orang Filipina yang bekerja di tempat Aichi itu 35 ribu orang, Vietnam saja 30 ribu orang apalagi kalau dari Brasil itu 60 ribu orang. Sedangkan kalau Indonesia baru 7 ribu orang sedangkan penduduknya banyak, berarti potensi untuk ke depannya masih ada,” kata Ohmura.

Ohmura mengatakan, selain di bidang otomotif, Jusuf Kalla juga berharap Indonesia bisa mengirim warganya untuk bekerja di industri makanan. “Selain otomotif, Bapak Wakil Presiden berharap di bidang lain khususnya industri makanan,” tutupnya.

Tokyo Medical Tour

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here